Innalillahi, Gus Sholah Meninggal Dunia Kemarin Malam

Innalillahi, Gus Sholah Meninggal Dunia Kemarin Malam

tribunwarta.com – Minggu (02/01) malam kemarin, Gus Sholah dikabarkan meninggal dunia karena penyakit yang dideritanya.

Simak informasi selengkapnya di berita Finansialku di bawah ini!

Rubrik Finansialku

Gus Sholah Meninggal Dunia Minggu Malam

KH Shalahuddin Wahid atau Gus Sholah, Pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, sekaligus adik kandung KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur, dikabarkan meninggal dunia pada Minggu (02/02) malam kemarin di Rumah Sakit Jantung Harapan Kita, Jakarta.

Kabar ini pertama kali diumumkan oleh putranya, Irfan As’ari Sudirman Wahid atau Ipang Wahid melalui akun media sosial twitter pribadinya, @ipangwahid.

“Gus Sholah baru saja wafat, pada pukul 20:55 (WIB). Mohon dimaafkan seluruh kesalahan. Allahumaghfirlahu warhamhu wa’afihi wa’fuanhu.”

Robikin Emhas selaku Ketua Pengurus Besar Nahdlatul Ulama mengatakan bahwa masyarakat Indonesia berduka dan merasa kehilangan tokoh panutan yang gigih memperjuangkan martabat kemanusiaan dan hak asasi manusia.

“Kita kehilangan tokoh panutan. Tokoh yang gigih memperjuangkan martabat kemanusiaan dan hak asasi manusia. Tokoh yang memimpikan umat agar bersatu. Semoga kita dapat meneruskan perjuangan beliau.” Katanya dalam keterangan tertulisnya yang dikutip dari laman detik.com, Minggu (02/02).

[Baca Juga: Dapatkan Inspirasi Dari Wejangan Kata-Kata Bijak Gus Dur]

Tokoh yang lahir di Jombang, Jawa Timur pada 11 September 1942 itu sebelumnya memang dikabarkan oleh Ipang. Melalui informasinya itu, diketahui kalau ayahnya sedang kritis setelah sebelumnya dirawat di Rumah Sakit Harapan Kita.

Mengatakan hal yang serupa, Lukman selaku Mundir Pembinaan Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur juga turut memberikan informasi kalau beliau tempo hari memang sering masuk dan keluar rumah sakit.

Melansir laman katadata.com, Gus Sholah juga sempat menjalani tindakan medis ablasi. Operasi itu dilakukan untuk mengatasi gangguan irama jantung atau ablasi.

Beberapa hari dirawat di rumah, keadaan Gus Sholah kembali menurun, yang membuat keluarga inti akhirnya membawanya kembali ke rumah sakit pada 31 Januari 2020. Dua hari dirawat, takdir berkata lain, beliau harus dipanggil menghadap yang kuasa.

Ipang Wahid, seperti yang dilansir dari laman detik.com menyatakan kalau ayahnya sempat bercerita kalau beliau bertemu dengan beberapa anggota keluarga yang sudah meninggal dunia seperti ibu kandung dan Gus Dur, kakak kandungnya.

“Yang sudah kita rasakan adalah seperti lazimnya orang yang sudah mau meninggal, beliau bilang ‘kok saya ketemu sama ibu saya ya.’,” Ungkap Ipang di rumah duka, Jalan Bangka Raya Nomor 2C, Mampang, Jakarta Selatan, seperti dikutip dari laman detik.com, Senin (03/02).

Kesedihan mendalam atas kepergian Gus Sholah ini banyak dirasakan oleh semua pihak, salah satunya adalah Romo Antonius Benny Susetyo, selaku Rohaniawan Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) sekaligus Staf Khusus Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) mengaku berduka atas kepergian beliau.

“Terakhir beliau masih memberikan ucapan selamat Hari Natal tanggal 23 Desember,” Kata Benny seperti yang dilansir dari laman detik.com, Senin (03/02).

[Baca Juga: Alasan Utama Kamu Harus Punya Asuransi Kesehatan Sedini Mungkin]

Dia juga menuturkan kalau Indonesia kehilangan tokoh bangsa yang berjasa dalam memperjuangkan nilai demokrasi dan pluralisme.

Melansir dari laman liputan6.com, Ipang Wahid mengatakan kalau jenazah ayahnya akan dibawa ke Jombang, Jawa Timur pagi ini dan dimakamkan di Kompleks Pemakaman Pondok Pesantren Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, petang nanti (03/02).

Bagaimana pendapat Anda mengenai berita ini? Anda bisa tuliskan komentar pada kolom di bawah ini. Terima kasih.

Sumber Referensi:

    Admin. 3 Februari 2020. Jenazah Gus Sholah Akan Diterbangkan ke Jombang Pagi Ini. Liputan6.com – http://bit.ly/2uVu1du

    Danu Damarjati. 3 Februari 2020. Romo Benny: Gus Sholah Wafat, RI Kehilangan Pejuang Demokrasi-Pluralisme. News.detik.com – http://bit.ly/2OCco9N

    Haryanti Puspa Sari. 3 Februari 2020. Menteri Agama Melayat ke Rumah Duka Gus Sholah. kompas.com – http://bit.ly/31iLB7r

    Lisye Sri Rahayu. 3 Febuari 2020. Sebelum Wafat, Gus Sholah Cerita Bertemu Gus Dus dan Ibunda. News.detik.com – http://bit.ly/31lbROu

    Pingit Aria. 3 Februari 2020. Gus Sholah, Adik Gus Dur yang Pernah Jadi Cawapres Wiranto. Katadata.co.id – http://bit.ly/2Uqp7A5

    Desy Setyowati. 2 Februari 2020. Gus Sholah Meninggal Dunia karena Sakit. Katadata.co.id – http://bit.ly/36SeE2A

Sumber Gambar:

    RIP 01 – http://bit.ly/3bb6ZQH

    RIP 02 – http://bit.ly/2UjFKgD

    RIP 03 – http://bit.ly/37SRef1

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!