Cara Buat SKCK, Syarat, dan Biaya untuk Rekrutmen BUMN 2022

Cara Buat SKCK, Syarat, dan Biaya untuk Rekrutmen BUMN 2022

tribunwarta.com – Pendaftaran rekrutmen bersama Badan Usaha Milik Negara (BUMN) gelombang atau batch kedua tahun 2022 telah dibuka. Pendaftaran secara online masih akan berlangsung hingga 7 Desember mendatang.

Calon pelamar yang akan melakukan pendaftaran dan belum pernah mengikuti seleksi rekrutmen bersama BUMN tahun 2022 pada gelombang sebelumnya, wajib mengunggah sejumlah dokumen seperti foto, KTP, ijazah, hingga Surat Keterangan Catatan Kepoliisan (SKCK).

Syarat dokumen SKCK ini memang tidak diwajibkan atau dapat diunggah jika pelamar memilikinya. Adapun untuk melamar pekerjaan di BUMN, pengajuan SKCK dapat dilakukan di tingkat Polres.

Syarat membuat SKCK

Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) atau sebelumnya dikenal sebagai Surat Keterangan Kelakuan Baik (SKKB) adalah surat yang diterbitkan oleh Polri, yang berisikan catatan kejahatan seseorang.

SKCK memiliki masa berlaku sampai dengan enam bulan sejak tanggal diterbitkan. Jika telah melewati masa berlaku tersebut, SKCK dapat diperpanjang oleh yang bersangkutan.

Saat ini pengajuan permohonan SKCK baru dapat dilakukan secara online maupun offline, dengan biaya pembuatan SKCK di lingkungan Polri sebesar Rp 30.000.

Dituliskan dalam laman resmi Polri, beberapa persyaratan untuk membuat SKCK di Polres sebagai berikut:

  1. Fotokopi KTP dengan menunjukkan KTP asli
  2. Fotokopi kartu keluarga
  3. Fotokopi akta lahir atau ijazah atau surat nikah
  4. Foto berwarna latar belakang merah ukuran 4×6 sebanyak 6 lembar
  5. Dokumen sidik jari atau rumus sidik jari.

Cara membuat SKCK di Polres

Permohonan pembuatan SKCK dapat dilakukan secara online maupun offline, sebagai berikut:

Cara membuat SKCK baru secara online 2022

  1. Pengajuan SKCK baru secara online dilakukan melalui laman
  2. Lakukan registrasi dan isi formulir daftar pertanyaan yang ada. Anda akan diminta mengisi data satuan wilayah, data pribadi, keluarga, pendidikan, perkara pidana, ciri fisik, lampiran, dan keterangan lain yang diperlukan, termasuk mengunggah file persyaratan
  3. Saat mengajukan permohonan pembuatan SKCK secara online, Anda dapat memilih metode pembayaran biaya pembuatan SKCK, baik tunai atau transfer via BRI Virtual Account
  4. Setelah melampirkan dan mengunggah file yang dibutuhkan, Anda akan memperoleh kode barcode untuk mencetak SKCK
  5. Anda dapat mendatangi loket pelayanan kantor polisi yang telah dipilih saat mengajukan permohonan secara online, dalam hal ini Polres, dengan membawa kode barcode dan persyaratan untuk mencetak SKCK.

Sebagai informasi, kode registrasi dapat diserahkan ke petugas SKCK dan mengisi formulir yang tersedia. Apabila berkas telah lengkap, selanjutnya akan dilakukan penerbitan SKCK.

Cara membuat SKCK baru secara offline 2022

  1. Saat membuat SKCK baru secara offline, pemohon dapat mendatangi Polres sesuai keperluan dan alamat KTP dengan membawa persyaratan membuat SKCK baru
  2. Pemohon mengisi daftar pertanyaan di loket pelayanan
  3. Pemohon menyerahkan kembali formulir daftar pertanyaan yang telah diisi di loket pelayanan
  4. Setelah melengkapi persyaratan dan melakukan pembayaran, akan dilakukan penerbitan SKCK.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!