Cara Menabung untuk Membeli Rumah ala Ji-Hyeon Kwak

Cara Menabung untuk Membeli Rumah ala Ji-Hyeon Kwak

tribunwarta.com – Yuk, ikuti cara menabung untuk membeli rumah ala Ji-hyeon Kwak yang berhasil hanya dengan mengeluarkan Rp96 ribu untuk uang makan.

Penasaran? Simak informasi selengkapnya dalam artikel Finansialku berikut ini!

Summary:

    Banyak cara mengumpulkan uang untuk membeli rumah yang bisa kita lakukan, salah satunya adalah dengan hidup hemat seperti Ji-hyeon Kwak.
    Ji-hyeon Kwak berhemat dengan hanya mengeluarkan Rp96 ribu untuk makan selama sebulan dan berhasil mengumpulkan uang Rp1 miliar selama 4 tahun.

Kisah Ji-hyeon Kwak, Ekstra Berhemat hingga Berhasil Membeli Rumah

Ji-hyeon Kwak, mungkin sekilas terlihat seperti seorang wanita muda pada umumnya. Akan tetapi gadis berusia 24 tahun ini ternyata menyimpan sebuah kisah yang sangat luar biasa inspiratif.

Bagaimana tidak, Ji-hyeon berhasil mengumpulkan uang sebanyak Rp1,1 miliar hanya dalam waktu 4 tahun. Padahal penghasilannya yakni 2 juta won atau setara Rp22 juta yang merupakan gaji rata-rata di negara ini.

Ji-Hyeon Kwak. Sumber: TheAsianparent

Perjuangan yang ia lakukan pun sama sekali tidak biasa. Bagaimana tidak, Ji-hyeon memangkas uang konsumsi setiap bulannya dan hanya menganggarkan 8.400 won atau Rp96 ribu saja.

Di samping itu, wanita ini juga harus membayar deposit rumah serta uang jaminan yang nominalnya cukup tinggi.

Mewujudkan Impian Membeli Rumah Idaman

Satu-satunya hal yang memotivasi dirinya untuk melakukan itu semua adalah impiannya untuk membeli rumah. Kondisi keluarga yang sempat memburuk membuat ia memutuskan untuk hidup mandiri sejak berusia 19 tahun.

“Aku mendapat pekerjaan ketika berusia 19 tahun dan aku terus bekerja sampai sekarang dan aku sudah mengumpulkan 100 juta won dalam empat tahun dengan bekerja sampingan dan menabung tanpa henti. Tapi aku tidak menyesal,” ujar Ji-hyeon.

“Kondisi atau situasi keluargaku pernah memburuk. Sejak itu, aku mengumpulkan (poin atau lomba) secara menggila,” tambahnya.

Cara Menghemat Uang 100 Ribu untuk Sebulan ala Ji-hyeon Kwok

Memiliki uang sebesar 2 juta won atau Rp22 juta sebulan serta harus membayar berbagai kebutuhan sehari-hari yang cukup tinggi bukanlah hal mudah, apalagi bagi seorang wanita muda seperti Ji-hyeon.

Tak hanya itu, menganggarkan uang konsumsi hanya Rp96 ribu per bulan bisa dikatakan cukup mustahil dan tidak banyak orang yang mungkin bisa melakukannya.

Lantas seperti apakah tips hemat uang yang ia lakukan? Simak selengkapnya.

#1 Mencatat Pemasukan dan Pengeluaran

Kebiasaan pertama yang sering ia lakukan adalah mencatat pemasukan yang ia dapatkan serta pengeluaran yang dibelanjakan.

Ji-hyeon selalu mencatat setiap tanda terima dari berbagai pembelian yang telah ia lakukan maupun uang pemasukan yang ia dapatkan. Meski terkesan remeh dan buang waktu akan tetapi ini salah satu hal yang sangat penting.

Banyak yang menganggap bahwa mencatat pemasukan dan pengeluaran keuangan adalah hal yang tidak praktis.

Padahal saat ini sudah ada aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk melakukan pencatatan keuangan secara lebih mudah. Salah satunya adalah aplikasi Finansialku.

Kamu bisa memanfaatkan fitur Catat Transaksi yang membuatnya menjadi lebih mudah. Kamu bisa coba sekarang dengan download aplikasi Finansialku secara gratis dengan klik gambar ini!

#2 Memanfaatkan Fasilitas Rekening Tabungan Langganan

Salah satu fasilitas di Korea Selatan yakni rekening tabungan langganan dimanfaatkan dengan baik oleh wanita muda ini.

Sistem atau fasilitas ini merupakan insentif agar bisa menghemat uang supaya bisa mendapatkan rumah serta membayarnya.

[Baca Juga: Bingung!! Apa Bisa Gaji UMR Beli Rumah, Gimana Caranya?]

#3 Memaksimalkan Fasilitas yang Ada

Supaya pengeluaran bisa lebih minimal, Ji-hyeon seringkali berjalan selama 2 jam supaya tidak membayar transportasi umum.

Kemudian ia juga lebih memilih untuk meminum air kran daripada harus membeli air mineral kemasan.

Tak sampai di situ, ia selalu memilih mengonsumsi makanan dengan harga yang sangat murah. Uniknya, kepiawaian Ji-hyeon dalam berhemat membuat ia masih bisa memperoleh makanan yang bervariasi.

Cara Menabung untuk Membeli Rumah

Lantas selain beberapa tips berhemat di atas, bagaimanakah cara mengumpulkan uang untuk membeli rumah? Nah, kamu bisa mengetahui beberapa tips berikut ini, berikut penjabarannya.

#1 Lakukan Perencanaan Keuangan

Pertama tentu saja kamu perlu melakukan perencanaan keuangan terlebih dahulu. Jadikan target membeli rumah sebagai tujuan keuangan yang ingin kamu capai.

Selain itu, kamu perlu mengalokasikan uang dari penghasilan agar bisa ditabung untuk membeli rumah.

#2 Lunasi Semua Utang

Kemudian langkah penting berikutnya ialah melunasi utang-utangmu. Pasalnya utang merupakan kewajiban yang harus kamu selesaikan.

Jika semua utang telah terselesaikan, maka kegiatanmu dalam melakukan perencanaan keuangan serta menabung akan semakin mudah.

[Baca Juga: Gaji Dua Digit, Tapi Kenapa Belum Bisa Beli Rumah, ya?]

#3 Tentukan Nominal dan Target

Kamu harus menetapkan jumlah nominal yang akan kamu tabung untuk membeli rumah dari awal.

Perhitungkan angka nominal yang proporsional agar tidak mengganggu alokasi dana lainnya dalam keuanganmu.

Selain itu, kamu juga membuat sistem pengelolaan keuangan dengan menerapkan target berkala seperti misalnya target mingguan, harian dan lain sebagainya.

#3 Pantau Setiap Pengeluaran

Jika kamu sudah memiliki tujuan dan target, maka jalankan kebiasaan baru yakni lebih teliti dalam setiap pengeluaran.

Dengan perhitungan yang cermat dan teliti, kita terhindar dari kebiasaan yang buruk untuk mengeluarkan sejumlah uang tanpa perhitungan yang jelas.

#4 Menabung dalam Bentuk Emas

Sebagai alternatif, kamu bisa menabung dalam bentuk emas. Pasalnya instrumen investasi ini tak akan terpengaruh oleh adanya kenaikan inflasi.

Kamu bisa mempertimbangkan untuk menabung emas dengan lamanya waktu yang dibutuhkan untuk merealisasikan impian membeli rumah.

Tapi, jangan lupa pelajari dulu mengenai mekanisme serta prosedur dalam menabung emas, ya.

#5 Miliki Pola Hidup Hemat

Sama halnya dengan Ji-hyeon, kamu juga harus menerapkan pola hidup hemat. Mengapa berpola, karena dengan pola tersebut akan timbul rasa terbiasa untuk menjalankan kebiasaan ini.

Apalagi menjalankan pola hidup hemat sama sekali tidak mudah.

[Baca Juga: Atur Ulang Cash-Flowmu! Yuk, Kita Frugal Living Bareng-Bareng!]

Yuk, Wujudkan Rumah Impianmu

Kisah Ji-hyeon Kwak sempat ramai diperbincangkan beberapa bulan yang lalu. Akan tetapi pelajarannya bisa kita ambil dan terapkan dalam kehidupan, kapan pun di manapun.

Seperti Ji-hyeon, berhemat supaya bisa membeli rumah impian bisa kita ikuti. Ditambah dengan referensi lain untuk lebih memperkaya pengetahuan kita soal membeli rumah.

Salah satunya, kamu bisa baca ebook berikut ini dan wujudkan rumah impianmu segera.

Selain itu, jika Sobat Finansialku memiliki pertanyaan ataupun kendala soal keuangan, kamu bisa diskusi bersama Perencana Keuangan Finansialku melalui aplikasi Finansialku atau via WhatsApp melalui nomor 0813-1646-8488.

Itulah informasi seputar cara menabung untuk membeli rumah belajar dari kisah Ji-hyeon Kwak. Lalu apa tanggapanmu mengenai informasi ini? Jangan segan untuk menuliskannya di kolom komentar ya!

Editor: Ratna Sri Haryati

Sumber Referensi:

    Rahmi Anjani. 04 Mei 2022. Kisah Wanita Hemat Uang Makan Demi Beli Rumah, Terkumpul Rp 1 M dalam 4 Tahun. Detik.com – https://bit.ly/3ejwiq9

    Camelia. 05 Mei 2022. Hanya Habiskan Rp 100 ribu Sebulan, Wanita Ini Kumpulkan Rp 1 Miliar dalam 4 Tahun. Liputan6.com – https://bit.ly/3RUYvB5

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!