Iwan Bomba Cara Budidaya Maggot BSF

Iwan Bomba Cara Budidaya Maggot BSF

tribunwarta.com – Kenapa harus budidaya Maggot BSF?

Iwan Bomba kali ini akan membagikan kisah pengalaman budidaya Maggot BSF, Apa Itu Maggot BSF? Maggot BSF adalah larva dari lalat yang berjenis Black Soldier Fly (BSF) atau lebih populer disebut maggot BSF.

Lalat BSF sendiri mempunyai nama latin Hermetia illucens. Bentuknya yang mirip ulat, ukuran larva dewasa bisa mencapai 15-22 mm dan berwarna coklat. Siklus hidup lalat BSF kurang lebih selama 35- 40 hari. Karena kandungan Larva BSF ini memiliki banyak protein yang bagus untuk pertumbuhan hewan ternak, saat ini Larva BSF ini dimanfaatkan sebagai pakan hewan ternak antara lain Ayam dan Ikan.

Saat ini Iwan Bomba menuturkan banyak peternak ayam dan ikan yang mencari pemasok larva BSF yang akan digunakan sebagai kebutuhan pakan hewan ternak mereka, selain itu maggot BSF masih susah ditemukan karena peternak larva BSF yang masih sedikit. latar belakang inilah yang melatar belakangi Iwan Bomba untuk mencoba budidaya Maggot BSF.

Berikut cara budidaya Maggot BSF ala Iwan Bomba :

1. Siapkan Kandang Jaring untuk rumah Maggot BSF

2. Cara medapatkan telur BSF untuk memanggil Lalat BSF sendiri sangat lah mudah bahkan di lingkungan perkotaan, siapkan dedak didalam ember masukan Yakult dan Royco tutup dengan Plastik biarkan sampai beberapa hari hingga terbentuk tanda fermentasi dapat dilihat dari plastik akan mengembang terisi udara sebagai media bertelur lalat. atau kallian dapat membelinya secara online saat ini tersedia dimarketplace online.

3. Setelah medapatkan telur BSF, letakkan media tadi ketempat yang tidak terkena sinar matahari langsung dan air hujan, beri penutup misalnya daun pisang. setelah 4 hari telur lalat BSF akan menetas menjadi larva, media yang dibuat nantinya akan menjadi sumber makan bagi Larva BSF.

4. Tahap larva berlangsung dari 18 hingga 36 hari, tergantung pada substrat makanan yang diberikan kepada larva makanan bisa berupa sampah organik, dimana tahap pasca menyusui (prepupal) berlangsung sekitar 7 hari. Lamanya tahap larva dapat tertunda selama berbulan-bulan karena suhu rendah atau kekurangan makanan. Tahap kepompong berlangsung dari 1 hingga 2 minggu.

5. Meskipun fase ini sudah dapat di Panen namun untuk hasil pertama ini dianjurkan agar menyimpan dalam kandang jangan di panen langsung guna untuk pengembangan budidaya Maggot BSF selanjutnya.

Iwan Bomba berwirausaha Budidaya Maggot BSF ini hingga sekarang ia lakukan guna untuk kebutuhan pakan hewan ternak Ayam Petelur di peternakan yang berada di Kota Palembang, untuk harga larva maggot BSF mencapai 15rb per kilo, cukup menarik dan mendapatkan banyak keuntungan dalam budidaya Maggot BSF ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!