Jaga Kedaulatan Internet: PANDI Gelar Konferensi dan Expo Ketahanan Digital Indonesia

Merdeka.com – Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) berkomitmen mendukung ketahanan digital di Indonesia. Caranya, menggelar kegiatan Konferensi dan Expo Ketahanan Digital atau Indonesia Digital Resilience Conference and Expo (ID-RES) pada 24-25 Agustus 2022 di Royal Ambarrukmo Yogyakarta secara hybrid (online dan offline).

Bertema “Mewujudkan Ketahanan Digital dan Kedaulatan Internet Indonesia”, PANDI mengundang lebih 30 pembicara ahli di bidang digital dan mengundang para pemangku kepentingan dalam tata kelola internet, seperti pemerintahan, pelaku bisnis, mahasiswa, registrar, dan para pelaku UMKM.

“PANDI berkomitmen terus mendukung ketahanan digital dan kedaulatan internet di Indonesia. Kegiatan ID-RES menghadirkan banyak narasumber ahli dan pelaku UMKM merupakan hadiah PANDI untuk Indonesia di HUT ke-77 Republik Indonesia,” ujar Ketua PANDI Yudho Giri Sucahyo di Tangerang, Jumat petang (20/8).

Yudho menjelaskan di era digitalisasi dan globalisasi ini, ketahanan digital merupakan hal sangat penting untuk dijaga bersama-sama oleh seluruh elemen pemerintah dan masyarakat tanpa terkecuali. Apalagi saat ini pengaruh dunia digital khususnya internet sangat terasa di kehidupan sehari-hari.

“Melalui kegiatan ID-RES, PANDI hadir untuk mengajak seluruh elemen pemerintah dan masyarakat bersama-sama bersinergi untuk menjaga dan mengembangkan ketahanan digital, agar kita semua dapat terus merasakan manfaat positif era digitalisasi dan terhindar dari efek-efek negatif seperti pencurian data, pornografi, judi, dan lain-lain,” jelasnya.

Kegiatan ID-RES digelar selama 2 hari pada 24-25 Agustus 2022 di Royal Ambarrukmo Yogyakarta plus berbagai lomba atau kompetisi.

“ID-RES akan diisi berbagai konferensi/talkshow dengan topik menarik terkait dunia digital seperti Meningkatkan Eksistensi Budaya Nusantara dalam Ekosistem Digital, Inovasi Teknologi dan Bisnis Digital, Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Pengembangan Media Pembelajaran, Digital Marketing Tools, Perlindungan Data Pribadi, dan UMKM Go Digital,” tambah Kepala Operator Registri PANDI, Dwi Widiastuti.

Menurut Dwi Widiastuti, ID-RES juga akan ada kegiatan menarik lainnya. Selain konferensi/talkshow, juga ada peluncuran PANDI Institute, penjurian finalis lomba Hackhathon PANDI, dan penampilan stand up comedy dari komika ternama.

“Harapannya, kita semua dapat mengembangkan dunia digital di Indonesia bersama-sama agar dapat memberikan lebih banyak manfaat positif bagi para penggunanya sehingga kedaulatan internet di Indonesia dapat diraih,” pungkas Dwi.

[sya]


Artikel ini bersumber dari www.merdeka.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *