Dibantai Malaysia, Peluang Timnas U-17 Lolos ke Piala Asia Menciut

Dibantai Malaysia, Peluang Timnas U-17 Lolos ke Piala Asia Menciut

Bogor: Timnas Indonesia gagal memanfaatkan peluang untuk lolos otomatis ke Piala Asia U-17 2023. Itu terjadi setelah mereka kalah dengan skor 1-5 dari Malaysia pada laga pamungkas fase kualifikasi Grup B di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Minggu 9 Oktober.
 
Indonesia sejatinya hanya butuh hasil seri untuk melaju ke Piala Asia U-17 2023 ketika melawan Malaysia dan mereka pun sudah tampil menekan sejak awal laga. Namun, Malaysia malah membuat kejutan dengan tampil lebih efektif untuk menciptakan lima gol pada babak pertama.
 
Seperti dilansir Antara, tendangan striker timnas Indonesia Arkhan Kaka sempat membentur tiang gawang lawan ketika laga baru bergulir dua menit. Lalu berselang lima menit kemudian, terdapat tendangan Muhammad Kafiatur Rizky yang ditepis kiper Malaysia Muhammad Farish Farhan.





Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sayangnya, perlawanan Indonesia malah kendur setelah itu dan Malaysia langsung memanfaatkan dengan baik berbagai peluang yang didapat. Salah satunya dengan mencetak gol pertama melalui Muhammad Zainurhakimi Zain yang mengandalkan serangan sayap pada menit ke-18.
 
Makin percaya diri bisa mencetak gol, Malaysia pun hanya butuh waktu sekitar enam menit untuk menggandakan keunggulan melalui Muhammad Arami Wafiy. Setelah itu, mereka unggul 4-0 lewat gol tambahan yang dicetak Muhammad Anjasmirza (menit ke-24) dan Muhammad Afiq Danish (menit ke-27)
 
Tertinggal empat gol, membuat performa para pemain Indonesia makin menurun. Bahkan, bek tengah sekaligus kapten tim Sulthan Zaky Pramana terpaksa melanggar Muhammad Anjasmirza di kotak terlarang yang berhadiah tendangan penalti untuk Malaysia.
 
Muhammad Arami Wafiy menjadi eksekutor tendangan penalti tersebut dan sukses menjalankan tugas dengan baik untuk mencetak gol tambahan pada menit ke-39. Dengan begitu, Malaysia unggul dengan skor 5-0 pada babak pertama.
 
Seusai jeda, Indonesia nyaris tak memiliki peluang berbahaya karena Malaysia memilih tampil bertahan. Akan tetapi, Arkhan Kaka berhasil memperkecil ketertinggalan menjadi 1-5 setelah menyambar bola tendangan Jehan Pahlevi yang dimuntahkan kiper lawan pada menit 90+3. 
 
Dengan hasil ini, Malaysia artinya telah menggeser Indonesia dari puncak klasemen akhir Grup B dan berhak lolos otomatis ke Piala Asia U-17 pada tahun depan. Sementara itu, peluang Indonesia untuk lolos ke Piala Asia lewat jalur enam runner-up terbaik semakin kecil.
 
Berdasarkan klasemen sementara para runner-up yang terdiri atas 10 tim, Indonesia berada di urutan ketujuh dengan koleksi 3 poin dan selisih gol -3. Itu terjadi karena hasil laga melawan tim peringkat empat dan kelima fase grup tidak dihitung dalam menentukan peringkat dua terbaik. 
 
Susunan Pemain
 
Indonesia: Rizdjar Nurviat (Irvansyah Afanda 72′), Figo Dennis (Narendra Tegar 72′), Arkhan Kaka, Kafiatur Rizky (Jehan Pahlevi 86′), Nabil Asyura, Riski Afrisal, Zaky Pramana, Aprian Crespo (Andre Pangestu 31′), Zidan Rosyid (Hanif Ramadhan 31′), Abdillah Yafi, Fathir Rachman. 
 
Malaysia: Farish, Aiman, Danish, Adib (Aqim 86′), Danish D, Afiq D (Aisy 86′), Wafiy (Adam 61′), A. Danish (Ammar 72′), Iskandar, Anjasmirza, Zainurhakimi (Afiq 72′). 

 

(KAH)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *