Inflasi AS Bisa Picu Kenaikan Suku Bunga Fed 100 Poin

Inflasi AS Bisa Picu Kenaikan Suku Bunga Fed 100 Poin

Washington: Bank sentral Amerika Serikat, The Fed, diperkirakan akan melawan inflasi tinggi 40 tahun dengan kenaikan suku bunga 100 basis poin. Setelah laporan inflasi yang suram menunjukkan tekanan harga meningkat.
 
“Semuanya dalam permainan,” kata Presiden The Fed Atlanta Raphael Bostic kepada wartawan di Florida, dikutip dari Antara, Kamis, 14 Juli 2022.
 

Bostic telah menjadi salah satu dari pejabat bank sentral dalam beberapa pekan terakhir yang menandakan dukungan untuk kenaikan suku bunga 75 basis poin kedua berturut-turut pada pertemuan kebijakan mendatang mereka pada 26-27 Juli.
 
Data Departemen Tenaga Kerja menunjukkan kenaikan biaya gas, makanan, dan sewa, mendorong Indeks Harga Konsumen (IHK) naik 9,1 persen bulan lalu dari tahun sebelumnya, pandangannya mungkin berkembang.
 
“Mereka sekarang memperkirakan kemungkinan hampir 80 persen dari kenaikan poin persentase penuh pada pertemuan mendatang,” menurut analisis yang dikontrak oleh CME Group.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Itu naik dari sekitar satu-dalam-sembilan peluang yang terlihat sebelum laporan, yang juga menunjukkan inflasi inti, tidak termasuk harga makanan dan energi yang lebih fluktuatif, dipercepat setiap bulan.
 
Perkiraan The Fed akan menjadi lebih agresif untuk menghentikan inflasi juga meningkatkan alarm pembuat kebijakan akan bertindak terlalu jauh dan juga merusak pertumbuhan ekonomi.
 
Imbal hasil pada obligasi pemerintah jangka panjang turun, membuat apa yang disebut inversi kurva imbal hasil paling menonjol selama lebih dari 20 tahun.
 
Sebuah inversi dipandang sebagai pertanda penurunan karena menunjukkan investor perbankan pada perlambatan pertumbuhan.
 
Perdagangan suku bunga berjangka menyiratkan investor mengantisipasi The Fed mungkin perlu mulai memotong suku bunga lagi pada pertengahan tahun depan.
 
“Laporan IHK Juni adalah bencana langsung bagi The Fed,” tulis Tim Duy dari SGH Macro Advisors.
 
Bank sentral lainnya juga merasakan panas, dengan bank sentral Kanada pada Rabu, 13 Juli 2022, menaikkan suku bunga acuan sebesar 100 basis poin dalam upaya untuk menjinakkan inflasi yang melonjak, sebuah langkah mengejutkan dan terbesar dalam hampir 24 tahun.
 

(SAW)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *