CEK FAKTA: Presiden Jokowi Didemo saat di Jerman? Simak Fakta Sebenarnya

Merdeka.com – Beredar unggahan di media sosial Twitter, sebuah tautan berita yang memberitakan adanya demo besar di Jerman. Unggahan tersebut disertai narasi yang menyatakan bahwa demo tersebut ditujukan untuk Presiden Joko Widodo (Jokowi).

JOKOWI DILUAR NEGERIPUN DI DEMO,” narasi dalam unggahan tersebut.

cek fakta presiden jokowi didemo saat di jerman simak fakta sebenarnya

Turnbackhoax

Penelusuran

Dilansir dari laporan hoaks Turnbackhoax, demo tersebut bukan ditujukan untuk Presiden Jokowi. Demo tersebut dilakukan sebagai upaya untuk menuntut para pemimpin negara anggota G7 agar berkomitmen dalam mengatasi krisis dunia.

Krisis dunia yang dimaksud adalah invasi Rusia ke Ukraina, perubahan iklim, serta krisis energi dan makanan. Adapun ketujuh negara anggota G7 adalah Amerika Serikat, Britania Raya, Kanada, Prancis, Jerman, Italia, dan Jepang.

Sementara itu, dilansir dari Tribunnews.com, demo terjadi jelang dimulainya KTT G7 di Elmau, Jerman Minggu (26/6/2022).

Kantor berita Jerman DPA melaporkan ribuan orang turun ke jalan di kota Munchen, lebih sedikit dari perkiraan polisi setempat yang memprediksi jumlah peserta mencapai 20.000 demonstran.

Sebanyak lima belas kelompok yang kritis pada isu globalisasi, dari Attac hingga World Wildlife Fund berpartisipasi dalam demonstrasi itu.

Adapun tuntutan yang disuarakan meliputi penghapusan bahan bakar fosil, pelestarian keanekaragaman hayati dan keadilan sosial serta upaya lebih besar untuk memerangi kelaparan.

“Mereka memiliki komitmen yang jelas untuk transisi energi, yaitu keluar dari bahan bakar fosil, semua bentuk bahan bakar fosil, paling lambat pada tahun 2035, sehingga kita dapat berhenti membiayai perang dan konflik,” ujar Kilian Wolter dari Greenpeace.

Sehari sebelumnya, anggota Oxfam lebih dulu mengadakan protes di kota itu dengan parodi kepala besar pemimpin G7 untuk menuntut lebih banyak kesetaraan global.

“Kami membutuhkan tindakan nyata untuk mengatasi berbagai krisis di zaman kami,” kata Tobias Hauschild, juru bicara Oxfam.

“Itu berarti G7 harus segera bertindak. Mereka harus memerangi kelaparan, ketidaksetaraan, dan kemiskinan,” tandasnya.

Sebagai informasi, Presiden Jokowi tiba di Jerman pada Minggu (26/6) untuk menghadiri KTT G7.

Kesimpulan

Presiden Jokowi didemo saat berada di Jerman adalah keliru. Faktanya, demo tersebut bukan ditujukan untuk Presiden Jokowi, demo itu menuntut para pemimpin negara anggota G7 agar berkomitmen dalam mengatasi krisis dunia.

Jangan mudah percaya dan cek setiap informasi yang kalian dapatkan. Pastikan itu berasal dari sumber terpercaya, sehingga bisa dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Referensi

https://turnbackhoax.id/2022/07/03/salah-jokowi-didemo-di-jerman/
https://newsmaker.tribunnews.com/2022/06/27/ktt-g7-di-jerman-didemo-besar-besaran-jokowi-tetap-hadiri-konferensi-tingkat-tinggi-tersebut

[noe]


Artikel ini bersumber dari www.merdeka.com.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *