Jokowi Beri Penghormatan untuk 10.257 Pahlawan di TMP Kalibata

Jokowi Beri Penghormatan untuk 10.257 Pahlawan di TMP Kalibata

Jakarta: Presiden Joko Widodo (Jokowi) memimpin upacara apel kehormatan dan renungan suci di Taman Makam Pahlawan (TMP), Kalibata, Jakarta Selatan, pada Rabu dini hari, 17 Agustus 2022. Kegiatan tahunan itu digelar dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 kemerdekaan Republik Indonesia.
 
Pantaun Medcom.id, Presiden Jokowi tiba di TMP Kalibata pada pukul 23.58 WIB, Selasa, 16 Agustus 2022. Jokowi hadir didampingi Iriana Jokowi. 
 
Jokowi mengenakan jas berwarna abu-abu yang dipadukan dengan dasi berwarna merah. Jokowi juga mengenakan peci berwarna hitam. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin juga tampak hadir didampangi Wury Ma’ruf Amin. Ma’ruf mengenakan busana jas berwarna biru dongker. 
 
Jokowi yang bertindak sebagai Inspektur Upacara memulai apel kehormatan dan renungan suci pada pukul 00.00 WIB. 
 
“Dalam rangka memperingati Hari Proklamasi Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia, kami yang hadir hari ini, Rabu 17 Agustus 2021, pukul 00.00, pada upacara mengenang jasa para pahlawan nusa dan bangsa yang telah bersemayam di taman makam ini,” ujar Jokowi saat membacakan naskah apel kehormatan dan renungan suci, di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Rabu, 17 Agustus 2022.
 
Dalam kesempatan itu, Jokowi memberikan penghormatan kepada 10.257 pahlawan yang disemayamkan di TMP Kalibata. Terdiri 9.241 pahlawan dari TNI dan Polri, Badan Perjuangan sebanyak 904 pahlawan, tokoh nasional sebanyak 69 pahlawan, dan tidak dikenal sebanyak 43 pahlawan. 
 

Jokowi memberikan penghormatan sebesar-besarnya bagi para pahlawan tersebut. “Begitu pun para pahlawan yang tidak dikenal, nama dan tempatnya, di kota-kota, di dusun-dusun, di lereng-lereng gunung, di lembah-lembah ngarai dan di dasar-dasar lautan, kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya, atas keridhoan, keikhlasan, dan kesucian pengorbanan para pahlawan dalam mengabdi kepada perjuangan demi kebahagiaan nusa dan bangsa,” ungkap Jokowi.
 
Kepala Negara menyatakan segenap bangsa Indonesia bersumpah dan berjanji, akan melanjutkan perjuangan para pahlawan. Sebab, perjungan para pahlawan adalah perjuangannya saat ini. 
 
“Jalan kebaktian yang ditempuh para pahlawan adalah jalan kami juga. Kami berdoa semoga arwah para pahlawan diterima oleh Tuhan Yang Maha Esa dan ditempatkan yang sebaik-baiknya,” jelasnya. 
 
Kemudian, Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas membacakan doa untuk para pahlawan dan untuk bangsa Indonesia. Selanjutnya, Jokowi beserta peserta upacara memberikan penghormatan terakhir. 
 

(END)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *