Jelang Tahun Baru, Kementerian ESDM Pastikan Kesiapan Listrik Jawa-Bali Aman

Jelang Tahun Baru, Kementerian ESDM Pastikan Kesiapan Listrik Jawa-Bali Aman

tribunwarta.com – Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Dadan Kusdiana meninjau langsung infrastruktur distribusi dan jaringan PT PLN (Persero) jelang Tahun Baru .

Dadan mengatakan, pemerintah ingin memastikan selama periode Tahun Baru ini masyarakat mendapatkan akses dan penyediaan listrik yang andal melalui sistem jaringan dan juga personel untuk penyaluran listrik bagi seluruh masyarakat.

” Listrik itu dari hulu ke hilir, dari sisi penyediaan energi primer kita aman. Kedua, kita pastikan dari sisi pembangkit, transmisi, kemudian distribusi semuanya berjalan dengan baik,” kata Dadan dalam siaran pers, Selasa (27/12/2022).

Dadan menyatakan, PLN menyiagakan 3.293 personel yang tersebar di 152 posko siaga Jatim-Bali.

“PLN menyiapkan dari sisi personel, khususnya untuk periode Nataru. Khusus untuk Banyuwangi ini penting karena juga men-support Bali,” lanjut Dadan.

Dadan menuturkan, kedatangannya ke Banyuwangi mewakili Menteri ESDM Arifin Tasrif. Dia bilang, Bayuwangi memiliki nilai strategis yang mendukung pasokan listrik untuk wilayah Bali yang merupakan tujuan wisata masyarakat.

“Kedatangan saya ke Banyuwangi karena Banyuwangi juga mensupport (pasokan listrik) Bali. Alhamdulillah kita sudah melewati libur Natal dan kita terus meningkatkan kesiapsiagaan untuk memasuki tahun baru ,” ujar Dadan.

Direktur Distribusi PLN Adi Priyanto menjelaskan, dari segi energi primer PLN tidak hanya siap dari segi pasokan batubara, tetapi juga pasokan gas, hidrologi PLTA, serta BBM untuk emergency.

“Kesiapan kita sudah 100 persen, mulai dari kemarin sampai nanti tahun baru 2023. Kita menyiapkan backup berlapis untuk venue-venue yang diselenggarakan masyarakat maupun pemerintah,” ucap Adi.

Adi juga menekankan untuk masyarakat tidak perlu khawatir jika ingin mudik atau pun liburan di sekitaran Jawa-Bali. Karena saat ini telah ada 189 unit Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Pulau Jawa dan 313 unit SPKLU di Bali.

“Mudah-mudahan dengan kesiapan kita mulai dari pembangkitan, transmisi, distribusi, usaha ini membuat pasokan listrik untuk Jatim-Bali tidak ada kendala,” tutup Adi.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!