Daftar Mobil Listrik Terbaik Di Dunia, Ada Karya Anak Bangsa Lho!

Daftar Mobil Listrik Terbaik Di Dunia, Ada Karya Anak Bangsa Lho!

tribunwarta.com – Dalam beberapa dekade ke depan, mobil listrik akan menjadi konsumsi publik, termasuk Indonesia.

Industri ini memang semakin berkembang dan para insan Tanah Air ikut berkiprah dalam mengembangkan teknologi kendaraan listrik dan membanggakan nama Indonesia melalui karya mereka.

Simak daftar mobil listrik terbaik di dunia yang di antaranya adalah produksi dalam negeri, karya Anak Bangsa sendiri! Selamat membaca!

Rubrik Finansialku

Mobil Listrik Terbaik Di Dunia

Seperti halnya pasar global, industri otomotif Tanah Air juga sedang bersiap-siap atas kehadiran kendaraan listrik yang akan disambut oleh masyarakat sebagai kendaraan pribadi maupun transportasi umum.

Setelah Presiden Joko Widodo menandatangani Peraturan Presiden (Perpres) terkait mobil listrik, lini industri kendaraan listrik di Indonesia semakin antusias untuk berlomba memenangkan pasar.

Tak hanya industri luar negeri bahkan Anak bangsa juga berlomba untuk membuat kendaraan listrik terbaik. Prestasi yang membanggakan bukan?

Tak diragukan lagi, ini dia daftar mobil listrik terbaik di dunia.

[Baca Juga: Strategi Paling Ampuh untuk Para Pebisnis Menang Persaingan dari Sun Tzu Art of War, Filsuf Tiongkok]

Mobil Listrik #1 Tucuxi

Mobil ini telah diproduksi pada tahun 2012 karya Danet Surayatama dengan desain tampilan yang unik – dari tampak depan terlihat seperti bentuk wajah lumba-lumba.

Ini dia salah satu kendaraan listrik karya anak bangsa yang diakui dunia dengan kualitas mesin yang cukup tangguh dan daya pacu tenaga mencapai 268 horsepower.

Dengan kualitas ini, tentu mobil ini dapat bersaing dan disandingkan tenaganya dengan mobil konvensional berkapasitas 3000 cc.

Hasil karya anak bangsa ini konon dihargai sekitar Rp1,5 miliar.

Mobil Listrik #2 Gendhis

Masih dengan karya anak bangsa yang membanggakan, Dasep Ahmadi di tahun 2013 – Gendhis, sebuah mobil listrik yang masuk ke dalam jenis mobil MPV dengan desain tampilan yang terlihat seperti mobil MPV premium Toyota Alphard.

Mobil yang satu ini tidak bisa dianggap enteng karena mengusung teknologi canggih seperti pintu dengan konsep sliding door dan bahan bakar biodiesel yang ramah lingkungan digunakan untuk menggerakkan mobil canggih ini.

[Baca Juga: Mau Jadi Orang Sukses? 13 Cara Ini Membuat Anda Mengalami Peningkatan Hidup]

Mobil Listrik #3 Selo

Ricky Nelson, demikianlah nama pembuat mobil listrik Selo setelah ia menghabiskan waktunya selama 14 tahun di negeri Sakura Jepang untuk menimba ilmu dan berpengalaman dengan belasan teknologi motor penggerak listrik.

Kembali ke Tanah Air, Ricky Nelson mengembangkan ilmu yang ia dapatkan dan berhasil menciptakan Selo.

Mobil ini mengusung tenaga maksimal hingga 182 horsepower dan waktu yang cukup singkat untuk pengisian daya baterai untuk menempuh jarak tempuh 250 km, yakni hanya 4 jam saja.

Mobil Listrik #4 Evina

Tidak hanya Gendhis yang diciptakannya, Dasep Ahmadi juga melakukan inovasi dengan mobil listrik lainnya yang ia beri nama Evina yang merupakan singkatan dari Electric Vehicle Indonesia dengan konsep city car 5 pintu, di antaranya 4 pintu samping kanan kiri dan satu pintu di bagian belakang untuk bagian bagasi.

Dengan daya kekuatan motor listrik sebesar 20kWh dan baterai lithium-ion berkapasitas 21 kWh asal Amerika Serikat, mobil Evina dapat melesat dengan kekuatan 50 horsepower untuk jarak tempuh hingga 135 km untuk satu kali pengisian baterai.

[Baca Juga: 16 Cara Berpikir Positif Saat Menghadapi Tantangan yang Perlu Kita Praktikkan]

#5 Hevina

Tak mau kalah dengan yang lainnya, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) juga berhasil membuat sebuah kendaraan bertenaga listrik dengan daya maksimal 62 horsepower dan torsi maksimal 156 nm yang diberi nama Hevina.

Untuk top speed dari mobil listrik Hevina ini bisa mencapai 140 km/jam.

Sayangnya, meski sudah dipublikasikan sejak tahun 2013 silam, namun karena satu dan lain hal, mobil listrik Hevina ini belum dapat diproduksi secara massal dan digunakan oleh masyarakat umum.

#6 Si Elang

Seperti namanya, mobil listrik hasil pengembangan dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) ini jika dilihat dari tampak depan menyerupai seekor elang.

Mobil listrik ramah lingkungan hasil karya dari beberapa mahasiswa Fakultas Teknik Universitas Tidar ini mengusung daya tahan baterai yang mampu bertahan hingga 3 ham dengan kecepatan 40 km/jam dan daya listrik berkapasitas 350 watt.

Untuk terus mendapatkan hasil dan performa yang semakin baik, mereka masih mengembangkan ualtias dari Si Elang ini.

[Baca Juga: Buktikan! 7 Tips Mengajukan KPR Supaya Pengajuan Anda Segera Diterima Bank]

#7 Chevrolet Volt

Selain dari dalam negeri yang juga berkompetisi untuk menjadi yang terbaik dalam industri mobil listrik, dari luar negeri sudah tak asing lagi dengan Chevrolet Volt yang menjadi salah satu yang terbaik pabrikan asal Detroit, Amerika, yang diperlengkapi dengan spesifikasi yang keren, seperti penggunaan tenaga listrik dan mesin Hyvbrid yang tentunya memberikan kualitas yang membuat orang terperangah.

Dengan desain keren, elegan dan minimalis, mobil Chevrolet Volt ini bisa dibawa pulang dengan harga bekisar Rp660 juta.

#8 Tesla Roadster

Tesla Roadster merupakan salah satu kompetitor dalam pengembangan industri mobil yang tidak bisa dianggap enteng.

Dengan mesin listrik berdaya maksimal sebesar 53 kWh, Tesla Roadster mampu melesat jauh hingga jarak 393 km dengan daya baterai yang terisi penuh.

Menurut informasi, dengan harga Rp1,1 miliar, mobil Tesla Roadster ini telah terjual sekitar 2000 unit hanya dalam waktu 3 tahun sejak awal ia dipublikasikan kepada khalayak di tahun 2008.

[Baca Juga: Apakah Edukasi Keuangan di Tempat Kerja Dapat Meningkatkan Employee Engagement?]

#9 Fisker Karma

Fisker Karma, demikianlah sebutannya mobil listrik asal Finlandia – Fisker Automotive dan Valmet Automotive yang didesain dengan tampilan yang elegan dan minimalis.

Dapur pacunya menggunakan konsep mesin hybrid plug-in di mana bahan bakar dari mobil ini merupakan perpaduan dari 2 unsur, yaitu listrik dan juga bahan bakar minyak.

Untuk urusan harga, bagi Anda yang ingin membawa pulang mobil ini bisa merogoh kocek sebesar Rp1,5 miliar Rupiah, sebuah harga yang sebanding dengan mobil sport Mercedes Benz-AMG C 43 Estate.

#10 Ford Focus Electric

Perusahaan mobil asal Amerika – Ford, terus mengembangkan mobil listriknya yang diberi nama Ford Focus Electric dan termasuk dalam jajaran produk mobil listrik terbaik dengan kualitas dan kuantitas yang ciamik melalui teknologi yang diusung dan mampu menyabet penghargaan “Green Vision Car Award” pada tahun 2011.

Ford Focus Electric ini mampu menempuh jarak 115 km dengan kekuatan motornya sebesar 107 kWh (143 horsepower).

Setiap detailnya seperti pada interiornya, mobil ini dirancang dengan bahan yang berkualitas tinggi.

Ford Focus elektrik memiliki penampilan yang sama kerennya dengan mobil bertenaga bensin. Para kritikus mobil hampir secara bulat menilai Mobil listrik Ford Focus Electric sebagai salah satu mobil kecil paling halus yang pernah ada.

[Baca Juga: Kata-Kata Bijak Merry Riana Mimpi Sejuta Dollar yang Menginspirasi Anak Muda]

Fitur standar sudah termasuk di dalamnya, seperti lampu depan Xenon dan lampu belakang LED, kontrol iklim otomatis dua zona, kursi depan berpemanas, kamera pandangan belakang, tombol start, dan sistem alarm perimeter.

Standar lainnya yang tak kalah menarik adalah sistem stereo Sony sembilan speaker, radio HD satelit, navigasi, dan sistem infotainment MyFord Touch, yang memungkinkan Anda menghubungkan smartphone Anda melalui USB atau Bluetooth dan mengendalikannya menggunakan perintah suara, serta menambahkan konektivitas WiFi.

Untuk membawa pulang mobil ramah lingkungan ini, Anda dapat membayarnya hanya dengan harga kisaran Rp442 juta.

Kumpulkan Dana Beli Mobil dari Sekarang

Nah setelah mengetahui mobil listrik terbaik di dunia, kini saatnya Anda mempersiapkan dana membeli kendaraan.

Anda harus mempersiapkannya dari sekarang agar bisa menyesuaikan mobil apa yang akan Anda beli.

Ingat ya, jangan sampai rencana Anda untuk membeli mobil malah mengganggu pengelolaan keuangan Anda sehari-hari.

Beruntungnya, Finansialku siap membantu Anda untuk menyelesaikan masalah ini. Anda bisa menggunakan Aplikasi Finansialku melalui fitur Dana Membeli Barang.

Untuk langkahnya, Anda bisa menonton video satu ini:

Anda hanya tanggal memasukkan data sesuai dengan yang Anda inginkan. Bagaimana? Mudah bukan?

Segera download aplikasinya melalui Google Play Store atau lakukan registrasi melalui PC.

Dapatkan potongan harga berlangganan hingga Rp50.000 dengan kode promo: POTONG50RIBU untuk menjadi member Premium agar Anda bisa berkonsultasi tanpa batas dengan Konsultan Keuangan Bersertifikat dari Finansialku.

Tunggu apalagi? Yuk lakukan sekarang juga!

Kira-kira mobil apa yang Anda pilih? Apa alasannya? Berikan tanggapan dan komentarmu pada kolom yang tersedia di bawah ini! Terima kasih!

Sumber Referensi:

    Admin. Fisker Update. Fiskerinc.com – https://bit.ly/2CXdUxL

    Admin. Fisker Karma. Autoblog.com – https://bit.ly/2lGlo1X

    Admin. Ford Focus Electric Review. Plugincars.com – https://bit.ly/2lZLJbd

    Admin. 15 Mobil Listrik Terbaik dan Termurah di Dunia. com – https://bit.ly/2kBWT5N

    Arief Aszhari. 4 September 2019. 4 Keuntungan Mobil Listrik Berkembang Pesat di Indonesia. Liputan6.com – https://bit.ly/2lFStuV

    Dian Tami Kosasih. 6 September 2019. Dua Cara Pengolahan Limbah Baterai Kendaraan Listrik. Liputan6.com – https://bit.ly/2m7Ma3t

    Iwan Supriyantna. 5 September 2019. Era Mobil Listrik, 5 Peluang Bisnis Ini Diprediksi Bakal Bermunculan. Suara.com – https://bit.ly/2k26YIO

Sumber Gambar:

    Kendaraan Listrik 1 – http://bit.ly/2lxWWzV

    Kendaraan Listrik 2 – http://bit.ly/2n4VPs7

    Mobil Gendhis – http://bit.ly/2lBNLyD

    Mobil Evina – http://bit.ly/2lDW0Ky

    Mobil Si Elang – http://bit.ly/2lvcJPY

    Mobil Tesla Roadster – http://bit.ly/2mhxVt4

    Mobil Ford Focus Electric – http://bit.ly/2nNxfMH

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!