Gunung Semeru Erupsi, Operasional Bandara Juanda dan Abdulrachman Saleh Masih Normal

Gunung Semeru Erupsi, Operasional Bandara Juanda dan Abdulrachman Saleh Masih Normal

tribunwarta.com – JAKARTA – Pada Minggu, 4 Desember 2022, pukul 02.46 dilaporkan telah terjadi erupsi yang disertai awan panas guguran (APG) mencapai 1.500 meter di atas puncak Gunung Semeru dan menyebabkan sejumlah gempa letusan selama periode 02.46 – 06.00 WIB

“Telah dikeluarkan peringatan ASHTAM No. VAWR3537 untuk wilayah yang terdampak erupsi Gunung Semeru yaitu Bandara Internasional Juanda, Surabaya dan Bandara Abdurahman Saleh, Malang,” jelas Sekretaris Perusahaan AirNav Indonesia Rosedi dalam keterangan tertulis, Minggu (4/12/2022).

Dia menambahkan, berdasarkan hasil koordinasi dan pemeriksaan sementara di lokasi tersebut, kondisi personel, bangunan, dan fasilitas navigasi penerbangan dalam kondisi aman, termasuk runway untuk aktifitas take-off/ landing pesawat.

“Hingga statement ini dikeluarkan (Minggu, 04/12 pukul 13.30 WIB), operasional penerbangan dan pelayanan navigasi penerbangan di Bandara Juanda dan Abdulrachman Saleh berjalan normal,” jelasnya.

Dia menekankan, personel cabang Surabaya dan Malang terus bersiaga untuk mengantisipasi adanya kemungkinan lain erupsi, terlebih, Jawa Timur merupakan salah satu wilayah yang cukup sering diguncang erupsi dan gempa letusan awan panas.

“AirNav Indonesia terus berkoordinasi dengan stakeholder penerbangan terkait update kondisi di lapangan,” pungkas Rosedi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *