Definisi Harbolnas Adalah

tribunwarta.com – Harbolnas adalah singkatan dari Hari Belanja Online Nasional. Promo ini pertama kali diadakan pada tahun 2012.

Menjelang akhir tahun, ada begitu banyak promo menarik yang menggiurkan.

Sejarah Singkat Harbolnas Adalah

Beberapa e-commerce besar menginisiasi lahirnya event tahunan 12.12 yang didukung oleh 3 Kementerian Tanah Air. Tujuannya tentu untuk memperkenalkan tren belanja online ke masyarakat.

Pada saat itu, belanja online masih dianggap sebelah mata. Kebiasaan berbelanja offline sulit diubah, sehingga pemerintah turut turun tangan.

Salah satu cara untuk meningkatkan kebiasaan belanja online adalah dengan menciptakan tanda pagar atau tagar. Adapun tagar yang mewakili Harbolnas adalah #1212Sale.

Tips Berburu Diskon Besar-Besaran

Seiring berjalannya waktu, jumlah e-commerce yang ikut serta dalam promo 12.12 pun kian bertambah. Para seller lokal pun berlomba-lomba memberikan diskon besar-besaran.

Nah, ada tips menarik supaya Anda tak terlalu boros saat berburu diskon 12.12.

#1 Membuat Daftar Belanjaan Sebelum Harbolnas

Jangan lupa, buat sebuah daftar belanjaan yang ingin dibeli.

Dengan begini, Anda tak akan membeli barang-barang yang tak terlalu dibutuhkan. Supaya lebih hemat, pertimbangkan plus dan minus dari barang tersebut. Jadi, tak bakal ada istilah kalap berbelanja selama momen 12.12 berlangsung.

[Baca Juga: Waspada 7 Penyebab Keuangan Berantakan Ini, Sebelum Terlambat!]

Anda bisa menggunakan Aplikasi Finansialku dalam membuat anggaran, coba cek video berikut ini:

#2 Memantau Diskon Flash Sale Harbolnas

Promo 12.12 seyogyanya tak hanya berlangsung 1 hari saja. Beberapa e-commerce telah memulai masa promo dari awal bulan. Anda bisa memanfaatkan momen tersebut untuk memantau harga barang yang diinginkan.

Biar tak melewatkan penawaran spesial setiap harinya, Anda bisa subscribe e-commerce yang diinginkan.

Cek penawaran harga yang diberikan, supaya mendapat diskon yang sesuai. Jangan lewatkan spesial harga untuk barang-barang tertentu di tengah malam!

#3 Mengecek Testimoni

Biasakan untuk mengecek testimoni dan rating dari seller. Di platform e-commerce tersedia kolom rating dan ulasan di masing-masing produk.

Anda bisa mengecek testimoni yang masuk untuk mengetahui keaslian produk dan pelayanan. Bila dirasa tak begitu bagus, sebaiknya cari seller lain dengan rating yang cukup tinggi. Meskipun rating bersifat subjektif, setidaknya ada sedikit gambaran yang bisa membantu Anda.

[Baca Juga: Mau Liburan Bersama Keluarga? Ini Cara Mendapatkan Promo Tiket Akhir Tahun]

#4 Memilih Pembayaran yang Gampang

Berbagai metode pembayaran tersedia untuk melayani semua pelanggan. Selain pembayaran melalui transfer, ada pula pembayaran tunai dan kredit.

Sayangnya, tak semua seller melayani pembayaran via kartu kredit ataupun kredit pihak ketiga.

Kalau Anda ingin memanfaatkan layanan tersebut, cari seller yang menyediakannya.

Jadi, ada baiknya memang mengecek beberapa seller dari jauh-jauh hari. Supaya tidak bingung pula dalam memilih metode pembayaran saat berbelanja.

#5 Utamakan Promo Harbolnas untuk Pengiriman Gratis

Di samping diskon barang yang gila-gilaan, promo 12.12 juga kerap memberikan gratis ongkir. Buat Anda yang berada di daerah lain, tak perlu khawatir dengan ongkos kirim yang tinggi.

E-commerce memberikan subsidi ongkos kirim yang bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin. Walaupun ada syarat dan ketentuan yang berlaku, ini tentu menghemat pengeluaran saat promo 12.12.

Menariknya, beberapa seller melayani pengiriman melalui Grabsend dan Gosend yang mempersingkat waktu pengiriman.

[Baca Juga: Ketahui Dulu Sejarah Hari Belanja Online Nasional (Harbolnas)]

#6 Tunggu Barang Sampai

Mengingat antusiasme masyarakat yang sangat tinggi dalam menyambut promo 12.12, Anda harus sedikit bersabar. Pasalnya, moda ekspedisi kerap mengalami overload hingga akhir tahun.

Siap-siap saja barang yang dibeli bakal tiba dalam waktu lama. Ada tips menarik untuk mengisi waktu tunggu yang panjang, yakni berburu diskonan lain.

Setelah promo 12.12, Anda bakal disambut diskon akhir tahun yang tak kalah seru.

Yuk, Persiapkan Harbolnas dengan Belanja Bijak

Sudahkah Anda mempersiapkan budget berbelanja di momen spesial 12.12? Atau sudah membuat daftar belanjaan yang bakal dibeli di tanggal cantik tersebut?

Persiapkan uang dengan Aplikasi Finansialku serta waktu khusus untuk menyambut promo 12.12, agar Anda tak kelabakan. Nantikan dan temukan diskon terbesar yang Anda tunggu dari awal tahun.

Jika ada banyak tips yang menarik untuk dipraktikkan menjelang Harbolnas, maka bagikan pula trik belanja bijak di atas pada teman-teman sesama shopaholic, terima kasih.

Sumber Referensi:

    Admin. 10 Desember 2018. Harbolnas: Pengertian dan Sejarah. Dewaweb.com – https://bit.ly/2LNMmyD

    Admin. 8 Desember 2017. Apa Itu Harbolnas? Detik.com – https://bit.ly/2siOPKD

Sumber Gambar:

    Harbolnas Adalah – https://bit.ly/2LLhrmP

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!