Gini Lho Cara – Medcom.id

Gini Lho Cara – Medcom.id

Jakarta: Kompetisi wirausaha dilakukan berbagai pihak untuk menciptakan pengusaha-pengusaha kreatif. Beberapa pihak melakukan kompetisi ini untuk menciptakan banyak pengusaha yang mumpuni dalam mendorong ekonomi Indonesia.
 

Hal ini dilakukan Bank Mandiri yang menggelar ajang kompetisi wirausaha untuk mendorong lahirnya bibit-bibit unggul wirausaha muda kreatif, serta dapat berkontribusi aktif untuk menciptakan ekonomi Indonesia yang impresif.
 
Corporate Secretary Bank Mandiri Rudi As Aturridha mengatakan kompetisi wirausaha diharapkan mampu memantik semangat berwirausaha generasi muda Tanah Air untuk membangun negeri.
 
“Bank Mandiri turut bangga dapat terus konsisten mewadahi para Jawara Wirausaha Muda di Indonesia untuk berkembang dan naik level dari lokal ke nasional, nasional hingga ke global,” ujar dia, dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 27 September 2022.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rudi mengatakan seluruh peserta akan diuji oleh kegiatan yang dikemas dalam tayangan menghibur dalam format digital series. Nantinya, masyarakat pun dapat merasakan langsung dan belajar bersama melalui platform digital Youtube.

Pelaku usaha muda majukan ekonomi Indonesia

Event ini menjadi simbol kontribusi Bank Mandiri untuk dunia usaha dan pelaku usaha muda Indonesia. Harapannya, event ini dapat mengapresiasi pelaku usaha muda atas semangat dan inovasi yang telah mereka lakukan untuk kemajuan ekonomi Indonesia.
 
Seluruh peserta, lanjut dia, akan mendapatkan pengalaman dan pembelajaran baru mengenai cara mengelola dan memaksimalkan potensi bisnis. Sekaligus memperebutkan posisi pemenang dengan total hadiah mencapai Rp2 miliar.
 
“Tidak hanya sekadar kompetisi, peserta akan mendapatkan banyak ilmu baru. Sekaligus meningkatkan kapasitas dan kemampuan sebagai pebisnis yang tangguh mulai dari meningkatkan kemampuan branding, komunikasi, hingga strategi marketing lainnya,” lanjut Rudi.
 
Inovasi penyelenggaraan Wirausaha Muda Mandiri (WMM) 2022 dengan membuka kategori santripreneur. Hal ini dilakukan untuk  mendorong kapasitas para santri di seluruh Indonesia agar memiliki semangat kewirausahaan dan diharapkan dapat menjadi bagian dari motor perekonomian nasional di masa mendatang.
 
Di era digital saat ini, paradigma pekerjaan yang didambakan oleh kaum milenial dan generasi Z semakin berkembang ke arah entrepreneurship atau wirausaha bisnis. Terlebih era digital juga membuka banyak peluang serta fasilitas yang bisa mewadahi kaum muda untuk mengembangkan bisnisnya agar lebih dikenal luas dan meraih sukses.
 
Berdasarkan penelitian Asia Pacific Young Entrepreneurs Survey 2021 menunjukkan, 72 persen generasi Z dan milenial di Asia Pasifik ingin menjadi pengusaha. Survei lainnya yang dilakukan perusahaan nutrisi global Herbalife Nutrition menunjukkan hampir sembilan dari 10 atau 87 persen responden percaya usia terbaik memulai bisnis adalah di bawah 40 tahun. Rata-rata usia terbaik yakni 27 tahun.

Cara terbaik menemukan peluang usaha

Banyak cara dilakukan untuk menemukan peluang usaha. Selain memahami kebutuhan pasar, calon pengusaha juga harus memiliki pengetahuan tentang bisnis yang akan dijalankan. Semua bisa dipelajari, mulai dari mengikuti seminar kewirausahaan, hingga mengikuti media sosial influencer pebisnis.
 

Pemilik brand USS Networks & Kick Avenue, Jeffry Jouw mengatakan peluang anak-anak muda Indonesia untuk meraih sukses sebagai entrepreneur sangat besar. Dengan populasi penduduk yang besar dan didominasi oleh generasi muda, maka peluang bisnis masih sangat terbuka lebar sepanjang mau mengembangkan diri dan mengasah kemampuan.
 
“Potensi generasi muda kita sebagai wirausaha sangat tinggi, karena masih banyak sekali kesempatan. Ekosistem kita pun sangat mendukung untuk berwirausaha. Maka perlu kita dorong supaya anak-anak muda bisa membaca peluang dan mengembangkan diri, yaitu dengan bekerja sama dan berkolaborasi,” tutur Jeffry Jouw yang lebih dikenal sebagai Jejouw.
 

(SAW)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *