Hati-Hati Beli Tiket Pesawat Online, Jangan Sampai Rugi

Hati-Hati Beli Tiket Pesawat Online, Jangan Sampai Rugi

tribunwarta.com – Liburan sebentar lagi, jika Anda hendak bepergian menggunakan pesawat, hati-hatilah ketika beli tiket pesawat online, pastikan agen travel online Anda terjamin.

Agar lebih jelas, mari simak penjelasannya berikut ini.

Rubrik Finansialku

Perhatikan Langkah dalam Beli Tiket Pesawat Online

Saat ini, berkat perkembangan teknologi, banyak aplikasi yang menyediakan fasilitas reservasi pesan tiket pesawat secara online.

Hanya dengan menggunakan ponsel atau laptop kamu sudah bisa memesan tiket pesawat terbang dengan mudah.

Namun ternyata kamu perlu berhati-hati karena ada beberapa kesalahan yang terlihat sepele ternyata bisa berdampak cukup fatal.

Bahkan akibatnya kamu bisa gagal terbang, padahal sudah memesan dan melakukan pembayaran untuk tiket pesawat tujuanmu.

Sebentar lagi liburan akan tiba yaitu libur Natal dan Tahun Baru 2020. Kebutuhan layanan transportasi udara meningkat, dan konsumen diimbau tetap hati-hati atau tidak ceroboh dalam memesan tiket pesawat via online.

Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menghimbau masyarakat untuk berhati-hati dalam membeli tiket pesawat melalui Online Travel Agent (OTA).

Hal ini diperlukan guna menghindari kesalahpahaman terkait dengan harga tiket dan agar dapat memperoleh layanan yang terbaik.

[Baca Juga: Mau Pergi Ke Maldives Dengan Budget Backpacker? Ikuti 10+ Tips Berikut Ini]

Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub, Polana B Pramesti, mengatakan bahwa Online Travel Agent (OTA) adalah suatu aplikasi yang memberikan fasilitas kemudahan bagi pengguna dalam pembelian tiket pesawat.

Polana mengimbau kepada masyarakat yang akan membeli tiket pesawat menggunakan Online Travel Agent (OTA) agar lebih bijak dan teliti dalam membeli tiket pesawat melalui OTA.

Dirjen Perhubungan Udara itu meminta masyarakat untuk memastikan:

    Jadwal, rute dan kelas penerbangan (ekonomi atau bisnis) yang diinginkan dengan mengisi informasi dalam aplikasi;

    Pengguna telah mengaktifkan kolom “filter” dan memilih filter yang diinginkan, seperti: “penerbangan langsung” atau “penerbangan transit”; “penerbangan satu arah (one way)” atau “penerbangan pulang pergi (pp)”

    Pengguna sebaiknya merencanakan perjalanan dengan baik dengan mencari atau membeli tiket pesawat jauh-jauh hari sebelumnya untuk untuk mendapatkan pilihan dan harga terbaik.

    Pengguna juga wajib mengisi secara lengkap dan benar seluruh identitas diri dan nomor telepon kontak serta kebutuhan layanan yang diperlukan, untuk dapat dilayani dengan baik oleh maskapai.

    Jangan lupa pahami secara jelas syarat dan ketentuan pengangkutan dari maskapai (condition of carriage) sehingga kita paham apa hak dan kewajiban sebagai konsumen serta hak dan kewajiban dari maskapai.

[Baca Juga: Capcusss! 5 Lokasi Kota Lama Semarang yang Mutlak Dikunjungi]

Ia juga terus mengingatkan masyarakat untuk mencermati pembelian tiket secara online, dan waspada dengan penyesatan informasi yang dibuat oleh pihak-pihak yang bermaksud membingungkan masyarakat dan membuat keresahan.

Dalam pembelian tiket pesawat melalui aplikasi OTA, jelas Polana, aplikasi tersebut akan menampilkan sejumlah pilihan rute, jadwal, maskapai, kelas layanan sesuai dengan yang dikehendaki oleh pengguna, dengan keberagaman harga yang akan terlihat.

Selain itu hati-hati ketika kamu menuliskan nama dalam biodata calon penumpang, karena semuanya harus tertulis dengan benar tak terkecuali dengan anak kecil dan bayi.

Nama yang kamu tulis harus sesuai dengan nama yang tertera dengan kartu identitas atau kartu keluarga, tanpa harus menuliskan gelar.

Bila nama penumpang dalam identitas berbeda dengan nama yang tertera pada tiket, maka kamu tidak bisa naik kedalam pesawat dan tertinggal di bandara. Jadi, lebih teliti dan hati-hati lagi dalam melengkapi formulir antara data pemesan dan data penumpang.

Tips Aman Beli Tiket Pesawat Online

Untuk memastikan apakah agen travel online tersebut terpercaya atau tidak, kamu bisa mencari review dari orang-orang yang sudah pernah membeli tiket pesawat di website tersebut.

Dari review tersebut kamu bisa mengambil keputusan apakah akan membeli di tempat tersebut atau pilih yang lain.

Jangan sampai tergiur gimmick harga murah! Lain lagi halnya jika website tersebut menawarkan berbagai promo untuk membuat tiket semakin murah, misalnya diskon tiket pesawat.

[Baca Juga: Mau Liburan Murah? WAJIB Cek Harga Paket Tour Singapore Ini!]

Agen travel online terpercaya biasanya memiliki banyak pilihan pembayaran untuk memudahkan kamu untuk membayar tiket. Mulai dari transfer ATM hingga pembayaran melalui kartu kredit.

Perhatikan bagian customer service yang siap membantu kamu jika ada kesulitan atau masalah saat proses booking.

Agen travel online terpercaya biasanya mencantumkan nomor telepon dan jam operasional yang jelas, bahkan juga disertai chat box yang memudahkan kamu bertanya mengenai proses pembelian tiket di web tersebut.

Liburan semakin dekat, jangan lupa catat dan alokasikan uang Anda agar tidak kelabakan setelah liburan selesai.

Anda bisa gunakan aplikasi Finansialku yang bisa membantu mencatat dan mengatur keuangan Anda.

Anda juga bisa menggunakan kalkulator keuangan untuk menghitung dana liburan yang Anda inginkan.

Jangan sampai dana mengganggu liburan Anda. Rencanakan dari sekarang, hati-hati dalam bepergian, dan selamat menikmati liburan!

Apa pendapat Anda terkait artikel di atas? Jika artikel ini bermanfaat ayo bagikan kepada teman-teman dan kerabat Anda. Semoga bermanfaat. Terima kasih.

Sumber Referensi:

    Muhammad Choirul Anwar. 2 Desember 2019. Awas! Beli Tiket Pesawat via Online Bisa Boncos Bila Tak Jeli. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/2Y7x399

    Admin. 13 Juli 2018. 5 Tips Aman Beli Tiket Pesawat Online. Pergi.com – https://bit.ly/34KCoWb

Sumber Gambar:

    Beli Tiket Pesawat Online 01 – http://bit.ly/2qYnFZq

    Beli Tiket Pesawat Online 02 – http://bit.ly/382eS98

    Beli Tiket Pesawat Online 03 – http://bit.ly/2DFEcEa

    Beli Tiket Pesawat Online 04 – http://bit.ly/2DB8DeL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!