Ini Sosok Orang Terkaya di Indonesia dengan Usia Paling Muda

Ini Sosok Orang Terkaya di Indonesia dengan Usia Paling Muda

tribunwarta.com – Ciliandra Fangiono , seorang CEO perusahaan perkebunan kelapa sawit, dinobatkan sebagai orang terkaya termuda di Indonesia berdasarkan daftar Forbes bertajuk 2022 Indonesia’s 50 Richest.

Di penghujung tahun 2022, Ciliandra Fangiono kini berusia 46 tahun atau jadi yang termuda di antara 5 taipan berkewargangeraan Indonesia.

Mengutip Forbes, Selasa (13/12/2022), ia menempati posisi 20 orang paling tajir di Tanah Air.Tercatat kekayaan Ciliandra mencapai 2,2 miliar dollar AS atau setara Rp 34,41 triliun (asumsi kurs Rp15.644).

Pada tahun sebelumnya, Ciliandra masih berada di posisi 24 orang terkaya di Indonesia . Saat itu, kekayaannya mencapai 1,83 miliar dollar AS.

Sumber kekayaan terbesarnya berasal dari perkebunan sawit. Dia merupakan generasi kedua yang mewarisi perusahaan sawit dari ayahnya, Martias.

Bisnis perkebunan kelapa sawitnya memang berada di Indonesia, namun basis perusahaannya berada di Singapura.

Ciliandra merupakan CEO First Resources Ltd, perusahaan yang tercatat di bursa efek Singapura yang banyak menguasai ratusan ribu hektar lahan sawit di Indonesia.

First Resources sendiri dirintis ayahnya sejak dua dekade silam. Perusahaan ini memiliki puluhan pabrik pengolahan sawit yang banyak tersebar di Sumatera dan Kalimantan.

Dirangkum dari laman resminya, First Resources didirikan pada tahun 1992 dan terdaftar di Bursa Singapura sejak 2007.

First Resources adalah salah satu produsen minyak sawit terkemuka di Asia Tenggara, yang mengelola lebih dari 200.000 hektar perkebunan kelapa sawit di Provinsi Riau, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Barat di Indonesia.

Kegiatan bisnis inti perusahaan meliputi budidaya kelapa sawit, memanen tandan buah segar (TBS), dan mengolahnya menjadi minyak sawit mentah (CPO) dan inti sawit (PK).

Selain perkebunan dan pabrik kelapa sawit, First Resources melalui pabrik penyulingan, fraksionasi, biodiesel, dan penghancur inti, memproses produksi CPO dan PK menjadi produk berbasis kelapa sawit yang bernilai lebih tinggi.

Bisnis warisan

Sebelum terjun mengelola bisnis warisan ayahnya, Ciliandra sempat meniti karier di divisi perbankan investasi Merrill Lynch di Singapura.

Dia tercatat sebagai Senior Scholar di bidang Ekonomi dan pernah dianugerahi PriceWaterhouse Book saat masih berada di Universitas Cambridge.

Sebagai informasi, Forbes menyusun daftar ini berdasarkan komposisi kepemilikan saham dan informasi keuangan yang diperoleh dari keluarga dan perorangan, bursa saham, analis, dan sumber-sumber lainnya.

Jumlah kekayaan juga memperhitungkan kepemilikan saham yang dimiliki oleh keluarga besar. Peringkat tersebut mencantumkan kekayaan individu dan keluarga, termasuk yang dibagi di antara kerabat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link , kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!