KEK Nongsa Batam Resmi Beroperasi, Diharapkan Ciptakan Lapangan Kerja Baru

KEK Nongsa Batam Resmi Beroperasi, Diharapkan Ciptakan Lapangan Kerja Baru

tribunwarta.com – BATAM, Kementerian Koordinator (Kemenko) Bidang Perekonomian menetapkan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Nongsa di Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau resmi beroperasi. Hal ini ditandai penyerahan surat keputusan (SK) Ketua Dewan Nasional KEK, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto Nomor 4 Tahun 2022.

Sekretaris Jenderal Dewan Nasional KEK, Elen Setiadi mengatakan, beroperasinya KEK Nongsa berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan Dewan Nasional KEK maka KEK Nongsa sudah layak beroperasi.

“Jadi menyiapkan beroperasinya kawasan itu yang perlu dinilai adalah dari pembangunan infrastruktur, kawasan, jalan, listrik kemudian air bersih, pengelolaan limbah dan lain sebagainya sehingga kawasan ini layak untuk dioperasikan,” ujar Elen dalam keterangannya dikutip dari Antara, Minggu (4/12/2022).

Dengan beroperasinya KEK Nongsa, Kemenko Perekonomian menargetkan pengelola agar dapat menciptakan lapangan kerja.

“Saat ini nilai investasi pengembangan kawasan yang dilakukan pengelola maupun pelaku usaha yang sudah masuk itu sekitar Rp2,6 triliun. Targetnya adalah ini bisa menciptakan lapangan kerja baru. Lapangan yang sudah tersedia saat ini baru sebanyak 1.600 tenaga kerja yang sudah terserap dalam investasi ini,” ucapnya.

Elen menambahkan, yang terpenting saat ini pengelola KEK bisa mengundang investor untuk masuk dan mengembangkan kegiatan yang ada di dalamnya.

“Jadi pelayanan untuk mengundang investor itu dan melayani investor itu sudah bisa dilakukan dengan kesiapan yang dilakukan,” kata dia.

Editor : Aditya Pratama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *