Kepala BKPM: Investasi di IKN Bakal Masuk Sekitar Rp200 Triliun Hingga 2024

Kepala BKPM: Investasi di IKN Bakal Masuk Sekitar Rp200 Triliun Hingga 2024

tribunwarta.com – JAKARTA, Menteri Invetasi/Kepala BKPM (Badan Koordinasi Penanaman Modal), Bahlil Lahadalia, mengatakan investasi di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara akan masuk sekitar Rp200 tirliun hingga tahun 2024.

“Saya mau sampaikan bahwa minimal Rp200 triliun investasi bisa kita wujudkan dalam pembangunan proyek IKN di tahap pertama,” ujar Bahlil selepas konferensi pers realisasi investasi Kuartal III 2024, di Jakarta, Senin (24/10/2022).

Menurut dia, di tengah ramalan suramnya ekonomi pada 2023, mega proyek pemindahan ibu kota baru Indonesia tersebut ternyata banyak dilirik investor.

Beberapa negara yang telah menyampaikan penawaran investasi dalam proyek IKN Nusantara, diantaranya China, Korea, Taiwan, dan Beberapa Negara Eropa.

“Mereka sudah menyampaikan penawarannya kepada kami bahkan sebagian saya sudah bawa ke Bapak Jokowi untuk menyampaikan tapi sekali lagi angkanya nggak boleh saya sampaikan,” ujar Bahlil.

Meski demikian pada kesempatannya Bahlil menyebutkan negara yang berkomitmen untuk menggarap IKN Nusantara, yaitu Uni Emirat Arab (UAE) yang akan melakukan investasi setidaknya USD20 miliar.

“Mereka akan masuk di IKN dan beberapa investasi di sektor yang lain,” ungkap Bahlil.

Dia menjelaskan, kebutuhan pendanaan IKN Nusantara ini APBN hanya menampung sebesar 20 persen dari total kebutuhan pembiayaan yang mencapai Rp500 triliun lebih, angka yang hampir sama dengan subsidi BBM setiap tahunnya.

“Saya jamin bahwa banyak investor yang masuk. Sekarang saya tidak bisa menjelaskan detailnya. Saya selalu berpikir begini, kita boleh transparan tapi jangan telanjang karena semuanya kalau kita buka sementara kita komitmen sama orang jangan dulu dibuka, kita harus menghargai itu,” tutur Bahlil.

Dia menambahkan, untuk tahap pertama pembangunan IKN Nusantara berdasarkan masterplan akan selesai sesuai schedule dan 2024.

“Apa yang sudah dicanangkan Presiden Jokowi untuk kita saat upacara 17 Agustus di IKN insya Allah akan terwujud,” kata Bahlil.

Editor : Jeanny Aipassa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!