Kegiatan Touring Jadi Sarana Promosi Wisata Lokal dan UMKM

Kegiatan Touring Jadi Sarana Promosi Wisata Lokal dan UMKM

Magelang: Dalam rangka Festival Kreatif Lokal 2022, Adira Finance mengajak komunitas motor untuk melakukan touring menjejalahi Desa Karanganyar, Magelang yang belum lama ini mendapat predikat sebagai Desa Wisata Ramah Berkendara. 
 
Kegiatan touring kali ini dimulai dari kota Yogyakarta. Adapun komunitas yang ikut serta antara lain Nmax Riders Semarang dan Modern Vespa Semarang.
 
Festival Kreatif Lokal 2022 merupakan program CSR tahunan Adira Finance untuk Indonesia di bawah pilar Sahabat Lokal. Bekerjasama dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI), program ini bertujuan untuk mendukung pariwisata, kearifan lokal dan UMKM ekonomi kreatif sehingga dapat mendorong kemajuan perekonomian. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Kami berkomitmen untuk mendukung pertumbuhan pariwisata dan ekonomi kreatif di desa wisata, salah satunya Desa Karanganyar, Magelang, melalui kolaborasi dengan Kemenparekraf menyelenggarakan Festival Kreatif Lokal,” ungkap Direktur Penjualan, Pelayanan, dan Distribusi Adira Finance, Niko Kurniawan. 
 

 
Sementara itu, Ketua Pengelola Desa Wisata Karanganyar, Khoiril Anwar mengapresiasi program Festival Kreatif Lokal 2022. “Terima kasih kepada Kemenparekraf RI dan Adira Finance telah mengadakan rangkaian program Festival Kreatif Lokal 2022, termasuk meresmikan desa kami menjadi Desa Wisata Ramah Berkendara. Semoga lebih banyak wisatawan yang mengetahui dan berkunjung ke Desa Karanganyar,” ungkap Khoiril Anwar.

Kriteria Desa Wisata Ramah Berkendara

Desa Karanganyar dipilih sebagai salah satu Desa Wisata Ramah Berkendara karena telah memenuhi kriteria pendukung yang meliputi infrastruktur seperti jalanan beraspal, penerangan lalu lintas, stasiun pengisian bahan bakar, dan bengkel otomotif, sumber daya manusia termasuk pelaku ekonomi kreatif, pengelola dan pemandu wisata. Desa Karanganyar juga memiliki ekosistem pariwisata yaitu tempat wisata, akomodasi, ataupun fasilitas lainnya. 
 
Beberapa destinasi wisata yang menarik seperti menikmati pesona fajar di Puthuk Setumbu dengan Tour Sunrise Karanganyar, berfoto di rumah warna-warni Nepal Van Java, hingga pemandangan sawah dengan berkeliling desa wisata menggunakan mobil atau motor.
 
Penyelenggaraan Festival Kreatif Lokal 2022 ini turut didukung oleh berbagai pihak, baik dari pemerintah maupun swasta, seperti Kemenparekraf RI, Zurich Indonesia, Adira Finance Syariah, termasuk sinergi dengan grup yaitu MUFG, dan Bank Danamon.
 
Direktur Utama PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk, Edhi Tjahja Negara, ikut bangga berkolaborasi dan mendukung program ini demi mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif. 
 
“Kami memahami bahwa pelaku usaha merupakan salah satu penggerak perekonomian. Zurich akan memberikan edukasi pengelolaan risiko untuk mereka sebagai bentuk dukungan untuk pengembangan UKM di Indonesia khususnya Desa Wisata. Dan kami juga sangat senang dapat melihat antusiasme komunitas motor,” terang Edhi Tjahja.
 

(PRI)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *