Ibu Kota Pindah? Yuk Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Kalimantan

Ibu Kota Pindah? Yuk Ketahui Kelebihan dan Kekurangan Kalimantan

tribunwarta.com – Pemindahan Ibu Kota ke Kalimantan memiliki banyak kelebihan dan kekurangan. Hal ini pula yang menjadi pro kontra di kalangan masyarakat. Apa saja kelebihan dan kekurangan Kalimantan jika menjadi Ibu Kota?

Agar lebih jelas, mari simak ulasannya berikut ini. Selamat membaca!

Rubrik Finansialku

Kelebihan dan Kekurangan Kalimantan

Pemindahan Ibu Kota ke Kalimantan menimbulkan banyak opini dari masyarakat Indonesia. Banyak hal yang harus menjadi dasar pertimbangan untuk Ibu kota baru ini.

Rencana pemindahan Ibu Kota ini dipertanyakan oleh Wakil Ketua DPR Fadli Zon. Dirinya menilai Ibu Kota akan jauh lebih baik jika dipindahkan ke Jonggol, Jawa Barat.

Terlepas dari itu, Founder Urban+ dan Pengamat Perancang Kota, Sibarani Sofyan menilai Kalimantan memang memiliki kelebihan dan kekurangan.

Kelebihannya dari Kalimantan banyak lahan yang masih kosong, sehingga mudah untuk memulai sesuai tujuan yang diinginkan. Ia mengatakan:

“Warisan beban dan masalah perkotaan di Jabodetabek bisa dihindari karena semua mulai dari nol. Perencanaan bisa dibuat lebih ideal dan optimal.”

Dengan ketersediaan lahan yang luas, pemerintah bisa lebih leluasa dalam hal penguasaan lahan. Kontrol pemerintah akan lebih kuat jika lahannya belum terlalu banyak dimiliki pihak swasta.

[Baca Juga: Ibu Kota Pindah Ke Kalimantan, Ini Dia Infrastruktur yang Dibangun!]

Jika Ibu Kota pindah ke Kalimantan, akan lebih baik dalam melakukan desentralisasi geopolitik, yang selama ini bernuansa Jawa Sentris bisa menjadi Indonesia Sentris.

Pulau selain Jawa akan berpotensi mendapat prioritas lebih dibanding sebelumnya. Sirabani pun mengatakan efek trickle down economy untuk daerah sekitar lokasi Ibu Kota di Kalimantan akan positif jika dilakukan dengan benar.

Disamping dengan kelebihan yang dimiliki Kalimantan, tentu tidak terlepas dari kekurangannya seperti permasalahan lintas pulau.

Hal ini dapat dikatakan sulit dalam hal logistik untuk pengadaan bahan dan SDM ahli pembangunan.

Selain itu, secara psikologis resistensi untuk pindah ke lokasi sejauh itu akan tinggi di awalnya. Biaya transportasi akan lebih mahal karena harus via kapal udara atau laut.

Jika berbicara mengenai Pengadaan Sumber Daya Manusia (SDM) pendukung di kota Kalimantan relatif kurang siap jika dibandingkan Jabodetabek. Ia mengatakan:

“Kondisi lahan yang dipilih seandainya bersinggungan dengan hutan lindung, jika tidak diterapkan prinsip proteksi lingkungan yang baik, berpotensi mengundang kritik besar dari mata internasional.”

Untuk kondisi lahan, jika berada di lahan yang gambut juga akan memberikan kendala. Tetapi kelebihan dan kekurangan itu tergantung dari kota di Kalimantan yang akan dipilih.

Perbedaan Kalimantan Timur dan Kalimantan Tengah

Presiden Joko Widodo pun menjelaskan bahwa baik Kalimantan Timur atau Kalimantan Tengah memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Bukit Soeharto memiliki keunggulan karena kelengkapan infrastruktur pendukung yang telah tersedia di sekitar kawasan. Lokasi ini pun dapat menghemat biaya pembangunan.

Namun, dari sisi ketersediaan lahan, Kaltim masih terbatas. Jokowi sendiri pun mengakui bahwa apabila dilihat dari sisi ketersediaan lahan, Kalteng lah paling siap dijadikan Ibu Kota.

Selain itu, kawasan Bukit Nyuling juga dinilai tak rawan bencana. Tapi tempat ini masih kurang dalam hal infrastruktur.

Berbicara mengenai wilayah atau kota-kota yang berada di Indonesia tentunya Indonesia memiliki beberapa destinasi kota yang menarik.

Anda bisa tonton video Destinasi Kota Wajib Di Indonesia melalui channel Youtube Finansialku berikut:

Sudah tahu kan apa saja kelebihan dan kekurangan jika Ibu Kota pindah ke Kalimantan? Bagaimana pendapat Anda terkait artikel di atas? Berikan tanggapan Anda di kolom komentar di bawah ini.

Jangan lupa bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat Anda ya! Semoga bermanfaat.

Sumber Referensi:

    Danang Sugianto. 18 Agustus 2019. Plus Minus Kalimantan Jadi Ibu Kota Baru. Detik.com – http://bit.ly/31MqBVC

    Lizsa Egeham. 9 Mei 2019. Jokowi Jelaskan Plus Minus Jika Kaltim dan Kalteng Jadi Ibu Kota. Liputan6.com – http://bit.ly/2Zf8UfA

Sumber Gambar:

    Kelebihan dan Kekurangan Kalimantan – http://bit.ly/30jKIKC

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!