Jangan Ketipu! Pahami 7+ Trik Saat Beli Mobil Second

Jangan Ketipu! Pahami 7+ Trik Saat Beli Mobil Second

tribunwarta.com – Beli mobil second memang menggoda. Apalagi harganya yang murah membuat Anda tidak perlu merogoh kocek dalam-dalam seperti saat membeli mobil baru.

Tapi ternyata beli mobil second juga tidak bisa sembarangan. Sudah tahu apa saja trik dalam membeli mobil second?

Rubrik Finansialku

Beli Mobil

Faktanya, tidak semua orang mampu untuk membeli mobil baru. Biasanya masalah terbesarnya disebabkan oleh harga jual mobil baru yang terlampau mahal.

Sebagai alternatif, banyak orang memilih membeli mobil bekas pakai orang lain atau mobil second untuk bisa memiliki mobil.

Namun, dalam membeli mobil bekas sebenarnya tidak bisa asal juga. Sering kali, membeli mobil yang sesuai dengan keinginan membutuhkan waktu yang cukup panjang.

Anda juga harus teliti saat membeli, salah-salah, Anda malah membeli mobil bekas yang tidak nyaman digunakan. Dan ini menyebabkan pencarian mobil bekas yang sesuai harapan jadi sesuatu yang cukup menantang.

Nah, untuk bisa mendapatkan mobil second yang sesuai dengan harapan Anda, ada beberapa trik yang bisa Anda terapkan dalam pencarian mobil impian Anda.

[Baca Juga: Cara Bijak Mengambil Take Over Kredit Mobil Supaya Tidak Dirugikan]

#1 Ketahui Harga Mobil yang Mampu Anda Beli

Sebelum memutuskan untuk membeli mobil bekas, pastikan dulu berapa nominal yang mampu Anda keluarkan untuk membeli mobil.

Jika Anda membeli secara cash, maka sesuaikan mobil yang Anda beli dengan jumlah uang yang Anda miliki.

Sedangkan jika Anda ingin membeli secara kredit, sebaiknya hanya gunakan 20 persen dari pendapatan Anda setiap bulannya.

Hal ini karena, biasanya saat membeli mobil bekas Anda tidak bisa langsung menggunakannya begitu saja. Mobil bekas membutuhkan sedikit lebih banyak perawatan sebelum bisa nyaman digunakan.

Nah, 10 persen pendapatan lainnya bisa Anda simpan sebagai dana ekstra. Jika mobil Anda memerlukan penggantian komponen, perawatan tambahan, membeli bahan bakar, dan jika perlu juga tambahan asuransi.

#2 Buat Daftar Target Mobil Second yang Diincar

Di beberapa negara, beberapa tipe mobil cukup digemari secondnya. Misalnya mobil sedan Honda Accord dan Toyota Camry. Karena, kedua jenis mobil ini memiliki kondisi second yang masih tergolong tinggi dan nyaman digunakan.

Mencari mobil second memang memiliki pilihan tipe yang tidak terlalu variatif dibandingkan dengan mobil baru. Selain itu, biasanya juga akan cukup sulit menemukan mobil tipe baru yang sudah dijual secondnya.

Karena itu, biasanya memang mobil second yang tersedia cenderung lebih banyak tipe-tipe lama.

Tapi sebenarnya ini bukan masalah. Anda bisa mendaftar lebih dulu apa saja tipe mobil second yang ingin Anda beli.

Pastikan mobil tersebut sesuai dengan kebutuhan Anda dan keluarga. Dan buat juga ulasan anggarannya agar lebih jelas.

[Baca Juga: Bisa Lho Gaji Rp6 Juta Beli Mobil Toyota Avanza, Gini Caranya!]

#3 Survey Harga

Membeli mobil bekas membutuhkan kesabaran jika Anda ingin menemukan harga dan kenyamanan yang tepat. Karena itu, jangan malas untuk melakukan survey harga.

Anda bisa melakukan pengecekan harga dengan mendatangi dealer mobil bekas mulai dari milik pemegang merk, swasta, hingga situs jual beli online.

Harga mobil yang Anda temukan untuk satu tipe bisa saja berbeda-beda tergantung bagaimana kondisi mobil tersebut.

#4 Cari Mobil Bekas yang Dekat Dengan Lokasi Anda

Sebuah mobil bekas tentu saja sudah pernah digunakan pemiliknya untuk mengunjungi berbagai tempat. Untuk mencari mobil bekas, Anda juga bisa melakukan filter pencarian hingga jarak tempuh yang sudah dilalui mobil.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan penyaringan harga, fitur, dan jarak, juga apakah mobil tersebut jauh atau dekat dengan bengkel.

Saat ini, ada banyak situs jual beli online mobil bekas yang bisa membantu Anda melakukan penyaringan dengan lebih mudah.

#5 Periksa Riwayat Kendaraan

Dalam membeli mobil second, penting bagi Anda untuk mengetahui bagaimana riwayat mobil tersebut tanpa ada yang ditutupi. Sebagai alternatif, Anda bisa membeli mobil bekas milik saudara atau sahabat Anda.

Biasanya, orang terdekat cenderung akan mengatakan dengan jujur bagaimana riwayat kendaraan mereka.

Selain itu, Anda juga bisa melakukan pengecekan riwayat kendaraan melalui asuransi atau kepolisian. Biasanya riwayat mobil juga bisa diketahui dengan memeriksa NIK (Nomor Identitas Kendaraan) atau plat nomor kendaraan.

[Baca Juga: Buktikan! Tips Ampuh Memperkuat dan Merawat Aki Mobil]

#6 Hubungi Penjual Mobil

Jika Anda sudah merasa cocok dengan mobil second yang Anda incar, sebaiknya Anda menjaga komunikasi dengan pihak penjual mobil yang Anda incar tersebut.

Hal ini dilakukan untuk mendapatkan verifikasi informasi atas mobil tersebut. Jika Anda membeli mobil second melalui dealer, cari tahu mengapa mobil tersebut dijual dan mengapa penjualan dilakukan dengan menitipkan pada dealer.

Meskipun ada beberapa orang yang langsung melakukan negosiasi dengan penjual, tapi tidak ada salahnya jika Anda melihat-lihat dulu sebelum melakukan penawaran.

#7 Test Drive

Hal lain yang tidak kalah penting dalam mencari mobil second adalah melakukan test drive. Cara ini adalah cara terbaik untuk mengetahui apakah suatu mobil berada dalam kondisi layak atau tidak.

Saat mengemudi, Anda juga perlu memperhatikan berbagai hal terkait mobil tersebut. Mulai dari masuk ke ruang kemudi, duduk di bangku penumpang, posisi mengemudi, kondisi jok, visibilitas dari belakang kemudi.

Selain itu, cek juga apakah ada bau yang tidak enak, bunyi mencuit, kondisi mesin, kondisi AC, dan aspek-aspek lain yang Anda butuhkan.

Jangan lupa juga untuk memastikan apakah mobil tersebut teridentifikasi di bengkel resmi untuk perawatannya atau tidak.

#8 Bawa Mekanik

Salah satu cara untuk memastikan bahwa mobil yang Anda beli dalam kondisi baik adalah dengan membawa mekanik atau teman Anda yang memahami kondisi mesin.

Hal ini akan membantu Anda mengetahui kondisi mesin mobil. Selain itu, jika memang butuh penggantian, Anda juga bisa lebih mudah mengestimasi biaya penggantiannya.

[Baca Juga: Daftar Harga Ban Mobil Berbagai Merek dan Ukuran, Murah!]

#9 Lakukan Penawaran

Setelah menemukan mobil bekas yang sesuai keinginan Anda, tahapan selanjutnya adalah membuat penawaran. Mulailah membuat penawaran dari harga terkecil hingga menemukan kesepakatan.

Selain itu, penting untuk diperhatikan, pastikan Anda melakukan penawaran saat kondisi Anda ataupun penjual sedang sama-sama tenang.

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

#10 Periksa Kelengkapan Berkas

Hal terakhir yang perlu Anda perhatikan dalam membeli mobil second adalah memeriksa kelengkapan berkas dan dokumen-dokumen penting. Mulai dari daftar harga, sertifikat, pajak, STNK, BPKB, dan berkas-berkas lainnya.

Dan jika Anda membeli dari dealer mobil bekas, biasanya ada beberapa item tambahan yang ditawarkan. Misalnya garansi, perangkat anti pencurian, dan lain-lain.

Itulah beberapa trik membeli mobil second yang perlu Anda ketahui agar tidak merasa tertipu setelah membeli.

Meskipun mobil yang Anda beli adalah mobil second, Anda juga berhak untuk mendapatkan kondisi dan harga terbaik dari mobil yang Anda incar.

Punya tujuan keuangan tapi bingung cara wujudkannya? Yuk, diskusikan keuangan Anda bersama Perencana Keuangan Finansialku untuk dapat solusinya. Gunakan fitur Konsultasi Keuangan di aplikasi Finansialku.

Pilih jadwal konsultasi Anda di sini atau melalui WhatsApp sekarang juga.

Jika Anda memiliki pengalaman membeli mobil bekas atau mobil second, Anda bisa membagikan pengalaman Anda tersebut dengan menuliskannya di kolom komentar.

Dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada orang lain di sekitar Anda, terima kasih.

Sumber Referensi:

    Herdi Muhardi. 20 Oktober 2018. 10 Tips Sebelum Membeli Mobil Bekas. Liputan6.com – https://goo.gl/S6vRZX

Sumber Gambar:

    Mobil 1 – https://goo.gl/mw3ugX

    Mobil 2 – https://goo.gl/FrLbQU

    Mobil 3 – https://goo.gl/xg4bP4

    Mobil 4 – https://goo.gl/YQ55pM

    Mobil 5 – https://goo.gl/69fMVs

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *