Gudang amunisi di Krimea meledak, Rusia sebut ada sabotase

Gudang amunisi di Krimea meledak, Rusia sebut ada sabotase

Kremlin telah menuntut agar Kyiv mengakui Krimea sebagai bagian dari Rusia sebagai syarat untuk mengakhiri pertempuran, sementara Ukraina telah berjanji untuk mengusir pasukan Moskow dari semenanjung di Laut Hitam.

Video yang diposting di media sosial menunjukkan asap tebal membubung di atas api yang mengamuk di Mayskoye, dan serangkaian ledakan terdengar. Kementerian Pertahanan Rusia mengatakan pembangkit listrik, saluran listrik, rel kereta api dan gedung apartemen rusak.

“Kami keluar untuk melihat dan melihat kepulan asap yang berasal dari kandang sapi tempat gudang militer berada,” kata warga Maksim Moldovskiy. “Kami tinggal di sana sampai sekitar 7-8 pagi. Semuanya meledak. Pecahan, puing-puing jatuh menimpa kami. Kemudian petugas darurat datang dan mengatakan mereka mengevakuasi semua orang,” papar dia.

Pemimpin wilayah Krimea, Sergei Aksyonov, mengatakan dua orang terluka dan lebih dari 3.000 orang dievakuasi dari dua desa.

“Detonasinya agak kuat. Amunisi berserakan di tanah,” katanya, seraya menambahkan bahwa beberapa rumah terbakar.

Dalam apa yang mungkin merupakan pembalasan atas serangan di Krimea, pejabat Ukraina melaporkan, pesawat tempur Rusia menembakkan rudal ke lapangan terbang militer di Zhytomyr, 87 mil (140 kilometer) barat Kyiv, merusak landasan pacu dan kendaraan.

Krimea adalah tujuan musim panas yang populer bagi turis Rusia, dan ledakan minggu lalu di pangkalan udara Saki Krimea membuat orang-orang yang berjemur di pantai melarikan diri saat api dan pilar asap membubung di cakrawala.

Pejabat Ukraina pada Selasa memperingatkan bahwa Krimea tidak akan terhindar dari kerusakan akibat perang.

“Alih-alih tujuan perjalanan, Krimea yang diduduki oleh Rusia dipenuhi ledakan gudang dan risiko kematian yang tinggi bagi penjajah dan pencuri,” kata penasihat presiden Ukraina Mykhailo Podolyak di Twitter.

Rusia menyalahkan ledakan minggu lalu pada peledakan amunisi yang tidak disengaja. Tetapi foto satelit dan bukti lain- termasuk lokasi ledakan yang tersebar-menunjukkan serangan Ukraina, yang mungkin dilakukan dengan rudal antikapal.

Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan dalam pembaruan intelijen bahwa kapal-kapal di Armada Laut Hitam Rusia berada dalam “postur yang sangat defensif” di perairan lepas Krimea, dengan kapal-kapal nyaris tidak terlihat dari garis pantai. 

“Keefektifan terbatas armada Rusia merusak strategi invasi Rusia secara keseluruhan,” kata Inggris. “Ini berarti Ukraina dapat mengalihkan sumber daya untuk menekan pasukan darat Rusia di tempat lain.”

Menteri Pertahanan Rusia Sergei Shoigu menuduh bahwa selain memasok senjata ke Ukraina, sekutu Barat telah memberikan intelijen dan instruktur terperinci untuk membantu Ukraina mengoperasikan senjata yang dapat menghantam jauh di wilayah pendudukan.

“Badan intelijen Barat tidak hanya menyediakan koordinat target untuk meluncurkan serangan, tetapi spesialis Barat juga telah mengawasi input data tersebut ke dalam sistem senjata,” kata Shoigu.

Sumber : Associated Press


Artikel ini bersumber dari www.alinea.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *