Driver Ojek Online Mau Beli Motor Baru? Begini Cara Cepat Memilikinya

Driver Ojek Online Mau Beli Motor Baru? Begini Cara Cepat Memilikinya

tribunwarta.com – Ada beberapa kondisi khusus yang memaksa untuk bisa segera membeli motor baru. Tapi bagaimana agar bisa cepat memiliki motor baru?

Memiliki motor memang sangat membantu dalam banyak hal. Mulai dari mobilitas, bisnis, hingga bisa menjadi sumber pendapatan. Simak artikel berikut selengkapnya.

Rubrik Finansialku

Sumber Penghasilan dari Motor

Sebagai kendaraan yang ramping, motor menjadi salah satu kendaraan yang banyak digemari. Ukurannya yang kecil membuat motor menjadi kendaraan yang dinamis.

Apalagi di kota-kota besar yang rawan macet. Dibandingkan mobil, motor lebih mampu menembus kemacetan dan menghemat waktu perjalanan.

[Baca Juga: Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Sopir Ojek Online?]

Di samping itu, harga motor yang relatif lebih murah dibandingkan dengan mobil juga menjadikan kendaraan ini tinggi peminat. Motor dapat dimiliki oleh siapa saja dari semua kalangan.

Maraknya ojek online juga membuat pemilik motor bisa mendapatkan penghasilan tambahan hanya dengan bermodal motor, waktu, dan tenaga.

Motor bukan lagi sekedar kendaraan harian untuk membantu mobilitas saja, tapi juga mulai beralih sebagai sumber penghasilan.

Cara Membeli Motor Baru

Membeli motor baru memang bukan suatu hal yang salah. Apalagi jika motor tersebut akan Anda gunakan untuk sesuatu yang produktif. Seperti pekerjaan atau bisnis yang Anda jalankan.

Akan tetapi, tanpa persiapan finansial yang matang, banyak orang yang bukannya terbantu dengan membeli motor, malah kerepotan dengan biaya yang harus dibayarkan.

Banyak juga yang pada akhirnya mengalami kredit macet dan motor yang sudah dibeli malah disita kembali.

Nah, karena itu, sebelum memutuskan untuk membeli motor, ada beberapa langkah membeli motor baru yang bisa Anda lakukan dulu.

#1 Tentukan Spesifikasi Motor

Sebelum memutuskan sesuatu, penting untuk membuat suatu rencana lebih dulu. Termasuk dalam membeli motor. Tentukan spesifikasi motor yang Anda butuhkan dan sesuai dengan kondisi Anda.

Dengan membuat rencana dan menentukan spesifikasi motor yang ingin Anda beli, maka Anda akan lebih mudah mengetahui apa saja yang perlu Anda lakukan dan berapa besar usaha yang akan Anda butuhkan.

Pastikan juga kalau motor yang Anda pilih sudah sesuai dengan kemampuan finansial Anda.

Ada beberapa pertanyaan yang bisa Anda jadikan acuan untuk menentukan motor seperti apa yang perlu Anda beli. Sebelum pergi ke dealer, ada baiknya Anda mengetahui jawaban dari pertanyaan berikut ini lebih dulu:

    Merek, jenis, dan warna motor apa yang Anda inginkan?

    Apakah Anda membutuhkan kendaraan yang baru atau second?

    Berapa lama waktu yang Anda perlu untuk mencapai target tersebut? Pastikan Anda sudah memiliki waktu spesifiknya.

Jawaban dari pertanyaan tersebut harus pasti dan tidak sekedar bayangan kasar saja. Semakin jelas jawaban Anda, maka semakin mudah bagi Anda untuk mendapatkannya dan Anda juga akan lebih semangat untuk mengejarnya.

#2 Ingin Bayar Tunai atau Kredit?

Setelah menentukan motor seperti apa yang ingin Anda beli, selanjutnya Anda perlu menentukan bagaimana cara pembayaran yang ingin Anda lakukan. Apakah Anda ingin membayar secara tunai atau dengan sistem kredit?

Sistem pembayaran ini bisa Anda lakukan sesuai keadaan Anda saat ini dan seberapa penting motor tersebut bagi Anda.

Jika menurut Anda belum terlalu penting, Anda bisa mengumpulkan dananya lebih dulu, dan kemudian membeli secara tunai setelah uang yang Anda miliki sudah sepenuhnya terkumpul.

Namun, jika motor tersebut dibutuhkan saat ini juga dan uang Anda belum mencukupi, pembayaran secara kredit bisa menjadi solusi.

[Baca Juga: Apa yang Harus Dipertimbangkan Sebelum Ambil Kredit Motor untuk Ojek Online?]

Akan tetapi, dengan membayar secara kredit, Anda akan memiliki beban kredit dan suku bunga yang harus Anda bayarkan setiap bulannya hingga kredit motor Anda lunas seluruhnya.

Selain itu, Anda juga memiliki resiko kredit macet suatu waktu dan bisa jadi motor Anda akan disita oleh dealer.

Karena itu, sebelum membeli motor, pastikan kalau lembaga perkreditan yang Anda pilih adalah lembaga perkreditan yang aman dan terjamin. Dan jangan lupa untuk mengumpulkan informasi sebanyak-banyaknya.

Jangan mudah tergoda dengan DP nol persen yang ditawarkan, tapi ternyata memberikan suku bunga tinggi dan Anda malah menjadi rugi.

#3 Menggunakan Aplikasi Finansialku

Membeli kendaraan tentu tidak bisa disamakan dengan membeli makanan atau gorengan. Anda perlu memikirkan dengan baik dan melakukan perencanaan lebih dulu sebelum memutuskan membeli sebuah motor baru.

Nah, untuk itu, Anda bisa memanfaatkan fitur Perencana Keuangan yang ada di Aplikasi Finansialku.

Fitur ini akan membantu Anda mendapatkan gambaran jelas mengenai besaran dana yang harus Anda kumpulkan setiap bulan untuk bisa membeli motor baru.

Anda dapat dengan mudah download Aplikasi Finansialku melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store.

Berikut ini adalah langkah-langkah menggunakan fitur Perencana Keuangan di Aplikasi Finansialku:

    Buka aplikasi Finansialku dan pilih menu “Rencana Keuangan”.

    Klik tanda tambah dan pilih “Dana Membeli Barang”.

    Isi kolom nama barang yang akan Anda beli.

    Isi kolom harga barang saat ini.

    Isi kolom berapa bulan lagi Anda akan membeli barang tersebut.

    Isi kolom dana atau uang yang sudah Anda miliki.

    Isi data persentase inflasi atau kenaikan harga barang setiap tahunnya.

    Isi data estimasi hasil investasi yang akan Anda dapatkan setiap tahunnya.

Setelah seluruh data terisi, maka Anda akan mendapatkan kisaran dana yang harus Anda alokasikan setiap bulan.

Misalnya, Anda ingin membeli motor baru dengan harga saat ini sebesar Rp15.000.000, dan Anda ingin membeli motor ini kira-kira dua tahun atau 24 bulan.

Saat ini Anda telah memiliki uang sebesar Rp5.000.000, kenaikan harga motor adalah sebesar 10 persen per tahun dan hasil investasi yang mungkin Anda dapatkan sebesar 12 persen.

Dari hasil hitung Dana Membeli Barang, Anda akan mendapatkan estimasi dana yang harus Anda investasikan setiap bulan adalah sebesar Rp440.000. Cukup mudah bukan?

#4 Lakukan Tindakan Nyata

Sekedar ingin saja tidak akan cukup untuk bisa membeli motor baru. Setelah mendapatkan jumlah dana yang harus Anda tabung, selanjutnya Anda harus berusaha untuk merealisasikan rencana Anda dengan melakukan beberapa hal.

    Mencari Dukungan Keluarga

Mencari Dukungan Keluarga

Membeli suatu barang yang mahal tentu saja membutuhkan dukungan dari keluarga. Karena itu, sampaikan hal tersebut dan mintalah dukungan pada mereka.

Khususnya jika Anda sudah berkeluarga. Jika belum, Anda bisa meminta dukungan pada rekan atau kerabat dekat Anda.

    Berhemat

Berhemat

Langkah berikutnya adalah melakukan penghematan agar Anda bisa menabung sesuai target dan bisa segera memiliki motor baru Anda.

    Kurangi atau Selesaikan Hutang Lainnya

Kurangi atau Selesaikan Hutang Lainnya

Sebelum membeli motor baru, pastikan hutang-hutang Anda sebelumnya sudah lunas. Ini akan membantu Anda mengurangi beban hutang yang harus dilunasi.

    Menabung dan Berinvestasi

Menabung dan Berinvestasi

Sudah sewajarnya Anda menyisihkan uang untuk menabung dan investasi agar motor baru Anda bisa cepat terbeli.

    Cari Penghasilan Tambahan

Cari Penghasilan Tambahan

Selain menabung dan investasi, Anda juga bisa mencari pekerjaan tambahan agar pemasukan Anda semakin besar dan dapat membantu Anda membeli motor baru lebih cepat.

Beli Motor Baru untuk Ojek Online? Putuskan dengan Bijak

Setelah mengetahui cara yang bisa Anda lakukan untuk membeli motor, tentunya Anda harus memikirkan kembali setiap hal tersebut sebelum mengambil keputusan. Pikirkan kembali keuntungan dan kerugian yang akan Anda hadapi.

Jangan sampai Anda salah mengambil tindakan yang tidak sesuai dengan kebutuhan dan kondisi keuangan Anda sehingga diakhiri oleh penyesalan.

Jika Anda ingin merencanakan keuangan Anda dengan lebih matang dan terarah, Anda dapat membaca ebook di bawah ini secara gratis. Semoga sukses.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membeli motor baru dengan cepat. Jika Anda memiliki pengalaman atau pertanyaan mengenai cara membeli motor baru dengan cepat, Anda dapat menuliskannya di kolom komentar.

Ayo bagikan artikel ini kepada teman atau kerabat Anda. Semoga bermanfaat, terima kasih.

Sumber Gambar:

    Motor Baru – https://goo.gl/34ZXA3

    Pengendara Motor – https://goo.gl/3HApQD

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *