Hubungan dengan AS Renggang, Arab Saudi dan China Perkuat Kerja Sama Sektor Energi

Hubungan dengan AS Renggang, Arab Saudi dan China Perkuat Kerja Sama Sektor Energi

tribunwarta.com – RIYADH, Menteri Energi Arab Saudi, Pangeran Abdulaziz bin Salman dan Direktur Administrasi Energi Nasional China Zhang Jianhua menyampaikan akan memperkuat hubungan di sektor energi. Kantor berita Saudi, SPA melaporkan, kedua pejabat menekankan pentingnya pasokan jangka panjang yang stabil ke pasar minyak mentah.

Mengutip Reuters, Minggu (23/10/2022) Amerika Serikat (AS) dan Arab Saudi berselisih sejak keputusan kelompok produsen minyak OPEC+, di mana Saudi adalah pemimpin de facto untuk memangkas produksi, bahkan setelah pemerintahan Biden berusaha untuk tetap berada di tangan OPEC selama sebulan dengan mengawasi AS.

Menteri Saudi menegaskan kembali bahwa OPEC+ melakukan pekerjaan yang tepat untuk memastikan pasar minyak yang stabil dan berkelanjutan.

China, importir minyak mentah terbesar di dunia, telah menerapkan pembatasan ketat Covid-19 tahun ini, yang sangat membebani aktivitas bisnis dan ekonomi, sehingga menurunkan permintaan bahan bakar.

“Pangeran Abdulaziz dan mitranya dari China setuju untuk melanjutkan upaya kerja sama untuk menjaga stabilitas di pasar minyak,” tulis laporan SPA.

Selain itu, Arab Saudi memastikan akan menjadi mitra dan pemasok minyak mentah paling andal bagi China. Di awal pekan ini, pihaknya berbicara dengan klien utama lainnya, menteri perdagangan Jepang dan membahas penguatan kerja sama energi.

Editor : Aditya Pratama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!