Contoh Kasus Perhitungan Dan Simulasi Kredit Mobil Baru

tribunwarta.com – Bagaimana cara menghitung rencana kredit mobil baru? Tentunya, hal ini cukup sulit dilakukan jika tidak memiliki gambaran tentang simulasi kredit kendaraan baru.

Supaya Anda bisa memperoleh gambaran yang nyata, kali ini Finansialku akan membahas contoh kasus perhitungan dan simulasi kredit mobil baru.

Mobil Baru, Kendaraan Penunjang di Era Industri 4.0

Era industri 4.0 telah merajalela bahkan telah menjadi pembahasan yang paling umum tentang sistem ekonomi negara kita yang sedang berkembang.

Keinginan masyarakat di era 4.0 ini juga didasari oleh kebutuhan sehari-hari, akibatnya banyak masyarakat yang terdorong untuk memiliki sebuah kendaraan beroda empat baik itu berupa mobil yang baru maupun mobil yang dalam kondisi bekas.

Dengan adanya beberapa masalah ini maka hadirlah berbagai perusahaan pembiayaan yang berbentuk leasing ataupun bank umum.

Mereka menawarkan simulasi kredit mobil untuk pembelian mobil baru maupun mobil bekas sebagai kemudahan untuk masyarakat yang menginginkan kendaraan beroda empat itu.

Kemudahan Prosedur Kredit Kendaraan Mobil

Meskipun kebutuhan terhadap mobil sangat tinggi, namun masyarakat Indonesia masih memiliki anggapan umum yang cenderung negatif soal kredit mobil.

Anggapan itu bisa pada pemrosesan yang membutuhkan waktu lama atau belum bisa membayangkan biaya per bulan yang harus dikeluarkan ditambah dengan bunga tiap bulan.

Secara spesifiknya masyarakat Indonesia belum memahami betul pasal mengenai bagaimana cara menghitung simulasi kredit untuk pembelian mobil baru.

[Baca Juga: Kredit Mobil Baru? Ini Dia Tips Memilih Asuransi Mobil Baru!]

Namun kebingungan masyarakat ini justru bertolak belakang dengan kemudahan dan keberagaman pilihan layanan kredit yang ditawarkan oleh pihak bank maupun lembaga pembiayaan.

Pihak bank atau leasing secara prosedural biasanya akan menjelaskan secara rinci mulai dari persyaratan, perjanjian hingga perhitungan kredit kepada calon nasabahnya.

Hal-Hal Penting Terkait Kredit Kendaraan Mobil Baru

Fungsi dari perhitungan simulasi kredit mobil ini supaya calon nasabah semakin memiliki gambaran pembayaran setiap bulannya dan dapat melakukan perencanaan.

Setelah itu tentukan mobil mana yang hendak menentukan mobil apa yang akan dibeli oleh para calon pembeli.

Untuk pembeli yang ingin transaksinya dilakukan secara kredit kemudian segera cari tahu perusahaan leasing mana yang akan Anda pilih untuk pembelian mobil Anda.

Hal Penting Terkait Kredit Kendaraan #1 Pastikan Memenuhi DP Semaksimal Mungkin

Biasanya perusahaan leasing menyiapkan banyak penawaran menarik untuk Anda, jadi Anda harus pandai dalam memilih produk itu dan juga berhati-hati pula dalam memilih perusahaan leasing mobil.

Pilihlah perusahaan leasing mobil yang memberikan harga dengan uang muka yang tidak terlalu tinggi, dengan bunga ringan, jangka waktu yang cukup fleksibel serta memiliki realitas harga yang cukup bersaing dengan kompetitornya.

Untuk Anda yang berniat melakukan kredit kendaraan mobil bekas, Anda bisa terlebih dulu mencari informasi terkait selengkapnya lewat ebook + podcast yang telah disediakan Finansialku di bawah ini, agar bisa menghindari risiko yang mungkin saja muncul selama prosesnya.

Hal Penting Terkait Kredit Kendaraan #2 Menyesuaikan Proyeksi Pembayaran dengan Kemampuan

Anda juga dapat mencari informasi terlebih dahulu mengenai segala sesuatu yang berkaitan dengan kredit mobil melalui internet atau bertanya secara langsung ke kantor perusahaan, bank atau kepada saudara atau teman yang berpengalaman dalam membeli mobil secara kredit.

[Baca Juga: Cara Mudah Mendapatkan Kredit Mobil Murah Dengan DP Ringan]

Kemudian waktunya dalam menyesuaikan kebutuhan dana untuk kredit mobil dan sesuaikan pula dengan kondisi keuangan yang Anda miliki sekarang.

Menyesuaikan kebutuhan dana akan sangat berguna untuk menentukan uang muka (down payment) pada saat pertama kali pembayaran serta jumlah angsuran tiap bulannya agar sesuai dengan kemampuan Anda.

Hal Penting Terkait Kredit Kendaraan #3 Menghitung Simulasi Kredit

Semakin banyak jumlah uang muka yang Anda bayarkan maka akan semakin besar pula peluang Anda untuk memilih besar cicilan dan juga tenor masa kredit. Tidak hanya itu, Anda juga dapat meminta diskon agar uang muka Anda menjadi ringan.

Untuk memberikan gambaran kepada Anda mengenai cara perhitungan simulasi kredit mobil, berikut merupakan contoh kasus pada simulasi kredit mobil. Sebelum menghitung simulasinya.

Contoh Simulasi

Hal Penting Terkait Kredit Kendaraan #4 Perhatikan Tarif Bunga Bank

Tarif bunga leasing atau bank yang akan Anda pilih untuk kepentingan kredit, biasanya pembiayaan akan menetapkan rate bunga kredit mobil berkisar antara 6% sampai 8% untuk kredit selama 1 tahun sampai 3 tahun.

Biasanya tenor atau jangka waktu yang bisa dipilih dari 1 tahun sampai 5 tahun. Tetapi perlu diingat lagi jika semakin lama jangka waktunya maka tarif bunga pun akan semakin tinggi pula.

#5 Ketahui Tarif Asuransi

Tarif Asuransi yang hendak dipilih untuk jangka waktu kredit 1 tahun sampai 3 tahun umumnya sebesar 7,5% sampai 9,5% yang perhitungannya kemudian dikalikan dengan harga kendaraan yang dikredit.

#6 Biaya Administrasi

Biaya Administrasi leasing/bank untuk kredit selama 1 tahun biasanya mencapai Rp350.000, untuk jangka waktu 2 tahun yang menjadi Rp450.000 dan terakhir jika diambil selama 3 tahun jangka waktunya membayarnya untuk ini sebesar Rp550.000.

Contoh Kasus Perhitungan Kredit Mobil

Anda akan membeli sebuah mobil baru dengan harga Rp300.000.000 dengan cara kredit selama 3 tahun melalui salah satu leasing.

Lalu, berapakah jumlah minimal uang muka (down payment) yang harus disiapkan dan berapa jumlah angsuran setiap bulan yang harus dibayarkan nantinya?

Cara menentukan berdasarkan uang yang Anda miliki dapat dengan menentukan besarnya DP, angsuran per bulan dan jumlah total yang harus dibayar pertama kali termasuk asuransinya:

    Tarif uang muka (down payment) biasanya jumlah minimalnya akan ditentukan oleh pihak leasing, misalkan 10% dari harga mobil. (DP= 10% x Harga Mobil Baru)

    Menghitung Pokok Kredit (PK)-nya yaitu dengan cara mengurangi harga mobil dengan jumlah uang muka yang akan dibayarkan. (PK = Harga Mobil Baru – DP)

    Menentukan jumlah bunga yang harus dibayar (JB) adalah dengan mengalikan Pokok Kredit (PK) tadi terhadap tarif bunga (tb)-nya, dimana tarif bunga tersebut terlebih dahulu dikalikan dengan jangka waktu (jw) kredit dalam tahun dibagi 100. (JB = PK x (tb x jw : 100))

Setelah mendapatkan jumlah bunga yang harus dibayar secara keseluruhan, kemudian untuk mendapatkan jumlah Angsuran Per Bulan (APB)-nya, caranya dengan menambahkan Pokok Kredit (PK) dan Jumlah Bunga (JB) kemudian dibagikan pada jangka waktu kredit (jw) yang dihitung dalam bulan. (APB = (PK + JB) : jw (bulan) )

Jawaban dari contoh soal diatas, akan menjadi seperti ini:

    DP= 10% x Harga Mobil Baru

    DP 10% x Rp300.000.000 = Rp30.000.000

    PK = Harga Mobil Baru – DP

    Pokok Kredit (PK) Rp300.000.000 – Rp30.000.000 = Rp270.000.000

JB = PK x (tb x jw : 100)

Jumlah Bunga yang harus dibayar Rp270.000.000 x (8×3) : 100 = Rp64.800.000.

APB = (PK + JB) : jw (bulan)

Angsuran Per Bulan (Rp270.000.000 + Rp64.800.000) : 36 bulan = Rp9.300.000

Biaya Asuransi 9,5% x Rp300.000.000 = Rp28.500.000

Biaya Administrasi = Rp550.000

Selain merencanakan anggaran untuk kredit mobil tentunya Anda harus bisa merencanakan keuangan Anda dengan baik, Anda bisa membaca ebook Perencanaan Keuangan untuk usia 30 an di bawah ini secara GRATIS.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Simulasi Kredit Mobil Baru

Dengan perhitungan diatas, maka total yang harus Anda siapkan untuk pembayaran pertama ialah:

Uang muka (DP) + Angsuran pada Bulan Pertama (APB) + Biaya Asuransi + Biaya Administrasi Leasing

Pembayaran pertama yang harus dibayar Rp30.000.000 + Rp9.300.000 + Rp28.500.000 + Rp550.000 = Rp68.350.000

Nah, seperti itulah contoh dan cara perhitungan simulasi kredit mobil baru yang semoga bisa menjadi gambaran sebelum melakukan pembelian mobil baru secara kredit.

Jika Anda merasa angsuran perbulannya masih terlalu besar, maka kembali seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Bahwa Anda dapat mengatur dengan menambah jumlah uang mukanya agar bisa berkurang jumlah angsuran perbulannya.

Tidak hanya itu saja, Anda juga dapat memilih leasing atau bank dan perusahaan asuransi yang menawarkan rate/bunga yang paling rendah, sehingga dana yang harus disediakan menjadi lebih kecil.

Anda dapat menggunakan bantuan Aplikasi Finansialku untuk merencanakan dan mengelola keuangan Anda salah satunya dalam hal kredit mobil. Aplikasi Finansialku dapat dengan mudah Anda download melalui link di bawah ini atau melalui Google Play Store.

Setelah membaca artikel di atas, tentu membeli mobil dengan cara kredit bukanlah menjadi hal yang sulit bukan?

Agar lebih banyak orang bisa membeli mobil dengan perencanaan yang matang, maka jangan lupa bagikan tips penting ini pada teman dan keluarga Anda, terima kasih.

Sumber Gambar:

    Kredit Mobil – https://goo.gl/U7ERhL

    Simulasi Kredit Mobil – https://goo.gl/images/FTxDyU

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *