Jakarta jadi Tuan Rumah U20 Mayors Summit 30-31 Agustus 2022

Merdeka.com – Jakarta akan menjadi tuan rumah Urban 20 (U20) Mayors Summit yang diselenggarakan di Hotel Fairmont, Jakarta Pusat. Acara ini akan diselenggarakan selama 2 hari pada 30-31 Agustus 2022.

Tahun ini, U20 akan berfokus pada isu dan tantangan akibat pandemi Covid-19 yang dihadapi oleh kota-kota di dunia. Oleh karena itu, tema yang diangkat adalah ‘Kota Pascapandemi.’

Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ini akan memberi kesempatan bagi para pemimpin kota U20 untuk berkumpul, memperkuat kolaborasi, dan menyampaikan rekomendasi kepada pemerintah Indonesia yang akan dibagikan dalam forum Presidensi G20 dan kepada para Kepala Negara G20 yang akan berlangsung di Bali pada 15-16 November 2022 mendatang, guna meningkatkan peran kota sebagai pemimpin ekonomi dan politik global.

Melalui U20, kota-kota yang mewakili negara-negara anggota G20 berkomitmen untuk bekerja sama dengan pemerintah nasional untuk mengatasi tantangan paling mendesak yang dihadapi dunia, termasuk pemulihan krisis akibat pandemi Covid-19, darurat iklim, dan peningkatan ketimpangan struktural.

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, acara ini penting guna bertukar pikiran, ide, dan gagasan untuk menghadapi tantangan global yang semakin kompleks dengan lebih baik.

“Dengan semakin meng-kota-nya dunia ini, maka kota memiliki peran penting sebagai garda terdepan untuk mengatasi berbagai tantangan yang dihadapi oleh warga kota,” kata Anies dalam rilis resmi yang dikutip pada Sabtu (27/8).

Nantinya, U20 akan langsung dipimpin oleh Anies. Ia juga mengundang kepala daerah dan gubernur anggota G20 untuk bekerja sama dalam tiga bidang utama. Adapun ketiga bidang tersebut adalah sebagai berikut.

Investasi kesehatan dan perumahan rakyat sebagai landasan pemulihan ekonomi dan sosial untuk semua.

Mendorong transisi energi berkelanjutan dan akses yang adil untuk mobilitas berkelanjutan.

Memberikan edukasi dan pelatihan tentang masa depan pekerjaan demi akses pasar kerja yang merata untuk semua. [rhm]

Baca juga:
Anies Baswedan: Tanda Kota Maju Didominasi Pejalan Kaki
Indahnya Kota Tua Kini: Hijau, Ramah Difabel dan Nyaman buat Pejalan Kaki
Selesai Direvitalisasi, Kota Tua Kembali Dibuka
Anies Minta Pendukung Dekati dan Yakinkan Parpol untuk Pilpres 2024
Ratusan Warga yang Geruduk Anies Bersedia Siapkan ‘Panggung’ di Daerah Jawa
Inspektorat Diminta Gerak Cepat Investigasi Jual Beli Jabatan di Pemprov DKI


Artikel ini bersumber dari www.merdeka.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *