Ditanya Tentang Keadaan Perekonomian Indonesia Rezim Jokowi, Ichsanuddin Noorsy: Ini yang Terburuk…

Ditanya Tentang Keadaan Perekonomian Indonesia Rezim Jokowi, Ichsanuddin Noorsy: Ini yang Terburuk…

tribunwarta.com – Ekonom sekaligus pengamat politik Ichsanuddin Noorsy membeberkan keadaan ekonomi Indonesia ditengah kepemimpinan rezim Presiden Joko Widodo (Jokowi).

“Kita ambil dulu indikator kerentanan eksternalitas karena eksternalitas itu diukur dari beberapa hutang dibanding PDB, lalu diukur lagi berapa cadangan devisa, lalu diukur lagi bagaimana defisit transaksi berjalan,” kata dia saat ditanya Refly Harun dalam channel youtubenya yang dikutip Senin (19/12/22).

“Itu ukuran kerentanan eksternal, angkanya termasuk di dalamnya nilai tukar. Sekarang ini periode paling buruk dari cadangan devisa, periode paling buruk selama masa Joko Widodo,” kata dia.

“Karena menurun ya dari 144 miliar sekian menjadi 130,8 menurun 14 miliar ya dan itu Dollar,” ungkapnya.

Jadi ia bilang, ini soal kerentanan eksternalitas cara pandang adalah ketika kita berjarak cadangan devisa itu berarti kemampuan membayar hutang dan kemampuan melunasi pembayaran.

“Pembayaran impor 130,8 miliar itu sama dengan kemampuan bayar hutang 5 bulan kedepan plus import juga 50 dan kedepan itu menurun. Sebelumnya bisa 6 bulan,” katanya.

“Jadi kalau tidak ada hal-hal lain kita cuma tahan 5 bulan, itu ukurannya jadi bukan bandingkan dengan Kemampuan memenuhi kewajiban-kewajiban. Makanya karena eksternalitas karena menyangkut soal kemampuan membayar kewajiban-kewajiban keluarga,” tambahnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *