Jangan Keliru, Ini Cara Memilih Skin Care yang Aman

Jangan Keliru, Ini Cara Memilih Skin Care yang Aman

tribunwarta.com – Memilih skin care yang aman: Bagi setiap wanita memiliki kulit sehat adalah hal yang paling penting. Tapi yang sering dikhawatirkan mengenai keamanan skin care bagi kulit.

Kali ini Finansialku akan membahas bagaimana cara memilih skin care yang aman. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Rubrik Finansialku

Pentingnya Memilih Skin Care yang Aman

Jika berbicara tentang kecantikan pasti tidak akan terlepas dari yang namanya skin care. Karena skin care ini sangat penting bagi kesehatan kulit dan untuk meremajakan kulit.

Dalam mempercantik wajah tidak cukup dari pemakaian luar seperti make up saja, tapi perawatan dari dalam pun seperti memberikan nutrisi kepada kulit kita itu sangat penting pula.

Skin care dapat memperbaiki kulit dan mencegah kulit dari berbagai masalah. Skin care sendiri sangat banyak macamnya mulai dari yang harganya murah hingga yang mahal.

Maka dari itu, banyak wanita yang kebingungan dalam mencari skin care yang cocok untuk kulitnya. Tidak hanya wanita dewasa kini anak remaja pun sudah bisa mengenal yang namanya skin care.

Tapi yang perlu diketahui sebenarnya menggunakan skin care dari dini dipercaya dapat memperlambat penuaan pada kulit dan menjaga agar kulit tetap sehat. Namun harus tetap menyesuaikan dengan jenis kulit kamu ya.

[Baca Juga: Tahapan Skincare Routine, Perempuan Wajib Tahu!]

Memilih produk perawatan kulit tentu saja harus mencari yang aman dan sesuai dengan jenis kulit. Jika salah memilih produk, bukan kecantikan yang didapat tapi penyesalan mendalam yang dirasa.

Karena banyak juga kasus yang malah iritasi karena penggunaan skin care. Ini bisa terjadi karena skin care yang kamu pilih tidak sesuai dengan jenis kulit wajah atau hal lainnya.

Seperti kulit wajah terasa gatal, timbulnya ruam pada wajah, kulit wajah menjadi kering dan terkadang terkelupas. Dan hal yang paling signifikan dari penggunaan skin care yang tidak cocok dengan kulit wajah adalah timbulnya jerawat.

Cara Memilih Skin Care Aman

Untuk menghindari efek samping seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, maka kamu harus pandai dalam memilih skin care.

Mungkin bagi para pemula yang ingin mencoba menggunakan skin care harus lebih kerja keras dalam riset skin care yang aman.

Maka dari itu, kamu harus tahu cara memilih skin care yang aman untuk kulit. Simak penjelasannya berikut ini.

#1 Sesuaikan Dengan Jenis Kulit

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengetahui jenis kulit wajah. Pada dasarnya, jenis kulit itu terdiri dari kulit normal, kulit kering, dan kulit berminyak.

Bagi kamu yang memiliki jenis kulit normal perawatannya terbilang mudah karena jenis ini tidak kering dan tidak juga berminyak, maka dari itu carilah produk skin care yang khusus untuk kulit normal.

[Baca Juga: Percaya Diri Dengan Wajah Terawat! Apa Saja Skin Care Untuk Pria?]

Jika kulit wajah dominan kering, gunakan produk yang dapat menghidrasi kulit dan hindari produk yang memiliki kandungan alkohol, gunakanlah pelembap yang bertekstur krim atau balm.

Jenis kulit berminyak identik dengan berlebihnya minyak pada kulit wajah. Hindari produk perawatan dan kecantikan yang menimbulkan iritasi, dan bebas dari minyak, pilihlah pelembap bertekstur gel atau lotion.

#2 Sesuaikan Skin Care dengan Masalah di Wajah

Sebelum membeli skin care kamu harus pahami kondisi kulit wajah. Dan belilah skin care yang dapat mengatasi masalah tersebut. Seperti masalah kulit berminyak dan berjerawat sebaiknya pilih skin care berbahan tea tree oil.

Pilih skin care yang mengandung bahan aktif lainnya untuk mengatasi jerawat seperti mint, lemon yang mampu membersihkan pori-pori serta mengontrol minyak berlebih.

Sedangkan pada kulit yang kering kamu bisa pilih skin care yang mengandung bahan aloe vera atau green tea yang mampu melembapkan kulit.

#3 Perhatikan Komposisi Skin Care

Ketika hendak membeli skin care, jangan lupa baca terlebih dahulu komposisi yang terkandung dalam produk tersebut. Skin care yang aman dan berkualitas pasti akan mencantumkan komposisi bahan pembuatannya.

Jadi kamu bisa mencocokkan dengan kebutuhan kulit wajah kamu. Jika kulit kamu sensitif, sebaiknya hindari produk yang mengandung mineral oil, pewarna, alkohol, paraben dan parfum yang bisa mengiritasi kulit.

#4 Pilih Produk yang Terdaftar di BPOM

Ciri-ciri skin care aman salah satunya yang sudah terdaftar di BPOM dan memiliki nomor seri yang bisa kamu cek di website resminya BPOM. Nomor ini biasanya ada di belakang kemasan dengan dengan letak barcode.

Selain itu, belilah produk yang dijual di supermarket atau toko lainnya yang terpercaya.

Hindari membeli skin care yang tidak memiliki nomor seri karena biasanya produk semacam itu tidak jelas produsen dan kualitasnya.

[Baca Juga: Rahasia Menjalankan Bisnis Make Up Artist dan Menjadi MUA Profesional]

#5 Coba Dalam Bentuk Share In Jar

Bagi kamu yang belum menemukan produk skin care yang cocok untuk kulit wajah, tidak ada salahnya membeli produk skin care dalam bentuk share in jar.

Langkah ini sebagai antisipasi jika produk yang dibeli tidak cocok dengan wajah jadi tidak perlu membeli produk dengan full size jika belum mengetahui cocok atau tidak.

Produk share in jar berarti kamu akan mendapatkan produk dengan jumlah yang lebih sedikit, hanya sekian gram biasanya dimasukkan ke dalam botol kecil. Selain itu, kamu tidak perlu membayar mahal untuk membeli skin care.

#6 Sesuaikan Dengan Budget

Skin care merupakan produk yang akan digunakan setiap hari dalam jangka waktu lama. Maka dari itu, sesuaikan skin care dengan keuangan kamu karena akan sangat berdampak ketika keuangan sedang menipis dan sudah harus membeli lagi.

Jangan sampai kamu harus mengganti-ganti produk skin care yang digunakan hanya karena uang kehabisan dana rutinan.

Jangan memaksakan membeli produk skin care hanya untuk sekali pakai karena dengan mengganti-ganti produk juga bisa menyebabkan masalah kulit wajah.

Skin Care Aman, Penunjang Masa Depan

Bagi wanita, kulit wajah merupakan investasi masa depan sehingga banyak para wanita berlomba-lomba untuk mempercantik kulit wajah semulus mungkin, se-glowing mungkin dan selicin mungkin.

Ibaratkan kalau ada nyamuk nempel, langsung terpeleset karena memiliki kulit wajah yang mulus.

Memilih skin care pun memang bisa dikatakan gampang-gampang susah. Perbanyaklah riset mengenai produk yang akan kamu pilih karena kamu akan terus mencoba beberapa produk skin care yang cocok dengan kulit wajah.

Jika kamu sudah menemukan produk yang sesuai dan tepat, kamu bisa memiliki wajah yang sehat dan terawat.

[Baca Juga: Ingin Memulai Karier MUA (Make Up Artist) dengan Modal KTA? Ini Cara Mengatur Keuangannya]

Semahal apapun harga skin care, belum tentu cocok dengan kulit wajah kamu. Maka dari itu kamu harus perhatikan cara tersebut dalam memilih skin care yang aman.

Jangan sampai salah pilih ya! Jangan mudah tergiur dengan banyaknya produk skin care yang belum tentu sesuai dengan kulit wajah kamu.

Pilihlah skin care yang aman dan terpercaya. Think smart!

Apa pendapat kamu setelah membaca artikel mengenai cara memilih skin care yang aman? Berikan tanggapan kamu di kolom komentar di bawah ini.

Bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat kamu. Semoga bermanfaat!

Sumber Referensi:

    Indah Shaliha.15 Juni 2018. Bahaya, Ini 5 Tanda yang Tunjukkan Kamu Gak Cocok Memakai Skin Care! Idntimes.com – https://bit.ly/2KMQoJI

    Admin. 7 Februari 2018. Jangan Salah Pilih! Begini Cara Memilih Skincare yang Tepat Untuk Kulit. Thebodyshop.co.id – https://bit.ly/2Gs1cIQ

    Admin. 5 November 2018. Tips Memilih Skincare yang Tepat untuk Kulit Wajah Mama. Popmama.com – https://bit.ly/2VMlD8J

    Ninna Lestari Afiati. 16 Mei 2018. Tips Memilih Skin Care yang Cocok untuk Kulit Wajahmu. Idntimes.com – https://bit.ly/2Dicr4A

Sumber Gambar:

    Memilih Skin Care Aman 01 – https://bit.ly/2IsdWBH

    Memilih Skin Care Aman 02 – https://bit.ly/2UIrW0t

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *