Founder and Money: Kisah Inspiratif Angelina Donna (MoneySmart.id)

Founder and Money: Kisah Inspiratif Angelina Donna (MoneySmart.id)

tribunwarta.com – Pernah tahu moneysmart.id? Suksesnya portal edukasi finansial ini tak lepas dari kisah inspiratif Angelina Donna, sang Editor in Chief.

Yuk, simak kisahnya berikut ini!

Rubrik Finansialku

Menapaki Langkah Karir Angelina Donna

Sebelum kariernya membawa pada MoneySmart.id sebagai Editor in Chief, sosok Angelina Donna ternyata sudah cukup dikenal sebagai seorang jurnalis atau wartawan senior yang berkiprah sejak tahun 2000.

Suka dan duka menjadi wartawan, telah dilaluinya. Berbagai rubrik berita pun pernah beliau jajaki, mulai dari politik, hukum, ekonomi, hingga food and travel.

Berawal dari Wartawan Online

Kecintaan Angelina Donna pada dunia menulis, menjadi jalan pembuka untuknya berkarier sebagai wartawan. Tahun 2000, Angelina bekerja di Kompas.com sebagai reporter.

[Baca Juga: Kisah Inspiratif PT Djarum & Michael Bambang Hartono]

Tantangan yang dihadapi saat itu, dimana beliau bekerja di perusahaan media online yang terbilang baru, beliau memanfaatkan telepon genggam jadul alias jaman dulu, untuk melakukan report.

“Selama delapan tahun saya bekerja untuk kompas.com, mulai dari menulis transkrip dengan narasumber, melakukan translate, sampai melaporkan ke bagian kantor berdasarkan transkrip tersebut.”

Tak pernah terpikirkan sebelumnya, jika Angelina Donna akan menjalani karir sebagai wartawan. Karena kecintaannya pada dunia menulis, sebetulnya ingin direalisasikan oleh Angelina sebagai penulis novel dan buku, bukan wartawan.

“Tapi saat itu ada teman saya yang memberikan tawaran untuk menjadi wartawan, awalnya saya berpikir profesi wartawan itu cukup complicated karena harus berurusan dengan narasumber, dan sebagainya. Tapi setelah menerima tawaran tersebut dan menjalaninya, saya pun jatuh cinta dengan profesi ini.”

Mengembangkan Skill di Dunia Jurnalistik

Selama 8 tahun berkarier dari Kompas.com, Angelina mendapat tawaran untuk mengembangkan skill-nya dengan studi lanjut S2 di Australia Bidang Master of Journalism.

Lepas masa studi, tahun 2010 Angelina kembali ke Indonesia dan bergabung dengan beritasatu.com selama kurang lebih 1,5 tahun.

[Baca Juga: Kisah Sukses Angkie Yudistia, Sang Penyandang Difabel]

Beliau pun sempat menjadi redaktur pelaksana di Majalah Maritim selama 1 tahun sebelum akhirnya ditantang untuk membuat media online baru di tahun 2014 yaitu suara.com.

Selama 4 tahun, Angelina berkesempatan untuk menjadi bagian dari Suara.com, membangun dari awal dan ikut mengembangkannya. Sampai akhirnya, langkah Angelina membawa ke MoneySmart.id dan kini menjabat sebagai Editor in Chief.

Membangun Portal Edukasi Agar ‘Melek’ Keuangan

Angelina Donna pun menceritakan perjalanan MoneySmart.id, tempatnya berkarier saat ini.

Anda dapat menggali informasinya melalui Channel Youtube Finansialku dalam program #FounderandMoney ‘Kisah Inspiratif dari Seorang Angelina Donna’ di bawah ini.

Melalui program Founder & Money Finansialku, Angelina menceritakan bahwa MoneySmart.id mulanya hanya ada di Indonesia. Seiring dengan perkembangannya, sejak tiga tahun lalu bentuknya menjadi situs komparasi.

Berdasarkan tim Business Analysis MoneySmart.id, dalam perjalanannya di negara-negara berkembang seperti Indonesia ternyata masih kurang pemahaman akan pentingnya literasi keuangan.

Berbeda dengan negara maju, misalnya Singapura dan Hongkong, karena itulah MoneySmart.id pun hadir di dua negara tersebut.

Seiring dengan perkembangannya, MoneySmart.id pun memutuskan untuk menarik blog-nya menjadi media sendiri yang menyajikan konten-konten menarik, mengedukasi, dan menginspirasi para pembaca agar mampu mengambil keputusan finansial dengan lebih baik.

“Kami ingin memberikan awareness dan edukasi kepada masyarakat Indonesia khususnya kalangan milenial untuk lebih melek keuangan,”.

Kenapa Target Utamanya Milenial?

Umumnya, mereka yang peduli akan keuangan adalah orang-orang yang biasanya sudah berpenghasilan. Entah mereka yang bekerja, sudah berumah tangga, atau pun berwirausaha.

Namun dalam hal ini, MoneySmart.id membidik kalangan milenial untuk menikmati sajian konten seputar keuangan karena menekankan pada sisi edukasi dimana kalangan milenial harus melek keuangan.

Berdasarkan penelitian maupun berita di berbagai media, milenial dikenal sebagai generasi yang kurang bijak dalam mengelola keuangan. Ibaratnya, milenial akan sulit membeli rumah.

Bagi Angelina, hal itu tidak sepenuhnya benar karena semuanya kembali lagi pada cara mengatur dan mengelola keuangan mereka. Itulah misi yang dibawa oleh MoneySmart.id.

Apakah artikel ini bermanfaat untuk Anda?

Jika Anda memerlukan konsultasi mengenai perencanaan keuangan, pribadi, keluarga, maupun bisnis, Anda dapat menghubungi Konsultan Perencana Keuangan Finansialku yang siap membantu Anda.

Jangan lupa bagikan kisah inspiratif ini pada rekan-rekan Anda agar kisahnya semakin menginspirasi banyak orang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!