G20 SOE Conference: Professor Harvard Jelaskan Peran BRI sebagai Bank yang Kuat di UMKM

G20 SOE Conference: Professor Harvard Jelaskan Peran BRI sebagai Bank yang Kuat di UMKM

tribunwarta.com – BALI, UMKM merupakan tulang punggung perekonomian Indonesia sehingga perlu terus dioptimalisasi oleh berbagai pihak, termasuk perusahaan BUMN. Optimalisasi UMKM dan transformasi BUMN sebagai agent of development menjadi sorotan dalam talk show “Securing Strong and Sustainable Growth Through MSME Segment” pada acara Trade Investment & Industry Working Group (TIIWG) Road to G20: SOE International Conference di Bali, Selasa, 18 Oktober 2022 lalu.

Talk show tersebut menghadirkan pakar kebijakan publik dari Harvard Kennedy School, Prof Jay K Rosengard serta Division Head of Small and Medium Business Development BRI Arie Sus Miyanti sebagai pembicara.

Jay mengatakan, BUMN merupakan salah satu lokomotif perekonomian Indonesia. Terutama di segmen UMKM, Jay menyoroti peran PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk sebagai pemain utama yang mampu memberdayakan UMKM Indonesia.

Tidak tanggung-tanggung, Jay menyebut tidak ada satu pun perusahaan perbankan di dunia yang mampu menandingi kinerja BRI dalam hal pemberdayaan UMKM, khususnya di segmen mikro.

“BRI dengan jaringannya di Indonesia merupakan bank yang paling unggul di sektor mikro. Berbagai lembaga lain di dunia pernah mencoba untuk memfokuskan di sektor tersebut, namun tidak ada yang sesukses BRI,” katanya.

Peran BRI yang menjangkau nasabah hingga kepada segmen mikro dan ultra mikro, dinilai Jay menjadi salah satu kunci utama meningkatkan inklusi keuangan.

“Apabila inklusi keuangan tidak tercapai, maka pertumbuhan ekonomi tidak akan diikuti oleh peningkatan kesejahteraan masyarakat,” tuturnya.

Lebih lanjut, Jay melihat BRI mampu terus mengembangkan pertumbuhan bisnis secara berkelanjutan. Hal ini tercermin dari inisiatif Holding Ultra Mikro yang menjadi wujud komitmen BRI untuk go smaller, go faster, dan go shorter.

Editor : Anindita Trinoviana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *