Kemenhub: Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya Masuk Tahap Studi Kelayakan

Kemenhub: Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya Masuk Tahap Studi Kelayakan

tribunwarta.com – JAKARTA, Plt Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Perhubungan (Kemenhub), Risal Wasal menyebut, saat ini proyek Kereta Semi Cepat Jakarta-Surabaya masuk tahap studi kelayakan atau feasibility study (FS). Selain itu, direncanakan dalam waktu dekat pemerintah akan melakukan proses lelang.

“Memang saat ini untuk kereta semi cepat sudah dalam bentuk fs (feasibility study). Insya Allah dalam waktu dekat kita akan lakukan proses bidding (lelang) dan itu pun bertahap,” ujar Risal dalam acara Market Review IDXChannel, Rabu (23/11/2022).

Risal menambahkan, dalam melakukan studi kelayakan tersebut, Indonesia bekerja sama dengan pihak Jepang. Dia berharap, proses kajian kelayakan tersebut dapat cepat selasai, sehingga tahapan-tahapan dalam proses pembangunannya dapat segera terealisasikan.

Dia menjelaskan, dalam tahapan pembangunan diharapkan dapat menghasilkan berbagai usulan, salah satunya yakni terkait dengan bagaimana nantinya proyek tersebut dapat memenuhi kebutuhan biaya operasionalnya.

“Kami berharap bahwa dalam proses perencanaan tersebut, mereka yang terlebih dapat memanfaatkan kemampuan untuk menggali manfaat di luar dari core business-nya yaitu penarikan tarif, sehingga beban APBN akan jauh lebih rendah,” ucapnya.

Editor : Aditya Pratama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *