Jiwa Muda Berwirausaha, Yuk Manfaatkan Skill dan Hobi Menjadi Peluang Usahamu!

Jiwa Muda Berwirausaha, Yuk Manfaatkan Skill dan Hobi Menjadi Peluang Usahamu!

tribunwarta.com – Generasi muda kini tengah gempar dalam persaingan dunia entrepreuneur. Era modern ini, para generasi milenial di tuntut memiliki jiwa mandiri, kreatif, dan inovatif guna dapat bersaing dan menghadapi berbagai tantangan di dunia yang semakin dinamis. Anak muda dengan usaha yang lebih akan mendapatkan hasil dan pencapaian yang lebih pula. Apakah kamu sudah melakukan usaha untuk pencapaianmu sendiri?

Kini banyak sekali generasi milenial cerdas menjadikan hobi sebagai sumber pendapatan mereka. Banyak sekali hobi yang dapat dikembangkan menjadi peluang penghasilan seperti contoh yaitu menulis, menggambar, membuat dan mengedit video, dan masih banyak lagi. namun sayang tidak sedikit dari kita yang memilih untuk hanya menyimpan hobi dan skill yang kita miliki.

Berangkat dari pengalaman pribadi saya yang menjadikan hobi sebagai sumber penghasilan. Dari kecil saya suka sekali menggambar terutama mengukir keindahan bunga, ukiran naturalisme atau keindahan alam adalah wujud seni dari Tuhan yang sangat indah.

Dimula saat saya berusia 17 tahun, karena keisengan saya yang ingin mencoba melukis henna di tangan seorang sepupu yang akan menikah. Dari peristiwa itu banyak respon baik dari hasil ukiran henna tersebut, dan mulai menimbulkan ide untuk menjadikannya cuan. Pertengah tahun 2020 saya adalah seorang mahasiswa baru, dan mulai menjadi seorang henna artist amatiran. Henna artist adalah profesi yang menyenangkan bagi peserta yang berjiwa seni, khususnya dalam hal menghias dan memodifikasi tubuh manusia melalui tinta di atas kulit.

Memanfaatkan kecanggihan IPTEK, saya terus berlatih melukis henna ditangan dengan mengamati tutorial dari Youtube. Tutorial itu sangat membantu untuk perkembangan menggambar saya, walaupun sangat sulit dan lelah saya benar-benar menekuninya. Saya berlatih menggunakan white henna dan maroon henna, kesulitan dan teknik untuk mengaplikasikan henna ini berbeda-beda, ini menjadi alasan perbedaan harga jasa henna antara henna putih dengan henna merah marun. Berlatih selama 7 bulan secara otodidak dari tutorial Youtube, meminta tolong kepada teman dan saudara untuk menjadi model henna saya. akhirnya saya memberanikan diri mempromosikan jasa henna dengan rasa percaya diri namun sedikit takut.

Bermodalkan tekat yang bulat dengan peralatan seadanya, dengan budget Rp.80.000 saya membeli paketan henna yang berisikan dua henna (putih dan merah marun), gems, glitters dan lem kulit. Semua itu adalah peralatan basic yang harus dimiliki henna artist.

Target pasar yang saya tuju pada saat itu adalah pengantin, karena henna kini sudah seperti hal yang dibutuhkan saat pergelaran acara pernikahan untuk memperindah tampilan sang pengantin wanita. Terlebih dahalu saya menawarkan jasa henna wedding kepada saudara, tetangga dan MUA disekitar lingkungan rumah. selain itu, saya mempromosikan jasa henna wedding keberbagai media sosial dengan mengunggah beberapa postingan foto tangan dengan ukiran henna di Instagram, WhatsApp, dan juga Facebook.

Tidak berjalan sesuai harapan, postingan yang saya unggah sepertinya kurang menarik perhatian publik. Akhirnya saya mencoba membuat promosi yang lebih menarik dengan mengadakan harga promo “paket hemat banget” dengan harga Rp.150.000 dan ” henna sepasang tangan, bayarnya satu tangan” dengan harga Rp.100.000. Dari postingan promo tersebut saya mendapatkan dua pelanggan sekaligus, strategi promosi ini benar-benar bekerja, bisa dibilang itu ialah penawaran harga yang murah dibadingkan dengan jasa henna lainnya. Sangat senang ketika dapat menghasilkan uang untuk pertama kalinya dari hasil tangan kita sendiri.

Seiring berjalannya waktu jasa henna saya mulai sedikit dikenal, saya sudah menangani lebih dari dua puluh pelanggan hingga saat ini. Tentunya banyak pula rintangan dan tantangan yang saya hadapi, seperti keluhan dari pelanggan yang merasa kurang puas, tidak tidur karena harus berangkat dini hari untuk pemasangan henna, hanya bisa melakukan pekerjaan ini saat libur kuliah dikarenakan untuk pemasangan henna itu waktuya ditentukan atau tidak fleksibel. Dari pengalaman tersebut saya belajar untuk evaluasi diri, terus berlatih, dan berusaha untuk terus mengembangkan jasa henna saya.

“Nikmatilah segala proses, nikmatilah segala ketidakpastian, sadarilah bahwa tantangan ada untuk membentukmu menjadi lebih baik. Jangan berhenti bersyukur, jangan berhenti percaya semua akan indah pada waktunya”

Kini saya menjadikan jasa henna wedding sebagai sumber penghasilan tambahan, penawaran harga jasa henna wedding mulai Rp.150.000-RP.300.000 dengan kualitas bahan dan pelatan yang sudah baik. Tidak hanya pengantin atau untuk acara pernikahan, kini target saya sudah keberbagai usia dan gender seperti henna simple untuk anak-anak, engagement henna (lamaran), dan tatto henna.

Ayo jangan sembunyikan hobi dan skill yang kamu miliki, banyak sekali peluang usaha yang bisa kamu coba. Berani mengambil resiko ada pilar kesuksesan, jangan membuang waktu dimasa usia produktifmu.

” Usiamu akan terus berkurang, mulailah usahamu hari ini”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!