Kementerian ESDM Lanjutkan Uji Mutu BBM Jawab Isu Pertalite Boros, Begini Hasilnya

Kementerian ESDM Lanjutkan Uji Mutu BBM Jawab Isu Pertalite Boros, Begini Hasilnya

tribunwarta.com – JAKARTA, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) terus melakukan pengawasan mutu Bahan Bakar Minyak (BBM) dengan cara melakukan uji mutu BBM dari berbagai SPBU. Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Tutuka Ariadji mengatakan, sampel BBM khususnya Pertalite diambil dari beberapa SPBU dan selanjutnya diuji oleh Lemigas.

“Kita sudah mengukur mutu BBM dengan cara mengambil sampel dari beberapa SPBU dan itu masih berjalan terus. Fungsi kita memang melakukan pengawasan mutu,” ujar Tutuka dalam keterangannya, Selasa (18/10/2022).

Pengujian dilakukan secara teknis terkait standar dan mutu dari Pertalite sesuai Keputusan Direktur Jenderal (Kepdirjen) Migas No. 0486.K/10/DJM.S/2017 tentang Standar dan Mutu (Spesifikasi) BBM Jenis Bensin RON 90 yang Dipasarkan di Dalam Negeri.

“Kita uji di Lemigas dan ada 19 parameter uji. Jadi parameternya banyak dan ternyata dari sampel yang diambil di beberapa SPBU, termasuk sampel dari SPBU yang dikeluhkan masyarakat, ternyata semuanya on-spec. Tidak ada yang off-spec,” kata dia.

Tutuka menambahkan, pemerintah juga terus melakukan pengujian mutu BBM dari SPBU-SPBU lainnya. Hasil uji ini nantinya akan kembali disampaikan Pemerintah kepada masyarakat.

“Masyarakat yang memberikan masukan itu kita dengarkan dan kita cek informasinya, kita validasi. Fungsi kita sebagai pengawasan, tetap kita jalankan. Nanti akan kita sampaikan lagi apa hasil dari sampel yang diambil dari SPBU-SPBU itu,” tuturnya.

Editor : Aditya Pratama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!