Catat, Ini Kandungan dalam Skincare yang Bisa Menghilangkan Bekas Jerawat

Catat, Ini Kandungan dalam Skincare yang Bisa Menghilangkan Bekas Jerawat

Jakarta: Jerawat tidak hanya menjengkelkan ketika muncul, tapi juga mengganggu ketika meninggalkan bekas ya! Pasalnya, bekas luka ketika breakout (jerawat meradang) bisa menembus kulit secara mendalam sehingga merusak jaringan di bawahnya.

Namun, kamu enggak perlu khawatir. Masalah ini bisa dikurangi dengan melakukan beberapa perawatan. Dikutip dari Healthline, bekas jerawat bisa dihilangkan dengan menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung: 

 

1. Asam alfa hidroksi

Asam alfa hidroksi (AHA) sering ditemukan dalam produk yang dibuat untuk mengobati jerawat karena dapat mengangkat kulit mati dan mencegah pori-pori tersumbat. Bahkan lebih baik lagi, AHA juga dapat membantu mengurangi munculnya bekas jerawat.

Asam ringan mengelupas lapisan luar kulit untuk membantu menghilangkan perubahan warna dan kulit kasar. Ini bisa digunakan untuk semua jenis bekas jerawat.

 

2. Asam laktat

Sebuah studi kecil tahun 2010 menemukan bahwa pengelupasan asam laktat yang dilakukan oleh dokter kulit setiap dua minggu sekali selama tiga bulan dapat memperbaiki tekstur, penampilan, dan pigmentasi kulit serta meringankan bekas jerawat.

Terdapat banyak peeling, serum, dan salep dengan asam laktat. Tetapi, kamu juga dapat menggunakan cuka sari apel yang diencerkan sebagai toner atau perawatan noda berkat asam laktat alami. Ini juga dapat digunakan untuk semua jenis bekas jerawat.

Catat, Ini Kandungan dalam Skincare yang Bisa Menghilangkan Bekas Jerawat

(Asam salisilat dianggap sebagai salah satu perawatan terbaik untuk bekas jerawat. Foto: Ilustrasi. Dok. Freepik.com)

 

3. Retinoid

Menurut review terbaru, selain mempercepat regenerasi sel dan memperbaiki tekstur kulit, retinoid dapat membantu mengurangi perubahan warna dan menyamarkan bekas luka. 

Namun, perlu diingat bahwa bahan ini juga dapat membuat kulit menjadi sangat sensitif terhadap sinar matahari. Maka, gunakanlah selalu tabir surya setiap hari saat menggunakan apa pun yang mengandung retinoid. Bahan ini pun bagus digunakan untuk bekas luka atrofi atau depresi.

 

4. Asam salisilat

Asam salisilat dapat  membersihkan pori-pori, mengurangi pembengkakan dan kemerahan, serta mengelupas kulit saat dioleskan. Ini dianggap sebagai salah satu perawatan terbaik untuk bekas jerawat. Namun, kamu perlu bersabar karena dibutuhkan waktu beberapa minggu untuk melihat hasilnya. Perlu diingat, bahan ini juga bisa membuat kulit kering dan iritasi. 
(yyy)

Artikel ini bersumber dari www.medcom.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *