Cari Tahu Performa Siklus Musim Saham IHSG dengan Fitur Seasonality Stockbit

Cari Tahu Performa Siklus Musim Saham IHSG dengan Fitur Seasonality Stockbit

tribunwarta.com – JAKARTA, Investor milenial, tahukah kamu jika terdapat musim tertentu yang dapat memengaruhi Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG)? Fase ini juga dikenal dengan istilah siklus musim saham.

Sejatinya, siklus ini belum tentu akan selalu terjadi dengan ritme yang sama, dan bukan sebagai acuan pasti kapan dan bagaimana saham bergerak. Namun, tak ada salahnya untuk mempelajarinya sebagai salah satu pertimbangan dalam menentukan keputusan yang tepat.

Siklus Musim Saham

1. January Effect

Tak sedikit pelaku pasar yang percaya bahwa pada Januari, harga saham bergerak lebih positif, atau dikenal dengan istilah January Effect. Hal ini karena Manajer Investasi (MI) di Amerika Serikat biasanya berbelanja saham dalam jumlah besar pada awal tahun untuk dimasukkan ke portofolio investasi.

2. Sell in May and Go Away

Musim ini muncul karena anggapan bulan Mei adalah waktu untuk berlibur menikmati musim panas, sehingga selama enam bulan tersebut (Mei-Oktober) merupakan periode pergerakan saham yang negatif. Meski begitu, ada pula yang beranggapan jika teori ‘Buy in November’ justru lebih akurat.

3. Earning Season

Musim ini bertepatan dengan waktunya para perusahaan yang tercatat di Bursa Efek Indonesia (BEI) mempublikasikan laporan keuangannya tiap kuartal, yaitu pada April, Juli, dan Oktober. Perusahaan dengan kinerja yang baik cenderung akan diikuti dengan kenaikan harga sahamnya.

4. Window Dressing

Biasanya pergerakan saham akan melaju positif pada tiga bulan terakhir jelang akhir tahun, yaitu sampai dengan Desember. Momen ini pun menjadi strategi Manajer Investasi untuk memperindah portofolionya sebelum dipresentasikan kepada pemegang saham.

Itulah beberapa siklus musim saham yang dapat kamu ketahui. Sebaiknya, pelajari lebih dalam bagaimana saham bergerak dan cara mengelolanya. Nah, untuk mengetahui performa indeks atau saham pada musim tertentu, kamu dapat menggunakan berbagai cara. Salah satunya, yaitu dengan menggunakan fitur Seasonality di Stockbit.

Cara Menggunakan Fitur Seasonality di Stockbit

Fitur Seasonality di Stockbit berfungsi untuk mengetahui kecenderungan performa suatu indeks atau saham setiap bulan dari tahun ke tahun. Kamu juga dapat mengetahui kapan musim-musim atau momentum yang tepat bagi indeks maupun saham pilihanmu untuk memaksimalkan profit dan meminimalisir risiko.

Editor : Rizqa Leony Putri

Follow Berita iNews di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *