Dilantik Mendikbudristek Nadiem Makarim, Cak Hasan Resmi Pimpin Unesa untuk Periode 2022-2026

Dilantik Mendikbudristek Nadiem Makarim, Cak Hasan Resmi Pimpin Unesa untuk Periode 2022-2026

SURYA.CO.ID, SURABAYA – Prof Dr Nurhasan M Kes resmi kembali memimpin Universitas Negeri Surabaya (Unesa) selama empat tahun ke depan, atau selama periode 2022-2026.

Bersama sejumlah pejabat lingkungan Kemendikbudristek lainnya, Cak Hasan, sapaan akrab Prof Dr Nurhasan, ditetapkan dan dilantik langsung oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim di Jakarta, Kamis (30/6/2022).

Pada kesempatan itu, Nadiem Makarim mengingatkan kepada seluruh pejabat yang baru dilantik, bahwa sumpah yang baru saja diucapkan mengandung tanggung jawab besar.

“Tanggung jawab terhadap bangsa dan negara Republik Indonesia, memelihara Pancasila dan UUD 1945 serta kecerdasan dan kesejahteraan rakyat,” ujarnya.

“Saya yakin, bapak dan ibu memiliki semangat yang tinggi untuk menjadi garda depan program Merdeka Belajar dan Kampus Merdeka (MBKM),” imbuhnya.

Saat ini, Kemendikbudristek sudah merilis 21 episode Merdeka Belajar yang menyentuh semua jenjang pendidikan.

Transformasi sistem pendidikan untuk mengakselerasi kualitas pembelajaran adalah tujuan besar dari kebijakan Merdeka Belajar.

Semua upaya yang dilakukan harus didasarkan pada upaya pemenuhan kebutuhan peserta didik akan pendidikan yang bermutu dan relevan.

Pemerataan akses pendidikan untuk anak di seluruh penjuru Indonesia adalah kunci keberhasilan Merdeka Belajar.

“Kepada Rektor Unesa dan rektor kampus lainnya, dapat terus melanjutkan iklim pendidikan tinggi yang memacu kreativitas dan inovasi dengan mengimplementasikan program MBKM di kampus yang bapak dan ibu pimpin,” harapnya.

Pascapelantikan, Cak Hasan menyampaikan terima kasih kepada Kemendikbudristek dan civitas akademika Unesa, karena sudah kembali memberikan amanah untuk memimpin Unesa ke depan.

Baginya menjalankan amanah menjadi seorang rektor adalah hal yang tidak mudah. Namun, dengan dukungan semua pihak, ia optimis Unesa dapat meningkatkan mutu di tingkat nasional, bahkan internasional.

“Ke depan tentu capaian-capaian selama ini akan terus ditingkatkan baik level nasional, maupun dunia. Ini sesuai dengan visi yang saya sampaikan beberapa waktu lalu, yaitu mewujudkan PTNBH UNESA yang tangguh, adaptif dan bereputasi internasional,” ucapnya.

Beberapa program dan pembangunan serta target lain ke depan, kata Cak Hasan akan terus diraih dan dicapai. Ia bertekad untuk meningkatkan ranking Unesa baik si skala nasional, maupun internasional.

“Semua misi saya ada dalam 22 program kerja, mulai dari kurikulum berbasis KKNI dan OBE untuk semua prodi, peningkatan kualitas layanan akademik, vokasi dan profesi, peningkatan kerja sama baik dalam dan luar negeri hingga peningkatan budaya akademik dan pengembangan SDM melalui studi lanjut serta pelatihan,” tutupnya.


Artikel ini bersumber dari surabaya.tribunnews.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *