Di Hari Statistik Nasional, BPS Kota Kediri Dorong Penanaman Cabai di Pekarangan Rumah

Di Hari Statistik Nasional, BPS Kota Kediri Dorong Penanaman Cabai di Pekarangan Rumah

SURYA.CO.ID, KOTA KEDIRI – Tidak ada kaitannya antara Hari Statistik Nasional (HSN) tanggal 26 September 2022 dengan tanaman cabai. Tetapi Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Kediri memperingati HSN dengan penaman cabai karena tanaman pedas itu menjadi komoditas mahal yang kadang menjadi penentu inflasi di Kota Kediri.

BPS mengandeng Kelompok Wanita Tani (KWT) Bangun Sejahtera Kelurahan Burengan, Senin (26/9/2022), juga dalam rangka menyongsong kegiatan Sensus Pertanian di Indonesia pada 2023. Menandai peringatan, dilakukan penanaman 1.000 bibit cabai sumbangan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kota Kediri di Kampung Agribisnis.

Menurut Lilik Wibawati, Kepala BPS Kota Kediri, kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan mengikuti arahan Menko Kemaritiman dan Investasi agar memanfaatkan lahan pekarangan untuk menanam tanaman pertanian.

“Karena fenomena kenaikan harga cabai saat ini salah satunya disebabkan minimnya pasokan. Sehingga tidak bisa mencukupi kebutuhan semua masyarakat,” kata Lilik.

Pada kegiatan yang bertajuk Statistik Berkualitas, Bangsa Sejahtera, Lilik mengajak masyarakat untuk menumbuhkan gerakan menanam tanaman pertanian di pekarangan rumah. Diharapkan melalui Sensus Pertanian, data yang tersaji dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan petani.

Untuk mendukung kesuksesan programnya, pihaknya terus meningkatkan kolaborasi dengan Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP), Dinas Kominfo, serta TPID Kota Kediri.

Sementara Moh Ridwan, Kepala DKPP Kota Kediri sangat mendukung Sensus Pertanian yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia tahun 2023 mendatang. Diharapkan hasil sensus menjadi bahan evaluasi Pemkot Kediri sebagai acuan penyelenggaraan kegiatan maupun penyusunan kebijakan di masa mendatang.

“Pada kegiatan ini penyuluh lapangan berperan mengedukasi anggota KWT tentang bagaimana cara melakukan kegiatan pertanian yang baik, agar nanti hasil panennya memuaskan,” terang Ridwan.

Selain itu bibit tanaman cabai yang ditanam petugas diharapkan bermanfaat bagi KWT Bangun Sejahtera di Kelurahan Burengan.

Untuk mengoptimalkan kegiatan Sensus Pertanian dan menciptakan gerakan menanam tanaman hortikultura di pekarangan rumah, Dinas Kominfo ikut menumbuhkan kesadaran di kalangan masyarakat melalui sajian berita dan informasi yang diproduksi.


Artikel ini bersumber dari surabaya.tribunnews.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *