Kemenko Marves: Indonesia siapkan proyek strategis menuju NZE 2060

Kemenko Marves: Indonesia siapkan proyek strategis menuju NZE 2060

tribunwarta.com – Deputi Bidang Koordinasi Infrastruktur dan Transportasi Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves)Rachmat Kaimuddin menyampaikan Indonesia tengah mempersiapkan proyek-proyek strategis yang melibatkan pengembangan energi baru dan teknologi pintar dalam mencapai target net zero emission (NZE) tahun 2060.

“Indonesia kini bersiap untuk mempersiapkan proyek-proyek strategis yang melibatkan pengembangan energi baru dan teknologi pintar untuk mencapai target Net Zero Emission (NZE) pada tahun 2060 atau bahkan lebih awal. Saat ini kami bergerak maju untuk mempromosikan pembangunan hijau dan masa depan yangcerdas, kami ingin mengundang Siemens untuk berpartisipasi dalam sektor-sektor tersebut,” ujar Rachmat melalui sambutan secara daring, Selasa.

Ia juga menuturkan, dalam proses menuju NZE pada 2060 atau lebih cepat, Indonesia telah mengupayakan transisi energi fosil ke energi listrik dalam transportasi, mengembangkan energi baru terbarukan (EBT) yang bersih, melakukan co-firing bio massa di sejumlah PLTU, elektrifikasi industri.

Kemudian, lanjut dia, dalam mencapai NZE, Indonesia membutuhkan peran serta dukungan dari negara lain terutama terkait dengan transfer teknologi dan investasi.

“Kami perlu dukungan dari negara lain dalam mencapai net zero emission, terutama tentang teknologi dan investasi, sangat banyak investasi yang potensial di Indonesia,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Presiden Direktur dan CEO PT Siemens Indonesia Lamine Jendoubi menuturkan, teknologi dan digitalisasi mampu menjadi kunci pendongkrak mendukung infrastruktur berkelanjutan di Indonesia, termasuk membantu mencapai target NZE.

“Teknologi merupakan pengungkit dan digitalisasi adalah kunci yang memungkinkan transisi menuju infrastruktur pintar. Infrastruktur pintar adalah infrastruktur yang efisien dan berkelanjutan,” ungkap Jendoubi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!