Jember Running Festival Jadi Promosi Keindahan Daerah, Peserta Asing Nilai Sudah Berkelas Dunia

Jember Running Festival Jadi Promosi Keindahan Daerah, Peserta Asing Nilai Sudah Berkelas Dunia

SURYA.CO.ID, JEMBER – Pemkab Kabupaten Jember menggelar Jember Running Festival 2022, Minggu (21/8/2022). Melalui kegiatan berlari ini, Pemkab Jember ingin menunjukkan keindahan daerahnya. Sebab salah satu rute yang ditempuh adalah bermula dari Rembangan, kawasan Puncak-nya Jember hingga berakhir di Alun-Alun Jember.

Rute ini menempuh jarak 70 KM dalam kategori Trail Run. Keindahan Jember tersaji, karena pelari menyusuri sisi Selatan Pegunungan Argopuro, sebelum akhirnya tiba di kawasan kota dan berakhir di Alun-Alun Jember.

Ada tiga kategori dalam Jember Running Festival, yakni Kids Run, Road Run, dan Trail Run. Kids Run dibagi dalam dua rute, yakni rute sepanjang 1 KM dan 5 KM. Sedangkan Road Run dibagi dalam kelompok 10 KM, 21 KM, dan 42 KM. Kemudian rute 70 KM masuk dalam kategori Trail Run.

Rute Kids Run memutari kawasan Alun-Alun Jember. Sedangkan Road Run memutari kawasan perkotaan, melewati beberapa ruas jalan protokol di kawasan Jember Kota. Total ada 326 orang pelari yang berpartisipasi dalam Jember Running Festival.

Bupati Jember, Hendy Siswanto mengaku bersyukur, kegiatan olahraga lari tersebut bisa terselenggara. Apalagi, lanjutnya, peserta tidak hanya dari Jember, namun juga dari sejumlah daerah di luar Jember, bahkan luar negeri. Peserta dari luar negeri antara lain dari Belgia, Malaysia, juga Jepang.

“Dua tahun kita dibayang-bayangi pandemi Covid-19. Sekarang masih ada dan melandai. Tetapi kita bersyukur tetap bisa mengadakan acara seperti ini,” ujar Hendy.

Ia menambahkan, beberapa rute yang ditempuh termasuk dalam kelas marathon, yakni 21 KM (Half Marathon), 42 KM (Full Marathon), dan 70 KM (Ultra Marathon).

Sebelumnya, perencanaan lari marathon kali ini sudah lebih dulu didiskusikan bersama dengan perwakilan dari Belgia. “Mereka merupakan salah seorang pelaksana marathon dunia. Mereka datang ke sini sebelumnya untuk mengecek venue di Jember,” jelasnya.

Atas diselenggarakannya kegiatan ini, lanjutnya, venue di Jember dinilai sudah bagus. Lalu kegiatan ini betul-betul bertaraf internasional dan diketahui oleh dunia.

Harapannya, tahun depan kegiatan itu dapat kembali dilaksanakan di Jember dan diikuti oleh peserta yang lebih banyak. “Kegiatan yang dilaksanakan hari ini memang perdana. Saya bangga dan senang, pesertanya cukup banyak,” tutur Bupati Hendy yang berharap Jember Running Festival dapat dilaksanakan setiap tahun. ****


Artikel ini bersumber dari surabaya.tribunnews.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *