Coba Cek HP, Tanda WA Lagi Dibajak Bisa Terlihat Jelas

Coba Cek HP, Tanda WA Lagi Dibajak Bisa Terlihat Jelas

Jakarta: WhatsApp adalah salah satu aplikasi perpesanan paling populer di sekitar. Apa yang membuatnya begitu terkenal adalah bahwa itu adalah aplikasi seluler pertama yang menawarkan pengiriman pesan gratis. Bahkan telah membayangi kepopuleran SMS, karena pengguna tidak perlu khawatir tentang jumlah karakter lagi.

Berbicara mengenai pembajakan aplikasi yang ada dalam ponsel, salah satunya adalah akun WhatsApp. Ya, para pengguna aplikasi ini harus ekstra hati-hati terhadap kejahatan yang lumayan sudah memakan korban ini. 

Pasalnya bila pelaku kejahatan bisa bisa mengakses ke dalam akun kamu, WhatsApp khususnya, mereka akan berpura-pura menjadi pemilik asli akun tersebut, lalu menjalankan aksinya. Misal, meminta atau meminjam uang kepada nomor kontak yang ada di WhatsApp tersebut. Bahaya, kan?

Salah satu indikator utama bahwa akun WhatsApp disusupi adalah melihat kontak yang bukan milik kamu. WhatsApp sangat intuitif sehingga akan menambahkan kontak saat kamu masuk ke perangkat baru. 

Jika membuka WhatsApp dan melihat pesan yang mencurigakan, kemungkinan seseorang menggunakan akun kamu. Melansir dari Alphr, berikut tanda-tanda ponsel kamu dibajak.

 

1. OTP

Umumnya One time password (OTP) dikirimkan melalui SMS saat pengguna akan masuk ke akun WhatsApp. Jika ada SMS berisi kode enam digit tersebut, ada pihak lain yang mencoba mengakses akun di perangkat lain. Ingat, abaikan pesan itu dan jangan memberikan kode OTP ke siapa pun.
 

2. Keluar dari WhatsApp web

Ciri lainnya adalah tiba-tiba saja keluar dari WhatsApp dan artinya ada yang mencoba mengakses akun. Untuk melihat perangkat mana yang masuk ke platform tersebut, tekan ikon tiga titik di bagian kanan atas aplikasi. Pilih mode WhatsApp web dan akan terlihat perangkat mana yang menggunakannya.
 

3. Pesan sudah terbaca

Bila kamu tidak pernah atau belum membaca pesan yang dikirim seseorang tapi ada pesan yang sudah terbaca, kemungkinan akun WhatsApp sudah dibajak atau disadap.
 

4. Pesan terkirim sendiri

Hati-hati bila ada pesan yang dikirimkan sendiri, padahal kamu tidak pernah mengirimkannya



(Dengan mengaktifkan Two Step Verification, akun WhatsApp bakal mendapat semacam sistem pengaman tambahan. Foto: Ilustrasi/Pexels.com)

 

Tips agar WhatsApp tidak diretas

Selain memberi tahu teman dan keluarga tentang peretasan dan tetap masuk ke WhatsApp saat menerima kode aktivasi, sebaiknya nonaktifkan WhatsApp web. Ada opsi berlabel keluar dari semua komputer yang harus digunakan. Fitur ini juga memiliki daftar perangkat tempat kamu terakhir menggunakan akun sehingga dapat melihat apakah kamu tidak mengenalinya. 

Satu-satunya masalah dengan metode ini adalah metode ini didasarkan pada server yang terhubung dengan ponselmu. Terlepas dari itu, detail lokasi dapat menjadi tanda pasti dari pengguna yang tidak sah di akunmu, terutama ketika memverifikasi di mana kamu masuk berdasarkan apa yang dikirim perangkat dalam bentuk informasi. 

Pengunci aplikasi adalah pertimbangan tambahan, membantu mengunci aplikasi apa pun di ponsel kamu. Dengan cara ini, peretas harus membuka kunci ponsel sebelum menyerang lebih lanjut. Ada juga loker yang khusus ditujukan untuk WhatsApp. Terakhir, coba aktifkan verifikasi dua langkah di “Pengaturan Akun” untuk lapisan perlindungan tambahan.

 

Ini dia cara mengaktifkan fitur two-step verification:

1. Masuk ke aplikasi WhatsApp
2. Klik ikon tiga titik yang ada di pojok kanan atas
3. Klik menu Settings
4. Lalu pilih pengaturan Account
5. Klik Two-step verification. WhatsApp akan meminta mengaktifkan fitur dengan memasukkan PIN. Klik enable untuk mengaktifkan fitur
6. Buat PIN dengan memasukkan enam digit angka
7. Lalu, masukkan alamat email yang terhubung dengan akun, dengan tujuan bila  suatu saat ingin mengganti PIN

Dengan begitu, pelaku kejahatan akan kesulitan masuk ke akun kamu karena tidak mengetahui PIN fitur tersebut.

(TIN)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *