Daftar Harga Kucing Persia Terbaru dan Cara Perawatannya

Daftar Harga Kucing Persia Terbaru dan Cara Perawatannya

tribunwarta.com – Mau pelihara Kucing Persia tapi masih bingung bagaimana cara merawatnya?

Ternyata merawatnya tidak boleh sembarangan loh, yuk cari tahu bagaimana cara merawat kucing agar tetap sehat. Jangan lupa cek juga bonus daftar harga kucing Persia.

Rubrik Finansialku

Mau Pelihara Kucing Persia? Kenali Dulu Calon Peliharaanmu!

Belum lama ini, ketika sedang berkunjung ke rumah sanak keluarga, seorang keponakan merengek pada orang tuanya untuk mengadopsi seekor kucing Persia.

Sang orang tua terus menolak dengan berkata, “Nggak boleh! Memelihara kucing Persia itu nggak gampang, tau!”

Perkataan tersebut kemudian menimbulkan pertanyaan ‘apa sih yang spesial dari kucing itu?’

Punya pertanyaan yang sama? Yuk, cari tahu!

[Baca Juga: 15 Bisnis Sampingan untuk Pensiunan yang Boleh Dipertimbangkan]

Ternyata, kucing Persia adalah ras kucing domestik berbulu panjang dengan karakter wajah bulat dan moncong yang pendek. Namanya mengacu pada Persia, nama lama Iran, dimana kucing dengan bentuk serupa ditemukan.

Kucing tersebut pada umumnya memiliki bentuk tubuh yang gemuk, besar, dan tambun.

Selain itu, yang menjadi khas juga dalam kucing ini adalah bentuk hidungnya yang pesek, wajahnya terlihat bulat, dan memiliki bulu yang panjang.

Jika diamati dari samping, dahi, hidung, dan dagu terlihat sangat datar. Kucing ini juga memiliki sifat yang manja. Tapi, banyak yang bilang memelihara kucing itu tidak semudah yang dibayangkan.

Kucing yang satu ini memang butuh perawatan khusus. Hmm, mungkin ini sebabnya mengapa keponakan saya tidak diizinkan mengadopsi kucing tersebut.

Memang seperti apa sih cara merawat kucing ini? Buat kamu yang juga hendak memelihara kucing ini, jangan lewatkan ulasannya berikut ini:

Cara Merawat Kucing Persia supaya Tetap Sehat

Kucing merupakan salah satu hewan yang paling sering di jadikan hewan peliharaan di rumah.

Sifatnya yang penurut dan tenang menjadi sebuah nilai lebih atau ketertarikan tersendiri bagi seseorang yang memelihara kucing.

[Baca Juga: Mau Bisnis Waralaba? Kenali Dahulu Struktur Jaringan Waralaba Agar Anda Sukses Berbisnis Waralaba]

Tapi lain hal dengan perawatannya, dimana memelihara kucing memang tergolong cukup sulit. Tidak cukup hanya memberikan makanan dan minuman, kamu juga harus memperhatikan nilai gizi dan kebersihan luar dalam dari si kucing.

Begitu juga halnya dengan kucing Persia, kamu harus pintar-pintar merawatnya agar tetap tumbuh sehat. Bagaimana cara merawatnya? Kamu bisa mengikuti beberapa tips cara merawat kucing berikut ini:

#1 Jaga Kebersihan Bulunya

Tips pertama dalam merawat kucing adalah dengan mempertahankan bulunya. Kucing ini memiliki bulu yang panjang dan cantik, karena itu sangatlah penting untuk menjaga kebersihannya.

Dengan demikian, disarankan untuk menghindari menggunakan bahan kandang yang dapat menempel pada kaki atau bulu kucing.

Pelet kayu dapat menjadi pilihan terbaik untuk alas kandang kucing, karena bahan ini tidak menggumpal atau pun menempel pada kucing.

Selain itu, biasakan untuk menyikat bulu kucing ini sejak usia dini agar si kucing dapat lebih menyesuaikan diri dan terbiasa dengan aktivitas ini.

Jika tidak, dikhawatirkan kucing tidak menyukai saat kamu menyikat bulunya. Akibatnya, kamu akan mengalami kesulitan dalam merawat kucing satu ini.

Untuk menyikat bulunya, disarankan agar kamu menggunakan sikat bulu berbahan logam dengan ujung meruncing. Sikat ini merupakan jenis sikat terbaik.

Gigi sikat yang tidak terlalu rapat akan membantu merapikan bulu yang kusut dengan lembut, sehingga tidak mengganggu kucing atau membuatnya kesakitan.

#2 Gunakan Mangkuk Makan yang Sesuai

Kucing yang satu ini memiliki karakteristik tubuh yang gemuk, besar, dan tambun. Selain itu, yang menjadi ciri khas kucing ini adalah bentuk hidungnya yang pesek dan wajahnya yang datar.

Dengan karakteristik tersebut, kamu harus pandai memilih mangkuk tempat makan yang sesuai bagi si kucing. Mangkuk makan yang lebih rendah adalah pilihan terbaik untuk memudahkan kucingmu menyantap makanannya.

[Baca Juga: Bagaimana Mendorong Pemasaran Online Pada Bisnis Waralaba (Franchise) Anda?]

Selain itu, pilihlah mangkuk makan yang datar dengan pinggiran sangat rendah, atau tanpa pinggiran sama sekali.

Tips lain dalam merawat kucing ini adalah hindarilah pemakaian bahan plastik untuk mangkuk makan karena dapat menjadi tempat tumbuh bakteri.

#3 Jaga Kebersihan Hidung dan Matanya

Hidung si kucing yang lebih pesek memiliki potensi tersumbat karena kotoran lebih mudah masuk daripada kucing pada umumnya.

Hal ini dapat menyebabkan kucing sulit bernafas serta memicu infeksi saluran pernafasan.

[Baca Juga: Temukan Cara Hebat untuk Menjadi Entrepreneur Kreatif dalam Mencapai Kesuksesan]

Dengan demikian, selalu jaga kebersihan hidung kucing dari waktu ke waktu. Cara merawat kebersihan hidung kucing ini dapat kamu lakukan dengan membersihkan hidung kucing secara teratur.

Kamu dapat menggunakan cotton bud yang telah dibasahi dengan air hangat untuk membersihkan hidungnya. Lakukan secara perlahan agar tidak menyakiti si kucing.

Selain hidungnya, penting juga untuk menjaga kebersihan mata kucing ini.

Caranya adalah dengan membersihkan mata sang kucing setidaknya sehari sekali secara teratur.

Mata kucing dapat memproduksi air mata yang berlebihan. Oleh sebab itu, air mata yang tidak dibersihkan dapat merusak bulu pada wajah dan dapat menimbulkan iritasi.

Bersihkan mata si kucing dengan kain atau tisu, dengan cara menyeka air mata pada mata kucing. Lagi-lagi, lakukan dengan perlahan agar tidak menyakiti binatang peliharaanmu ini ya.

#4 Jaga Kebersihan Tubuhnya

Selain bulu, hidung dan matanya, tentu kucing ini juga perlu dijaga kebersihan tubuhnya. Jadi, cara merawat si kucing selanjutnya adalah dengan memandikan kucing secara teratur.

Tidak harus setiap hari, mandikanlah kucing ketika sudah mulai terlihat kotor, terutama bagi kucing yang berwarna dasar putih.

Mandikan juga apabila kamu melepas kucing bermain di taman bertanah, apalagi jika dia berguling-guling membuat badan dan bulunya semakin kotor.

Untuk memandikannya, kamu bisa memanfaatkan jasa pet shop yang biasanya menawarkan jasa pemandian dan perawatan lengkap.

[Baca Juga: Cara Menghasilkan Uang dari Sampah yang Bisa Jadi Bisnis Menguntungkan]

Namun kamu bisa juga dengan memandikannya sendiri dengan menggunakan air yang tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas.

Penggunaan shampo hingga cara memotong kuku kucing yang tepat juga harus diperhatikan agar kucing kembali cantik ketika sudah di mandikan.

Jarak waktu untuk memandikannya pun bisa 1 minggu sekali, 2 minggu sekali bahkan 1 bulan sekali tergantung kondisi kebersihan si kucing.

#5 Vaksinasi Secara Teratur

Berbeda halnya dengan kucing ada umumnya, kucing ini lebih rentan terhadap infeksi saluran pernafasan. Hal ini disebabkan kucing tidak memiliki lapisan filter ekstra pada hidung untuk menyaring bakteri.

Untuk menjaga si kucing dari infeksi saluran pernafasan, lakukan vaksinasi atau imunisasi di dokter hewan secara teratur. Vaksinasi ini akan meningkatkan daya tahan tubuh kucing terhadap flu kucing.

BONUS: Daftar Harga Kucing Persia

Nah, jika kamu sudah memahami cara merawat si kucing supaya tetap sehat dengan beberapa tips di atas, kini saatnya memutuskan untuk membeli kucing tersebut.

Sekilas info, ada 4 jenis kucing Persia yang umum ditemukan melansir dari kucing.info, yakni sebagai berikut:

#1 Kucing Persia Medium

Kucing pada umumnya memiliki hidung pesek, namun jenis kucing ini mempunyai hidung agak mancung. Sedangkan bulu kucing yang satu ini bermacam-macam, ada yang panjang dan juga pendek.

#2 Kucing Persia Himalaya

Jenis kucing yang satu ini merupakan perpaduan antara jenis kucing ras Persia dengan ras Siam. Yang membuat kucing ini unik adalah tampilan warna bulunya yang menonjol.

Bagian wajah, ekor, dan ujung keempat kakinya berwarna hitam, sedangkan bagian badannya berwarna putih.

#3 Kucing Persia Flatnose

Kucing ini, seperti namanya, kucing ini memiliki hidung yang pesek.

Bentuk badannya sedikit bulat yang membuatnya terlihat gemuk. Warna bulu si kucing flatnose hampir sama dengan jenis si kucing lainnya.

#4 Kucing Persia Peaknose

Kucing jenis ini sering diikutsertakan ke dalam kontes-kontes kucing karena kelucuannya. Untuk harganya sendiri kucing jenis ini merupakan kucing termahal di antara jenis kucing jenis Persia lainnya.

Selain perawatannya, kita juga harus tahu harga untuk mengadopsi kucing yang satu ini. Perlu diketahui, harga jenis kucing ini tidaklah murah. Jadi, jika tidak merencanakannya dari sekarang, #Uangdarimana?

Untungnya aplikasi Finansialku selalu siap membantumu mengatur keuangan, termasuk dengan fitur “dana untuk membeli barang”-nya yang bisa kamu manfaatkan.

Jadi, gunakan fitur ini untuk merencanakan dana mengadopsi kucing-mu ya. Belum punya aplikasinya? Segera download secara GRATIS di Google Play Store atau registrasi sekarang di PC-mu!

Sudah download aplikasinya? Sekarang, yuk cari tahu harga kucing jenis Persia incaranmu. Dengan begitu kamu bisa segera merencanakan dana dan mengadopsinya dalam beberapa bulan ke depan!

*Sumber: kucing.info

Kesimpulan

Jadi, manakah kucing Persia incaranmu? Manapun yang kamu sukai, jangan lupa untuk merawatnya dengan baik sehingga kucing Persia-mu dapat tumbuh dengan sehat.

Selamat memelihara kucing Persia!

Sekarang kamu tahu bagaimana merawat kucing Persia dan berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk mengadopsinya.

Jangan lupa bagikan artikel bermanfaat ini pada teman-temanmu, karena mungkin mereka sedang mencari artikel ini.

Jika ada pertanyaan, silakan tulis pada kolom komentar di bawah ini. Terima kasih!

Sumber Referensi:

    Admin. Kucing Persia. Id.wikipedia.org – http://bit.ly/2yFSWQS

    Afifah Cinthia Pasha. 15 Maret 2019. Cara Merawat Kucing Persia dengan Benar, Simak Langkah-Langkahnya. Liputan6.com -http://bit.ly/33iTdYf

    Cirana Merisa. 14 Juni 2018.Mengenal 4 Jenis Kucing Persia yang Paling Banyak Dipelihara di Rumah. Bobo.grid.id – http://bit.ly/2YOY2ov

    Baskoro. 23 Januari 2019. Kucing Persia. Kucing.info – http://bit.ly/2yH6zzj

Sumber Gambar:

    Kucing Persia 01 – http://bit.ly/2GQPaZB

    Kucing Persia 02 – http://bit.ly/2ZyLq6d

    Kucing Persia 03 – http://bit.ly/2YPQGB4

    Kucing Persia 04 – http://bit.ly/2OKvlJP

    Kucing Persia 05 – http://bit.ly/2M5eVcW

    Kucing Persia Medium – http://bit.ly/2YO8zR4

    Kucing Persia Himalaya – http://bit.ly/2MHL49H

    Kucing Persia Flatnose – http://bit.ly/2YQCEzo

    Kucing Persia Peaknose – http://bit.ly/2YzWQKI

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!