Inovasi dan Kolaborasi, Pebisnis Wajib Tentukan Langkah Tepat

Inovasi dan Kolaborasi, Pebisnis Wajib Tentukan Langkah Tepat

tribunwarta.com – JAKARTA – Kondisi perekonomian dunia masih belum stabil meski pandemi Covid-19 mulai melandai. Krisis ekonomi yang mulai melanda di Amerika Serikat dan beberapa negara Eropa menambah rasa khawatir terjadinya krisis ekonomi secara global.

Menghadapi ketidakstabilan ekonomi dan sosial politik dunia menjadi pekerjaan rumah terbesar bagi Indonesia pada 2023. Namun, melihat pertumbuhan ekonomi Indonesia yang membaik, rasa optimis semakin besar bahwa perekonomian Indonesia tetap stabil.

Berkaca pada krisis Covid-19 yang terjadi pada 2020, dengan segala perubahan drastis, semua pihak sampai pada kesimpulan bahwa inovasi adalah kunci untuk bisa bertahan dalam menghadapi krisis, baik itu krisis politik maupun ekonomi. Selain inovasi, kolaborasi seluruh pemangku kepentingan menjadi poin penting menghadapi krisis ekonomi dan menambah rasa percaya masyarakat kepada pemerintah.

Founder Proxsis & Co Rudi Maulana mengatakan, inovasi tidak bisa berjalan sendiri tanpa DNA entrepreneurship. “Jika keduanya dikawinkan baru kita bisa survive dan melewati krisis dengan baik. Kami biasa menyebutnya sebagai Innovationpreneur,” kata Rudi dalam keterangan tertulisnya, dikutip Kamis (1/12/2022).

Co-founder Proxsis & Co Roni Sutrisno menambahkan, sebagai tindak lanjut sekaligus bentuk keamanan berjalannya inovasi ketika menghadapi krisis, satu pihak berpikir inovasi, tapi jangan sampai inovasi itu terganggu dengan kondisi yang bikin panik. “Jadi harus ada yang ngurusin. Supaya inovasi dapat berjalan terus, sementara ada tim manajemen krisis yang ‘mengganti ban serep’ untuk mengamankan,” ucapnya.

Kedua pandangan mengenai langkah inovasi dan manajemen krisis tersebut disampaikan atas praktik pengalaman Proxsis & Co ketika membantu klien dan juga menjalankan bisnis sendiri saat menghadapi krisis 2020. Cara ini digadang-gadang dapat menjadi insight bagi pelaku bisnis sebagai bekal menghadapi 2023.

Merespon ramalan banyak pihak tentang situasi ekonomi yang kurang baik di 2023, Proxsis & Co akan menyelenggarakan Expo & Conference bertajuk “Business Insight 2023 : Resilience Mode ON” pada Januari mendatang.

CEO Proxsis & Co Andrianto Moeljono berharap, melalui event ini semua pihak akan mendapat insight yang bermanfaat dari hasil analisa bersama para pakar- sehingga organisasi di seluruh Indonesia mampu bertahan dan optimis menghadapi kondisi di masa mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *