Kebakaran Hutan Picu Evakuasi Ratusan Turis dari Resor Yunani

Kebakaran Hutan Picu Evakuasi Ratusan Turis dari Resor Yunani

Athena: Ratusan turis dan penduduk lokal Yunani dievakuasi dari sebuah resor populer di pulau Lesbos, menjauh dari lokasi karena kebakaran hutan. Kobaran api di pulau tersebut telah menghancurkan banyak rumah, termasuk di desa tepi pantai Vatera.
 
Kebakaran hutan menimbulkan kepulan asap tebal yang menutupi matahari. Si Jago Merah berkobar hanya beberapa meter dari rumah warga, memaksa masyarakat untuk melarikan diri ke tempat aman.
 
Yunani menghadapi hari pertama gelombang panas pada Sabtu kemarin, yang diperkirakan akan berlangsung selama 10 hari ke depan. Suhu udara di beberapa daerah di Yunani dikabarkan telah menyentuh 42 derajat Celcius.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Temperatur udara yang tinggi memicu kekhawatiran akan terjadinya lebih banyak kebakaran hutan di seantero Yunani. Kebakaran di pulau Lesbos terjadi pada Sabtu pukul 10.00 waktu setempat, dan berkobar di dua sisi menuju desa Vrisa dan Vatera.
 
“Polisi mengatakan 450 orang telah dievakuasi dari dua hotel dan 92 rumah di Vatera,” demikian dilaporkan AFP, seperti dikutip Malay Mail, Minggu, 24 Juli 2022.
 
Penjaga pantai Yunani telah mengevakuasi sembilan orang, termasuk lima warga asing dari sebuah pantai di Vatera. Petugas pemadam kebakaran telah mengerahkan tujuh pesawat pemadam kebakaran dan sebuah helikopter untuk memadamkan kobaran api.
 
Wali Kota Lesbos Barat, Taxiarchis Verros, memerintahkan evakuasi di wilayah resor pantai sebagai tindakan pencegahan. Dua rumah dilaporkan terbakar di dekat area resor.
 
Sementara itu pada Sabtu kemarin, petugas pemadam menangani kebakaran hutan di Taman Nasional Dadia, yang dikenal dengan koloni burung hering hitamnya, di wilayah timur laut Evros. Juru bicara pemadam kebakaran Yunani, Yiannis Artopoios, mengatakan bahwa situasi seputar kebakaran di Dadia “sangat sulit.”
 
Menurut ERT TV, api sudah mendekati desa Dadia sejak kemarin sore. Sekitar 320 petugas pemadam dan 68 mobil pemadam kebakaran telah berjuang memadamkan api di Evros, yang dibantu dengan sejumlah sukarelawan.
 
Namun, upaya mereka terhambat asap tebal dan kurangnya tiupan angin, ditambah dengan kelembaban tinggi pada malam hari yang menghambat upaya pemadaman api dari udara.
 
Kebakaran hutan di pegunungan dekat Athena pada Rabu lalu juga merusak rumah dan memaksa ratusan orang mengungsi. Di Peloponnese, kebakaran yang terjadi di dekat Koroni telah memicu evakuasi dari desa Chrysokelaria pada sore hari.
 
Bencana kebakaran hutan terburuk di negara itu terjadi di pinggiran pantai Mati, merenggut 102 nyawa pada 2018, dekat dengan daerah yang terkena dampak kebakaran pada Rabu kemarin.
 
Kebakaran hutan di beberapa bagian Prancis, Spanyol, dan Portugal telah membakar lebih banyak lahan sepanjang tahun ini dibanding tahun lalu.
 
Baca:  Kebakaran Hutan California Berkobar di Tengah Gelombang Panas
 

(WIL)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *