Kemenaker Kerja Sama dengan Swiss, Siap Perluas Kesempatan Kerja ke Eropa

Kemenaker Kerja Sama dengan Swiss, Siap Perluas Kesempatan Kerja ke Eropa

tribunwarta.com – JAKARTA, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) menandatangani kerja sama dengan Kementerian Sekretariat Swiss untuk pengembangan sumber daya manusia (SDM). Kerja sama tersebut sekaligus memperluas kesempatan kerja SDM Indonesia ke eropa.

Penandatanganan kerja sama dilakukan Sekretaris Jenderal Kemenaker, Anwar Sanusi, dan Direktur Bidang Ketenagakerjaan dan Ekonomi Kementerian Sekretariat Swiss, Boris Zürcher.

Anwar mengatakan, ada beberapa hal yang akan dikerjasamakan Indonesia dan Swiss dalam bentuk pengembangan SDM Indonesia yang didominasi talenta-talenta muda serta tukar menukar informasi yang terkait kebijakan ketenagakerjaan.

“Kita harus mencari terobosan untuk memperbaiki kebijakan ketenagakerjaan di Indonesia,” ujar Anwar Sanusi dalam pernyataan tertulisnya, Sabtu (26/11/2022).

Menurut dia, kerja sama ini dapat dibangun dalam waktu dekat, seperti meningkatkan digitalisasi sistem pasar tenaga kerja serta pengakuan atas keterampilan dan perluasan kesempatan bagi tenaga kerja Indonesia untuk bersaing di pasar kerja eropa.

Selain itu, Anwar Sanusi juga mengakui pentingnya kesepakatan Pertukaran Profesional Muda di bawah kerangka Indonesia-European Free Trade Association (EFTA) Comprehensive Economic Partnership Agreement (IE-CEPA).

“Saya mendorong agar kesepakatan tersebut dapat diimplementasikan dengan nyata, didukung oleh pelaku usaha dan pemangku kepentingan dari kedua negara,” kata Anwar.

Dia mengungkapkan, melalui kerjasama tersebut lahirlah peta jalan untuk merencanakan kegiatan yang koheren dan efektif yang saling menguntungkan bagi kedua belah pihak dan berkontribusi pada masa depan dalam semangat persahabatan.

Peta jalan ini dapat berfungsi sebagai dasar untuk diskusi tentang topik seputar dialog sosial, produktivitas dan pekerjaan yang layak serta kerja sama pembangunan ekonomi.

Editor : Jeanny Aipassa

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *