Kedatangan wisatawan di Surabaya jadi momen UMKM untuk pasarkan produk

Kedatangan wisatawan di Surabaya jadi momen UMKM untuk pasarkan produk

tribunwarta.com – Wakil Wali Kota Surabaya Armuji mengatakan kedatangan kapal pesiar dengan membawa ratusan wisatawan mancanegara di Kota Pahlawan, Jawa Timur, menjadi momen bagi pelaku UMKM untuk memasarkan produknya.

“Ini kesempatan bagi pelaku UMKM untuk memasarkan produknya agar mendunia,” kata Cak Ji panggilan lekat Armuji di Surabaya, Minggu.

Sebelumnya, sebanyak 570 wisatawan mancanegara yang menggunakan kapal pesiar MSViking Mars berlabuh di Pelabuhan Tanjung Perak, Surabaya pada Jumat (9/12). Terdapat sekitar 27 bus yang masuk untuk berkunjung ke beberapa destinasi wisata di Surabaya.

Menurut dia, Pemkot Surabaya menyiapkan empat paket destinasi wisata untuk wisatawan mancanegara meliputi Paket Sparkling, Paket Heritage of Surabaya, Paket Culture of Surabaya, Temple of Surabaya, dan Surabaya Your Own yang lebih untuk belanja.

Cak Ji mengatakan, melalui empat paket wisata yang disiapkan Pemkot Surabaya tersebut, pihaknya berharap bisa dimaksimalkan oleh pelaku UMKM menjual sekaligus mempromosikannya barang dagangan.

Tidak hanya itu, lanjut dia, selain paket wisata, masih banyak destinasi wisata di Surabaya yang layak dikunjungi seperti Tugu Pahlawan, Pura Jagat Karana, HOS Tjokroaminoto, Balai Kota Surabaya, Rumah Abuhan, Kembang Jepun, dan Kebun Binatang.

Selain itu, kata Cak Ji, kehadiran wisatawan mancanegara merupakan sarana promosi yang baik bagi kemajuan Kota Surabaya dari berbagai aspek mulai ekonomi, sosial, budaya hingga pembangunan infrastruktur.

Cak Ji mengatakan, kedatangan kapal pesiar di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya bisa menjadi kebangkitan ekonomi dan pariwisata, khususnya di wilayah provinsi Jawa Timur.

Berturut-turut hingga akhir tahun 2022, Sesuai data dari Pelindo telah mengonfirmasi kedatangan sejumlah kapal pesiar yang membawa wisatawan mancanegara di Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya pada 12, 15 dan 20 Desember, yaitu MS Viking Mars, Seven Seas Explorer dan MV Genting Dream.

“Saya bangga Kota Pahlawan menjadi salah satu destinasi wisata yang dikunjungi wisatawan mancanegara,” ujar dia.

Kepala Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga serta Pariwisata (Disbudporapar) Kota Surabaya Wiwiek Widayatimengatakan, selain empat paket wisata, Pemkot Surabaya juga memiliki tambahan destinasi wisata baru seperti Tunjungan Romansa, Kya-kya, Wisata Perahu Air Kalimas, serta destinasi wisata baru yakni, Surabaya Kriya Galeri (SKG) Reborn.

“Upaya kami mempromosikan ini, untuk menguatkan kembali jejaring. Di tur operator, kami terus memelihara hubungan kerja samanya untuk menawarkan seluruh destinasi di Surabaya,” kata dia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!