Jepang Lolos ke Piala Asia U-20 sebagai Tim Tersubur, Top Skornya dari J3 League

Jepang Lolos ke Piala Asia U-20 sebagai Tim Tersubur, Top Skornya dari J3 League

Jakarta: Timnas Jepang merupakan salah satu tim terbaik di ajang Kualifikasi Piala Asia U-20 2023 karena mampu lolos dengan catatan paling sering mencetak gol. Tren positif itu tak lepas dari ketajaman para pemainnya yang mayoritas berasal dari liga domestik atau Meiji Yasuda J.League. 
 
Tergabung dalam Grup C bersama Yaman, Palestina, Guam dan Laos yang bertindak sebagai tuan rumah, Samurai Biru mampu mencetak 22 gol dari empat laga kualifikasi yang mereka jalani. Selain itu, Jepang, Arab Saudi dan Iran juga tercatat sebagai tim yang belum pernah kebobolan.
 
Kegemilangan ini tak lepas dari racikan strategi pelatih Koichi Togashi dan juga kontribusi para pemain J.League di dalamnya. Sebab dari 23 pemain yang dipanggil, 19 di antaranya berasal dari klub-klub dari berbagai kasta J.League.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hanya empat pemain yang tak berasal dari J.League karena membela tim universitas di Jepang. Sementara itu, 13 nama lainnya berasal dari liga kasta teratas atau J1 League, lima lainnya dari J2 League dan satu sisanya dari J3 League.
 
Menariknya, malah pemain dari liga kasta ketiga yang menjadi top skor bagi Jepang dengan mencetak 9 gol di sepanjang laga kualifikasi. Dia adalah Kanta Chiba dari klub FC Imabari yang sebenarnya dipanggil akibat beberapa pemain depan timnas Jepang mengalami cedera. 
 
Kontribusi tersebut juga menjadikan Chiba top skor di antara para pemain lain di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023. Sebab, pesaing terdekatnya hanya mampu mencetak enam gol, yakni Amir Ebrahimzadeh (Iran) dan Lee Young-jun (Korea Selatan).
 
Isa Sakamoto dari Gamba Osaka jadi pemain tersubur kedua bagi Jepang dengan koleksi tiga gol, sedangkan Sota Kitano (Cerezo Osaka), Issei Kumatoriya (Universitas Meiji), dan Jiro Nakamura (Gamba Osaka) masing-masing mencetak dua gol.
 
Lalu, terdapat nama Taichi Fukui (Sagan Tosu), Yoshiki Narahara (Sagan Tosu U-18), dan Riku Yamane (Yokohama F. Marinos) yang mencetak satu gol, sedangkan satu gol lainnya berasal dari bunuh diri pemain Yaman.
 
Dengan kesuksesan melewati fase kualifikasi, Jepang artinya sudah 38 kali lolos ke putaran final Piala Asia U-20. Kemudian, prestasi terbaik mereka di ajang tersebut adalah menjadi juara pada edisi 2016 di Bahrain setelah mengalahkan Arab Saudi lewat adu penalti di partai final.
 
Dalam undian fase grup, timnas Jepang masuk dalam pot 2 yang membuat mereka berpotensi bentrok dengan tim-tim kuat lain. Gelaran Piala Asia U-20 2023 itu sendiri bakal bergulir di Uzbekistan pada 1-18 Maret tahun depan dan diikuti oleh 16 negara, termasuk Indonesia.
 
Empat tim terbaik atau para semifinalisnya berhak atas tiket Piala Dunia U-20 2023 yang berlangsung di Indonesia. Berikut daftar pemain timnas Jepang di Kualifikasi Piala Asia U-20 2023:
 
Kiper
Yu Kanoshima (Universitas Ryutsu Keizai)
Ryoya Kimura (Universitas Nihon)
Ryusei Haruna (Cerezo Osaka U-18)
 
Bek
Kota Kudo (Urawa Red Diamonds)
Shuta Kikuchi (V-Varen Nagasaki)
Shinya Nakano (Sagan Tosu)
Hayate Matsuda (Mito HollyHock)
Hayato Tanaka (Kashiwa Reysol)
Kota Takai (Kawasaki Frontale U-18)
Rikuto Kuwahara (Gamba Osaka)
 
Gelandang
Takatora Einaga (Kawasaki Frontale)
Riku Yamane (Yokohama F. Marinos)
Jiro Nakamura (Gamba Osaka)
Kodai Sano (Fagiano Okayama)
Yusei Yashiki (Oita Trinita)
Taishin Yamazaki (Universitas Tsukuba)
Yoshiki Narahara (Sagan Tosu U-18)
Sota Kitano (Cerezo Osaka)
Kenshin Yasuda (Oita Trinita U-18)
Taichi Fukui (Sagan Tosu)
 
Penyerang
Isa Sakamoto (Gamba Osaka)
Issei Kumatoriya (Universitas Meiji)
Kanta Chiba (FC Imabari)
 

(KAH)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *