Ide Bisnis Es Jeruk Peras Segar: Berapa Modal dan Keuntungannya?

Ide Bisnis Es Jeruk Peras Segar: Berapa Modal dan Keuntungannya?

tribunwarta.com – Tertarik memulai bisnis es jeruk yang selalu abadi? Bisnis ini memang sangat menggoda karena tergolong tahan lama dan terus diminati. Mengapa bisa?

Karena ternyata minuman segar yang satu ini sangat digandrungi berbagai kalangan di Indonesia dengan iklim tropis

Mari lirik modal dan keuntungan dari bisnis es jeruk ini, yuk!

Rubrik Finansialku

Memeras Untung dari Bisnis Es Jeruk

Tentunya Anda sudah pernah mendengar es jeruk, sebuah minuman yang terbuat dari buah jeruk yang diambil sarinya bukan?

Betul sekali, minuman ini memang tergolong sudah sangat umum di negara tropis seperti Indonesia. Rasanya yang segar dan asam manis tentu disukai terutama di hari yang gerah.

Es jeruk merupakan sebuah minuman yang bukan hanya nikmat, namun juga dikenal memiliki banyak kandungan vitamin, antioksidan, dan flavonoid yang bagus bagi tubuh.

Salah satu kandungan vitamin terbanyaknya, yakni vitamin C, yang berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh serta membantu produksi kolagen yang baik untuk kulit.

Selain itu, es jeruk dikenal memiliki banyak manfaat, antara lain sebagai berikut:

    Menjaga tingkat tekanan darah,

    Meningkatkan sistem kekebalan tubuh,

    Mencegah kanker, mencegah batu ginjal,

    Membantu menurunkan berat badan,

    Mengurangi risiko serangan jantung,

    Mengobati anemia,

    Membuat kulit lebih sehat, dan masih banyak lagi manfaat lainnya.

[Baca Juga: 15 Bisnis Sampingan untuk Pensiunan yang Boleh Dipertimbangkan]

Melihat banyaknya manfaat yang terkandung dalam minuman segar dan nikmat ini, pastinya tidak terlepas dari ide bisnis. Betul sekali, sudah tidak asing lagi banyak pebisnis yang mencoba memeras untung dari bisnis es jeruk ini.

Apakah Anda tertarik mencari untung dari bisnis es jeruk ini? Jika iya, yuk simak modal dan keuntungan bisnis es jeruk dari Finansialku berikut ini:

Analisis Keuangan Bisnis Es Jeruk

Dalam kondisi ekonomi yang sedang melemah akhir-akhir ini, banyak usaha yang mengalami kebangkrutan, namun terdapat sebuah bisnis yang terus berkembang. Bisnis apakah itu? BISNIS MAKANAN dan MINUMAN.

Makanan dan minuman merupakan salah satu kebutuhan primer manusia, sehingga tak salah jika Anda melirik bisnis yang satu ini.

Sebenarnya ada banyak sekali jenis makanan dan minuman yang dapat Anda pertimbangkan, es jeruk hanyalah salah satu dari banyak ide bisnis makanan dan minuman lainnya.

[Baca Juga: Ternyata Waralaba Crepes Masih Diminati Konsumen Lho! Begini Peluang Bisnisnya]

Nah, jika mengingat iklimnya yang tropis dan cukup panas, menarik nih jika Anda melihat peluang bisnis minuman yang segar dan nikmat ini.

Rasa manisnya tentu menambah sensasi minum untuk melepas dahaga dan lapar.

Pada kesempatan kali ini, Finansialku mengajak Anda melihat bagaimana analisis keuangan dari bisnis es jeruk ini, mulai dari modal yang dibutuhkan hingga proyeksi keuntungan yang mungkin Anda peroleh:

#1 Modal Bisnis

Berbisnis es jeruk terkenal dengan modal awal bisnisnya yang terjangkau, sehingga Anda tidak perlu mencari modal kesana kesini.

Adapun beberapa modal awal dalam bisnis es jeruk ini mencakup peralatan, bahan baku, serta biaya operasional yang akan menjadi biaya tetap.

Peralatan

    Etalase = Rp1.200.000

    Meja kursi = Rp600.000

    Termos es = Rp50.000

    Alat serut es = Rp80.000

    Saringan = Rp5.000

    Alat Pemeras Jeruk = Rp1.046.000

TOTAL = Rp2.981.000

Bahan baku

    Buah jeruk = Rp200.000

    Gula Putih = Rp75.000

    Gelas plastik = Rp80.000

    Sedotan = Rp24.000

    Kantong Plastik = Rp14.000

TOTAL = Rp393.000

Biaya operasional

    Biaya listrik = Rp300.000

    Biaya air = Rp200.000

    Biaya lain-lain Rp100.000

TOTAL = Rp600.000

Dari rincian di atas, maka dapat diketahui jumlah modal yang perlu Anda persiapkan untuk berbisnis es jeruk adalah sebagai berikut:

Rp2.981.000 + Rp393.000 + Rp600.000 = Rp3.974.000

Jika Anda ingin berbisnis dengan modal kecil lainnya, Anda bisa tonton video dari channel Youtube Finansialku berikut ini:

#2 Harga Pokok Produksi (HPP)

Harga pokok penjualan (HPP) merupakan laporan keuangan yang menggambarkan rekapitulasi biaya-biaya produksi yang terkandung pada produk-produk yang telah terjual selama suatu periode waktu tertentu.

[Baca Juga: Contoh Business Plan dan Cara Membuat Rencana Bisnis]

Maka, HPP untuk es jeruk terkait adalah:

*Asumsi: bisnis dimulai tanpa tenaga kerja, dilakukan sendiri

#3 Estimasi Laba

Jika diasumsikan dalam satu bulan Anda bisa menjual es jeruk sebanyak 40 gelas per hari, dengan asumsi 30 hari kerja per bulan, maka estimasi omzet per bulannya adalah sebagai berikut:

Harga per gelas = Rp5.000

Estimasi penjualan per hari = 40 gelas

Total hari per bulan = 30 hari

Total = 30 x 40 x 5.000 = Rp6.000.000

Keuntungan kotor = total penjualan – total HPP = (Rp6.000.000 – Rp993.000) = Rp5.007.000

Keuntungan bersih = total keuntungan kotor – biaya operasional = (Rp5.007000 – Rp600.000) = Rp4.407.000

#4 Break Even Point (BEP)

Titik impas atau break even point (BEP) adalah sebuah kondisi atau titik dimana biaya atau pengeluaran dan pendapatan seimbang, sehingga tidak terdapat kerugian atau keuntungan dalam suatu bisnis.

Sederhananya, titik impas menunjukkan tingkat penjualan dalam volume unit untuk mengimbangi semua biaya tetap. Dengan demikian jelas bahwa keuntungan baru akan datang setelah Anda telah mencapai titik impas ini.

Dengan hasil perhitungan di atas, maka Anda bisa menghitung BEP dengan rumus berikut:

BEP = Modal awal : keuntungan

BEP = Rp3.374.000 : Rp4.407.000 = 0,76 bulan

Kesimpulan: Anda akan mencapai BEP hanya dalam 0,76 bulan (± 23 hari). Bisnis ini tampak menggiurkan bukan?

[Baca Juga: Bagaimana Cara Mendapatkan Uang dari Mobil Pribadi? 9 Start Up Indonesia Tawarkan Uang untuk Pasang Iklan di Mobil]

Namun, nilai perhitungan di atas masih belum pasti. Harga dapat berubah-ubah sesuai dengan kebutuhan dan pemilihan bahan baku serta peralatan yang Anda lakukan.

Pada dasarnya, Anda bisa melakukan perhitungan serupa dengan nilai yang Anda miliki. Mudah bukan?

Tips Bisnis Es Jeruk

Nah, meski bisnis ini stabil dan laku dimana-mana, tentunya Anda sebagai pebisnis harus cerdas agar tetap kuat menghadapi persaingan.

Mau tahu tips berbisnis es jeruk? Simak yuk pembahasannya berikut ini!

#1 Lokasi Strategis

Dalam bisnis, terutama bisnis kuliner, lokasi menjadi salah satu faktor utama yang akan mempengaruhi perkembangan bisnis Anda. Mengapa?

Karena lokasi yang jelas terlihat, mudah diakses, dan memiliki tingkat lalu lalang pengunjung tinggi akan mempengaruhi tingkat penjualan Anda.

[Baca Juga: Cara Menghasilkan Uang dari Sampah yang Bisa Jadi Bisnis Menguntungkan]

Meski dengan kemajuan teknologi kini Anda juga bisa memulai bisnis online yang memanfaatkan berbagai jasa ojek atau delivery makanan online (misalnya Go-Food atau Grabfood), Anda tetap harus mempertimbangkan lokasi yang mudah diakses pengendara ojek online ini.

Adapun beberapa syarat lokasi yang baik dalam berbisnis adalah sebagai berikut:

    Lokasi yang ramai dengan pasar potensial.

    Lokasi yang tingkat lalu lalangnya tinggi.

    Lokasi di tempat umum (mall, tempat rekreasi, sekolah, kampus, area perkantoran, dan sebagainya).

    Lokasi yang mudah dijangkau oleh kendaraan bermotor (mobil maupun motor).

    Lokasi dengan area parkir yang memadai lebih diutamakan.

#2 Rencanakan Keuangan dan Pertimbangkan Pendanaannya

Mempersiapkan modal untuk sebuah bisnis merupakan satu hal besar, tetapi bukan berarti mudah untuk memperoleh pendanaan tersebut.

Anda perlu menghitung berapa banyak dana yang dibutuhkan, mulai dari modal atau investasi awalnya hingga biaya operasional bisnis nantinya.

Selain itu, penting untuk mengetahui bagaimana memaksimalkan dana yang ada menjadi sebuah pencapaian dengan pengembalian yang tinggi, yang bisa menarik pendana untuk memberikan bantuan dana.

Jangankan pebisnis pemula, pebisnis sukses pun bisa jatuh miskin jika tidak dilengkapi dengan pengaturan keuangan yang baik.

Dengan demikian, penting untuk selalu membuat perencanaan keuangan dan memantau kondisi keuangan secara berkala. Lengkapi dengan pencatatan yang rapi.

[Baca Juga: Temukan Cara Hebat untuk Menjadi Entrepreneur Kreatif dalam Mencapai Kesuksesan]

Anda juga bisa menggunakan aplikasi perencana keuangan seperti Finansialku untuk memudahkan pengaturan keuangan. Dengan fitur yang praktis dan lengkap, aplikasi Finansialku akan membantu Anda dalam berbisnis tanpa harus khawatir dengan pengaturan keuangan.

Jika Anda pengguna baru, Anda bisa men-download aplikasi Finansialku di Google Play Store atau klik tautan berikut ini:

Gunakan kode promo POTONG50RIBU untuk mendapatkan potongan harga Rp50.000 jika Anda berlangganan selama 1 tahun premium. Jadi, dalam 1 tahun Anda hanya membayar Rp300.000 atau Rp800 per hari saja! Murah bukan?

#3 Membuat Strategi Promosi yang Cerdas

Pemasaran juga menjadi faktor penentu keberhasilan bisnis loh! Tidak peduli sebagus atau seenak apapun produk yang ditawarkan, akan sia-sia jika masyarakat gagal mengenal produk itu.

Oleh karena itu jangan lupakan faktor pemasaran atau promosi. Tenang saja, kini Anda bisa menjalankan strategi pemasaran sederhana dengan kecanggihan teknologi, misalnya saja dengan memanfaatkan media sosial.

Jangan lupa juga menjalankan strategi pemasaran konvensional seperti memasang spanduk unik dengan disertai gambar di depan lokasi usaha, membagikan brosur, serta membuat program promosi yang menarik.

[Baca Juga: Konsultasi: Bisnis Startup itu Sebenarnya Apa? Apakah Menguntungkan?]

#4 Menyusun Strategi dalam Menentukan Harga

Eits, jangan lupa bahwa segi harga juga menjadi salah satu daya tarik bisnis Anda. Mengingat bisnis ini sudah cukup lama beredar, Anda perlu melakukan riset pasar untuk menentukan harga.

Terkadang beberapa waralaba malah sudah menentukan harga yang disarankan juga loh. Dengan demikian Anda bisa memasang harga yang pas agar tidak kalah dari para pesaing.

Umumnya perhitungan harga ini bisa mempertimbangkan beberapa faktor berikut ini:

    Bahan baku yang digunakan per gelas

    Ukuran gelas yang digunakan

    Keuntungan yang diharapkan

    Harga pesaing sejenis

Selamat Berbisnis!

Setelah melihat analisis keuangannya, bisnis es jeruk ini tentu tambah menarik bukan? Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda yang tertarik untuk memulai bisnis es jeruk ini.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini pada teman Anda yang juga sedang maju mundur dalam memulai bisnisnya, siapa tahu Anda bisa memberikan inspirasi bagi teman-teman Anda dalam berbisnis.

Share artikel ini dengan mengklik tombol share artikelnya, terima kasih.

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai peluang bisnis, modal dan keuntungan dari bisnis es jeruk lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

Sumber Referensi:

    Hendra. 17 April 2017. Detail Produk Peluang Usaha Es Jeruk dan Analisa Usahanya – https://bit.ly/2Xu6mcB

    Miftahul Khoer. 17 September 2018. Memeras Untung dari Bisnis Es Jeruk Peras Murni. Cekaja.com – https://bit.ly/2LIAGhE

    Admin. Detail Produk Peluang Usaha Es Jeruk dan Analisa Usahanya. Tokomesin.com – https://bit.ly/2Xxb3lZ

Sumber Gambar:

    Es Jeruk 1 – http://bit.ly/2G3yjlU

    Es Jeruk 2 – http://bit.ly/30ki2Aw

    Es Jeruk 3 – http://bit.ly/2XwwZxJ

    Es Jeruk 4 – http://bit.ly/2JlMqVD

    Es Jeruk 5 – http://bit.ly/2L7iS05

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *