Harta Karun Migas Ditemukan di Cepu Jawa Timur

Harta Karun Migas Ditemukan di Cepu Jawa Timur

tribunwarta.com – JAKARTA, Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) mengumumkan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) minyak dan gas (migas), PT Pertamina EP menemukan cadangan gas di wilayah Cepu, Jawa Timur. Cadangan tersebut ditemukan pada sumur eksplorasi Kolibri (KOL)-001

“Upaya Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) dan KKKS (Kontraktor Kontrak Kerja sama) untuk terus melakukan eksplorasi secara masif, agresif dan efisien untuk mengejar target 1 Juta barel minyak dan 12 BSCFD Gas tahun 2030, kembali membuahkan hasil positif,” kata Plt Kepala Divisi Program dan Komunikasi SKK Migas Mohammad Kemal, Senin (24/10/2022).

Dia mengungkapkan, Pertamina EP Regional 4 Zona 11 menemukan cadangan gas tersebut di selatan wilayah kerja Onshore Cepu, Jawa Timur. Pengeboran sumur eksplorasi memiliki objektif Utama di Batugamping Formasi Kujung.

SKK Migas dan Pertamina EP masih melakukan evaluasi dan tes untuk mengetahui nilai kandungan gas dari lokasi tersebut.

“Tim masih bekerja untuk memantau volume aliran gas dan pembersihan lokasi pemboran, temuan cadangan ini merupakan kolaborasi semua pihak untuk terus berkomitmen melakukan eksplorasi untuk meningkatkan produksi migas nasional,” ujarnya.

Adapun tajak Sumur Eksplorasi Kolibri (KOL)-001 dimulai sejak 3 Juli 2022 dan mencapai kedalaman 2592 FTMD pada 2 Oktober 2022, hingga menemukan indikasi hidrokarbon gas. Sejak Sabtu (22/10/2022), para pekerja divisi operasi Pertamina EP di bawah pengawasan SKK Migas masih melakukan pemantauan keseimbangan gas yang keluar dari sumur eksplorasi.

Sebelumnya, Pertamina Hulu Energi (PHE) mengumumkan hasil positif dari validasi sumber daya migas di wilayah kerja Pertamina, yakni PHE ONWJ, yang merupakan Regional 2 Bekasi, Jawa Barat. Berdasarkan hasil validasi Sumur GQX-1 maka sumber daya secara klaster GQ-GQS-GQX mencapai 106,8 juta BOE.

Temuan cadangan migas antara 100-500 juta BOE, masuk dalam kategori penemuan very large atau big fish. Angka tersebut setara dengan temuan lapangan migas Hidayah oleh Petronas, yang sekarang sudah memasuki POD.

Editor : Jujuk Ernawati

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *