Jasa Marga Tak Berlakukan “One Way” di Nataru Tahun Ini

Jasa Marga Tak Berlakukan “One Way” di Nataru Tahun Ini

tribunwarta.com – Dalam mengahadapi libur Natal dan Tahun Baru ( Nataru ), operator jalan tol, PT Jasa Marga (Persero) Tbk tidak akan menerapkan lalu lintas satu arah atau one way .

Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur mengatakan, berdasarkan perhitungan, rekayasa lalu lintas, dan pengoperasian fungsional jalan tol, volume capacity ratio di bawah 0,8 persen, sehingga pergerakan dinilai cukup lancar.

“Berdasarkan trafik yang kita perkirakan tak perlu adanya one way. Tapi bukan tidak perlu disiapkan, karena rest area-nya harus tetap hidup,” kata Subakti di Kementerian BUMN, Senin (12/12/2022).

Subakti mengatakan, Jasa Marga bersama pihak terkait, yaitu Kementerian Perhubungan (Kemenhub) dan Kepolisian akan melakukan beberapa strategi dalam mengahdapi libur Nataru tahun ini yang mana keduanya jatuh pada hari Minggu, dan arus mudik diperkirakan mulai padat pada hari Jumat.

“Kami sudah mem-plot, nanti Natal dan Tahun Baru (25 Desember 2022 dan 1 Januari 2023) jatuhnya hari Minggu, Puncaknya untuk mudik itu hari Jumat,” ungkap dia.

Adapun arus kendaraan yang keluar dari Jabodetabek melalui 4 gerbang utama diperkirakan sebesar 2,73 juta kendaraan. Angka tersebut naik 2,6 persen dibandingkan periode Nataru 2021 yang sebanyak 2,6 juta atau naik 8,4 persen terhadap kondisi normal yang sebanyak 2,5 juta kendaraan.

Berdasarkan catatannya, distribusi volume lalu lintas ke arah Timur atau trans Jawa sebesar 47 persen, arah Barat atau Merak sebesar 30,6 persen, dan arah Selatan atau Ciawi sebesar 22,4 persen.

Sedangkan untuk arus balik atau kendaraan yang pulang ke wilayah Jabotabek melalui 4 gerbang utama diperkirakan sebesar sebesar 2,71 juta kendaraan.

Angka tersebut naik 1,2 persen terhadap Nataru 2021 yang sebanyak 2,6 juta kendaraan atau naik 9 persen terhadap hari normal sebanyak 2,48 juta kendaraan.

Jasa Marga memprediksi puncak arus mudik Natal 2022 terjadi pada Jumat 23 Desember 2022. Sementara itu, puncak arus mudik Tahun Baru 2023 terjadi pada Jumat, 30 Desember 2022.

Untuk arus balik libur Natal 2022 terjadi pada Minggu, 25 Desember 2022 dan libur Tahun Baru 2023 pada Minggu, 01 Januan 2023.

Adapun rekayasa lalu lintas yang menjadi perhatian khusus yakni ruas Jakarta – Cikampek (KM 48-KM 66, dan KM 70-KM72). Sementara ruas Jakarta -Palimanan (KM 185-KM 188).

Sementara itu pengoperasian fungsional penambahan 1 lajur 2 arah ruas Jakarta Cikampek (KM 50- KM 66) sepanjang 16 km sehingga tidak diperlukan rekayasa lalu lintas satu arah atau one way.

Pengoperasian fungsional ruas Jakarta Cikampek 2 Selatan (Sadang-Kutanegara) sepanjang 8,5 km, masuk tol Cipularang (Sadang KM 76) dan keluar jalan arteri untuk kembali masuk jalan tol Jakarta Cikampek (Karawang Barat KM 46).

“Kami bersama dengan Kemenhub dan Kepolisian mengatur waktu operasional kendaraan. Libur Natal diatur untuk operasional truk, termauk jam operasionalnya,” tegasnya.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!