Kemendag Pastikan Sektor Perdagangan Siap Amankan Ekonomi Nasional

Kemendag Pastikan Sektor Perdagangan Siap Amankan Ekonomi Nasional

Jakarta: Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga menyatakan Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan terus memastikan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjalan. Hal itu penting agar ekonomi Indonesia terus tumbuh meskipun negara lain tengah mengalami resesi.
 
“Sejumlah langkah sudah dan akan terus dijalankan oleh Kementerian Perdagangan (untuk menjaga ekonomi nasional),” ujar Wamendag, dilansir dari Antara, Minggu, 23 Oktober 2022.
 
Untuk perdagangan dalam negeri, lanjutnya, ada beberapa langkah Kemendag, yaitu mengamankan ketersediaan dan keterjangkauan barang kebutuhan pokok bagi masyarakat, meningkatkan dukungan infrastruktur, dan sarana perdagangan.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemudian, ujar dia, memperlancar perdagangan bahan baku dan bahan pendukung industri, melakukan transformasi sistem perdagangan menuju digitalisasi, membina dan meningkatkan kapabilitas pelaku perdagangan, dan lain-lain.

Sedangkan dalam perdagangan luar negeri, Kemendag melakukan sejumlah langkah antara lain, terus membuka akses dan jaringan pasar bagi produk-produk Indonesia, melakukan pengamanan perdagangan agar kebijakan perdagangan luar negeri Indonesia bisa berjalan baik dan terus memperjuangkan kepentingan dan kedudukan Indonesia dalam rantai pasok global.
 
“Kita menggarap dengan serius potensi-potensi perdagangan sekaligus membuka pasar-pasar nontradisional untuk pengembangan ekspor dan juga memunculkan serta membina komoditas perdagangan baru seperti aset kripto,” ujar Jerry Sambuaga.
 
Sebelumnya dalam Pembukaan Trade Expo Indonesia (TEI 2022), Presiden menekankan perlunya optimisme sekaligus kewaspadaan dalam menghadapi perkembangan ekonomi dunia terbaru. Indikator-indikator ekonomi Indonesia seperti pertumbuhan ekonomi, inflasi, neraca perdagangan dan lain-lain menunjukkan kuatnya struktur ekonomi Indonesia.
 
Meskipun demikian, Presiden mengajak semua pihak untuk waspada dan terus bekerja mengamankan sektor ekonomi. Terkait hal itu, Wamendag juga menyatakan optimis bahwa ekonomi Indonesia akan makin tumbuh dan bertahan meskipun negara-negara lain, termasuk negara maju mengalami resesi.
 
Perdagangan Indonesia, menurut Jerry, akan makin kuat dengan dukungan seluruh instansi dan pelaku usaha yang semakin kreatif dalam mengelola potensi ekonomi masyarakat. “Sesuai arahan Presiden, kami siap bekerja semaksimal mungkin dan optimis kinerja perdagangan akan meningkat,” pungkasnya.
 

(ABD)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *